Tips Aman Cari Jodoh Lewat Aplikasi Kencan Online, Jangan Gampang Tertipu ya!

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Selasa, 19 Januari 2021 09:15
Tips Aman Cari Jodoh Lewat Aplikasi Kencan Online, Jangan Gampang Tertipu ya!
Harus tetep hati-hati nih..

Belakangan ini, pengguna aplikasi kencan online mengalami peningkatan. Apalagi dengan situasi dan kondisi yang nggak memungkinkan bagi kita untuk berinteraksi secara langsung dengan orang lain, maka obrolan secara virtual pun semakin menjamur di mana-mana.

Meski penggunaan aplikasi kencan online semakin diminati, maka bukan berarti kita bisa bertindak santai dan seenaknya. Ada rambu-rambu yang perlu kita patuhi demi menjaga keamanan diri sendiri.

Jika kamu termasuk salah satu pengguna baru aplikasi kencan online, berikut ada 5 hal yang harus benar-benar kamu perhatikan. Check this out!

1 dari 6 halaman

1. Setting kriteria sesuai yang kamu inginkan

Ilustrasi Aplikasi Tinder © Diadona

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan saat memutuskan menggunakan aplikasi kencan online adalah mengenai setting kriteria calon pasangan. Kamu harus benar-benar jeli menuliskan usia, lokasi, status hubungan, bahkan kondisi fisik yang kamu inginkan.

Beberapa aplikasi memang menyediakan pengaturan tersebut, sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Meski niatmu hanya iseng-iseng, ada baiknya jika kamu tetap berhati-hati ya..

2 dari 6 halaman

2. Kenali benar-benar profil teman kencan

Jika kamu sudah menemukan seseorang yang menurutmu menarik dan cocok untukmu, ada baiknya jangan buru-buru swipe ya.. Kamu bisa melakukan pengecekan profil pada calon teman kencanmu tersebut.

Jika kamu merasa informasi yang diberikannya di aplikasi tersebut terlalu minim, kamu bisa mencoba mencari profilnya di media sosial lain. Siapa tahu kamu bisa menemukannya dan mengorek lebih banyak info tentangnya.

3 dari 6 halaman

3. Cari tahu informasi sebanyak mungkin lewat obrolan

Ilustrasi Chatting © Diadona

Jika kamu dan dia sudah merasa klik satu sama lain, kalian tetap perlu banyak ngobrol untuk saling mengenal. Tapi, kamu nggak perlu buru-buru ingin mendapatkan semua informasinya secara cepat.

Nikmati saja setiap obrolan yang terjadi di antara kalian. Berusahalah untuk mengenal dengan cara yang nyaman, hilangkan kecanggungan dan jangan terlalu kaku atau menekan si dia ya..

4 dari 6 halaman

4. Hindari membagikan sesuatu yang bersifat personal

Bagaimanapun dekat atau cocoknya kalian, kamu sebaiknya nggak sembarangan membagikan hal yang bersifat personal pada dia ya. Perlu ada batasan-batasan yang kamu jaga demi melindungi dirimu sendiri.

Jangan pernah membagi foto-foto yang bersifat pribadi, apalagi sampai membagikan pin yang berkaitan dengan akun-akun keuanganmu ya. Kamu harus tetap waspada aar tidak terjebak pada penipuan yang berkedok asmara.

5 dari 6 halaman

5. Bertemulah di tempat keramaian yang aman

Ilustrasi Kencan © Diadona

Setelah masa perkenalan secara virtual yang cukup panjang, akan ada saatnya bagi dia untuk mengajak kamu bertemu. Kamu pasti juga ingin bertemu secara langsung kan tentunya?

Nah, jika memang kalian sudah merencanakan pertemuan, sebisa mungkin bertemulah di tempat keramaian. Carilah spot-spot yang memang aman bagimu untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beri Komentar