15 Tanda Suami Sudah Tidak Peduli Pada Istri, Nampak dari Hal Sederhana

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Sabtu, 4 Mei 2024 09:12
15 Tanda Suami Sudah Tidak Peduli Pada Istri, Nampak dari Hal Sederhana
Muali dari jarang mengajak bicara, seperti menjauhkan diri, hingga membuat kamu kesepian adalah beberapa tanda ketika suami mulai tidak peduli pada perasaan istri.

Pernikahan kalian tentunya nggak selalu berjalan dengan mulus. Ada kalanya terjadi suatu permasalahan yang muncul, seperti suamimu yang tiba-tiba seolah sudah tidak peduli lagi. Bahkan, kemungkinan besar hanya kamu yang menyadari dan suamimu malah tidak menyadarinya sama sekali.

Apakah suamimu sedang menunjukkan tanda-tanda bahwa dia sudah tidak peduli? Megenali tanda-tandanya secara cepat dapat membuat kamu segera bertindak mengatasi situasi suami yang sudah tidak peduli.

Diadona sudah rangkum tanda-tandanya dari berbagai sumber berikut ini :

1 dari 6 halaman

Tanda Suami Sudah Tidak Peduli pada Istri © Diadona© 2024 shutterstock.com/aslysun

Kamu Jadi Prioritas Terakhirnya

Pada awal pernikahan, suamimu mungkin masih menjadikan kamu sebagai sosok yang dia utamakan dalam hidupnya. Suamimu akan mempertimbangkan kamu dalam setiap rencananya dan memikirkan kalau kebahagiaanmu adalah prioritas utamanya.

Kalau kamu merasa suami sudah tidak peduli, kamu mungkin menyadari bahwa dirimu sudah menjadi pilihan terakhirnya. Suamimu lebih suka menghabiskan waktu dengan teman-temannya dibanding dirimu dan akan bersamamu kalau nggak punya pilihan lain.

Suami Seperti Menjauhkan Diri

Bukan hal yang salah kalau orang yang sedang dalam hubungan jangka panjang seperti menikah punya minat berbeda dan menghabiskan waktu sendiri.

Namun, kalau dia merasa begitu jauh dan seperti menghindari kamu, bisa jadi suamimu sudah tidak peduli padamu. Lelaki pasti akan meluangkan waktu untuk wanita yang dicintainya.

2 dari 6 halaman

Tanda Suami Sudah Tidak Peduli pada Istri © Diadona© 2024 shutterstock.com/Pormezz

Kamu Seperti Mengejar Dia

Saat suamimu sudah tidak peduli lagi, dia seakan-akan menarik diri dan kamu adalah pihak yang akan mengejar dia. Kamu akan tampak seperti pihak yang menginginkan waktu dan perhatiannya karena kamu hanya mendapatkan sedikit dari suamimu.

Nggak Menanyakan Kabarmu

Seorang pasangan tentunya menginginkan penjelasan tentang detail kehidupan yang kamu jalani sehari-hari, misalnya kegiatanmu di kantor atau hal apa yang menarik ketika berangkat atau pulang.

Kalau suamimu sudah tidak peduli, kamu akan menyadari bahwa dia jarang menanyakan kabarmu. Mungkin dia akan menjawab ketika kamu bertanya, tetapi dia nggak balas bertanya tentangmu.

3 dari 6 halaman

Tanda Suami Sudah Tidak Peduli pada Istri © Diadona© 2024 shutterstock.com/shisu_ka

Nggak Sadar Ketika Kamu Kesal

Seseorang yang peduli dan menghargai pasangan pasti akan mengetahui kapan pasangannya merasa kesal dengan melihat perubahan perilaku, ekspresi, atau nada bicara.

Kalau pacarmu nggak menghibur kamu ketika kesal atau sedih, tandanya dia sudah tidak peduli dan sulit menyadari perubahan darimu.

Kamu Sudah Nggak Merasa Nyaman

Berada di sisi pasangan tentu akan membuatmu untuk bersikap terbuka dan jujur tentang dirimu sendiri. Ketika suamimu sudah tidak peduli, kamu akan merasa sulit untuk menunjukkan emosi atau bahkan cenderung takut.

Kamu sudah merasa nggak nyaman karena suamimu sudah berubah dan nggak seperti dulu lagi.

4 dari 6 halaman

Tanda Suami Sudah Tidak Peduli pada Istri © Diadona© 2024 shutterstock.com/Yavdat

Jarang Bicara dengan Suami

Kalau suamimu peduli denganmu, dia pasti ingin selalu berbicara denganmu baik pembicaraan ringan maupun berat. Suami yang sudah tidak peduli akan jarang mengajakmu bicara dan hanya akan menanggapi atau menanyakan hal yang penting saja. 

Nggak Ingat yang Kamu Katakan

Seorang suami yang peduli akan selalu mendengarkan satu sama lain dan mengingat detail yang kamu ucapkan. Kalau suamimu lupa atau nggak mengingat hal-hal yang kamu ceritakan padanya, bisa jadi dia nggak terlalu memperhatikan saat kamu berbicara.

Hal ini menunjukkan kalau perkataanmu dianggap bukan hal yang penting.

Merasa Kesepian Meski Berdua

Dalam hubungan, cukup wajar kalau kamu merasakan kesepian. Namun, suatu hubungan bisa terjalin karena kamu merasa dicintai, dipahami, dan diperhatikan oleh suami.

Kalau kamu merasa kesepian meski sedang bersama suami, tandanya ada jarak di antara kalian berdua karena suami sudah tidak peduli lagi.

5 dari 6 halaman

Tanda Suami Sudah Tidak Peduli pada Istri © Diadona© 2024 shutterstock.com/Pormezz

Berani Menggoda Wanita Lain

Kalau suamimu sudah berani menggoda wanita lain dan terkadang nggak peduli melakukannya di depanmu, ini pertanda jelas kalau suamimu sudah tidak peduli lagi dengan hubungan kalian.

Seorang lelaki yang sudah beristri pasti nggak akan tertarik dengan wanita lain dan dia nggak akan rela menyakiti perasaanmu dengan memberikan perhatian pada wanita lain.

Sering Menyalahkan Dirimu

Salah satu tanda jelas kalau suami sudah tidak peduli padamu adalah dia menjadikan segala permasalahan yang ada di pernikahan kalian sebagai kesalahanmu.

Setiap kali ada perselisihan, suamimu akan bersikap defensif dan memberi tahu kalau permasalahan ini bisa terjadi karenamu. Padahal, bisa jadi ini adalah bentuk coping mechanism karena dia sudah tidak peduli untuk menyelesaikan masalah yang ada dan membuat hubungan kalian membaik kembali.

Menentukan Keputusan Seorang Diri

Suatu hubungan pernikahan yang baik melibatkan kerjasama antara dua pihak, yang berarti suamimu akan selalu mempertimbangkan pendapat dan preferensimu saat membuat keputusan besar.

Kalau suamimu sudah tidak peduli, ia akan mengambil semua keputusan dan nggak mempertimbangkan pemikiran dan pendapat kamu tentang keputusan yang akan diambil.

Jarang Membantu Pengeluaran Kalian

Dalam hubungan jangka panjang seperti pernikahan, membagi pengeluaran kalian atau meminta salah satu pihak untuk membayar adalah hal wajar.

Namun, ketika kamu jadi pihak yang benar-benar membayar semuanya dan suamimu sudah jarang mengeluarkan uang sepeser pun, ini bisa menjadi tanda kalau suamimu sudah tidak peduli.

6 dari 6 halaman

Tanda Suami Sudah Tidak Peduli pada Istri © Diadona© 2024 shutterstock.com

Jarang Melakukan Hal Baik ke Kamu

Jika suami sudah tidak peduli, mungkin kamu menyadari kalau dia selalu mengharapkan atau sudah biasa dengan kamu yang melakukan segala sesuatu untuknya.

Namun, suamimu sendiri jarang melakukan hal baik padamu sebagai balasannya. Bahkan, ketika kamu sedang membutuhkan sesuatu dan kebetulan suamimu sedang berada di luar, kamu akan merasa sungkan atau berat untuk meminta tolong pada suami.

Jarang Dipertemukan dengan Orang-Orang yang Dia Anggap Penting

Seorang pasangan tentunya ingin sekali memperkenalkan pasangannya pada orang yang menurut dia penting, seperti teman-temannya. Kamu pasti telah bertemu keluarganya baik sebelum maupun setelah menikah.

Namun, kalau dia hanya memperkenalkan kamu pada sedikit orang dan sudah lama belum memperkenalkan kamu pada orang lain, ini bisa jadi tanda bahwa dia sudah nggak peduli dengan kamu.

Ada banyak sekali tanda-tanda yang bisa mengindikasikan kalau suami sudah tidak peduli pada dirimu. Sebelum kamu mengasumsikan banyak hal tentang suami, kamu bisa bicarakan baik-baik kepada suamimu tentang perubahan sikapnya yang pasti membuatmu terganggu dan nggak nyaman.

Semoga Diadona bisa membantu hubungan pernikahan antara kamu dan suami, ya. Good luck!

Penulis : Aimee Mayza Aulia

Beri Komentar