Ramai Kampanye Nikah Muda, Apa Aja Sih yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Berkeluarga?

Reporter : Firstyo M.D.
Sabtu, 23 Mei 2020 19:40
Ramai Kampanye Nikah Muda, Apa Aja Sih yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memutuskan Berkeluarga?
Nikah muda jangan cuma karena ikut tren, pertimbangkan juga hal-hal di bawah ini.

Beberapa waktu lalu, dunia maya sempat dihebohkan oleh pasangan influencer yang menceritakan kisah pernikahannya. Bukan tanpa alasan, kehebohan muncul karena si perempuan menikah di usia yang sangat muda yakni 16 tahun.

Sebelumnya, nikah muda juga jadi hal yang sering digaungkan banyak orang. Namun sebenarnya, sebelum memutuskan untuk menikah di usia muda, apa aja sih yang harusnya kita pertimbangkan lebih dulu?

1 dari 4 halaman

Karir

Usia yang digolongkan sebagai menikah muda antara 19-25 tahun, di mana pada usia tersebut sebenarnya kamu sedang ada di usia paling produktif.

Jika memutuskan menikah di usia tersebut, tentu rencana di samping keluarga seperti bagaimana kamu akan membangun karir harus agak disingkirkan terlebih dahulu. Baik karir maupun keluarga menuntut perhatian yang sama besarnya.

2 dari 4 halaman

Ekonomi

Masalah ekonomi jadi hal yang harus dipertimbangkan dengan sangat matang. Apakah di usia semuda itu kamu sudah siap untuk lepas dari keluarga dan membangun rumah tanggamu sendiri?

Memang pernikahan katanya bisa membuka pintu rezeki, tapi jangan cuma menggantungkan pada kutipan tersebut dan nekat menikah tanpa rencana. Jangan sampai niat baik pernikahanmu justru berantakan karenanya.

3 dari 4 halaman

Kesiapan Mental

Menikah muda nggak akan jadi sesuatu yang menakutkan kalau kamu sudah sangat siap baik secara material maupun mental. Kesiapan mental mungkin lebih butuh waktu karena pertumbuhannya seiring dengan pengalaman hidup.

4 dari 4 halaman

Pada dasarnya, tidak apa-apa menikah di usia berapa pun selama tidak melanggar aturan yang berlaku. Bahkan kalau kamu menikah muda pun juga sah-sah saja selama hal tersebut kamu lakukan atas dasar keinginan dan kesiapanmu sendiri, tanpa ada tekanan dari pihak sekitar.

Pernikahan adalah sesuatu yang pasti ingin dilakukan sekali seumur hidup. Jangan sampai keputusan yang terlalu terburu-buru menimbulkan penyesalan di kemudian hari.

Beri Komentar