Tak Banyak yang Tahu, Selera Musik Ternyata Miliki Pengaruh Besar dalam Hubungan lho!

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 24 Maret 2021 14:00
Tak Banyak yang Tahu, Selera Musik Ternyata Miliki Pengaruh Besar dalam Hubungan lho!
Seberapa penting musik bagimu dan pasangan?

Tak bisa dipungkiri, rasa-rasanya kita tak bisa hidup tanpa musik. Siapa saja, mulai dari anak kecil hingga orang tua tentu memiliki jenis musik yang disukainya.

Jangankan mereka, kita para muda-mudi yang dianggap paling hits sudah pasti tak bisa lepas dari belenggu melodi dan irama. Jika ada pertanyaan, 'Seberapa penting sih kesukaan terhadap musik yang sama menjadi syarat bagimu dalam mencari pasangan?'.

1 dari 3 halaman

Eh, tunggu-tunggu. Kok bisa pasangan? Bener banget, walau terkesan sepele hal ini ternyata memiliki peranan dalam jalinan asmara lho. Tak banyak yang tahu, ternyata kesamaan selera musik ini dapat membuat hubunganmu jadi tidak membosankan.

Melansir dari Elite Daily yang melakukan sebuah penelitian oleh Peter Rentfrow dan Samuel Gosling mencoba mengetahui seberapa besar peran musik dalam hubungan asmara seseorang. Penelitna ini melihat pola percakapan antara pasangan. Tak disangka, ternyata peneliti menemukan bahwa seseorang menggunakan pilihan musik untuk menyampaikan informasi mengenai kepribadian mereka.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Mendengarkan Musik saat Bekerja © Diadona

Penelitian menggunakan 60 partisipan yang seluruhnya adalah mahasiswa. Peneliti memasangkan mahasiswa tersebut selama enam minggu dan meminta mereka untuk lebih mengenal satu sama lain. Setelah enam minggu diketahui bahwa musik merupakan hal yang paling banyak menjadi topik pembicaraan.

Di awal pertemuan topik pembicaraan yang ada lebih beragam seperti film, olahraga, dan lain sebagainya. Namun, seiring waktu berjalan ternyata topik yang tetap relevan dan sering dibicarakan adalah perihal musik. Dari penelitian tersebut, mereka juga menemukan bahwa topik seputar musik merupakan cara yang paling akurat bagi seseorang untuk mengirimkan pesan mengenai kepribadian yang mereka miliki.

3 dari 3 halaman

Tak hanya itu saja, penampilan seseorang yang berdasar dari musik favoritnya juga menentukan persepsi yang diterimanya dari orang lain. Nah, jika selanjutnya kamu mencoba mencari pasangan yang dapat memahamimu maka cari lah sosok dengan selera musiknya sama.

Tak menutup kemungkinan, kamu dan pasangan juga akan selalu emmiliki topik bahwan yang sama setiap waktu. Semoga kamu dan pasangan selelu dilimpah kebahagiaan ya. Semangat!

 

Beri Komentar