Menjadi Pribadi yang Percaya Diri, Ini lho Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan

Reporter : Yayuk Harini
Senin, 10 Mei 2021 15:10
Menjadi Pribadi yang Percaya Diri, Ini lho Keuntungan yang Bakal Kamu Dapatkan
Tenang, percaya diri itu bisa dilatih dan dikembangkan kok!

Siapa, sih, yang tidak ingin merasakan bahagia, puas, dan sukses dalam hidupnya? Tentu semua orang menginginkannya. Tapi, tahukah kamu, kalau itu semua bisa diraih dengan memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

"Kalau aku ngga percaya diri, aku ngga bisa sukses dong?"

Tenang Diazens, percaya diri itu bisa dilatih dan dikembangkan, kok. Tak banyak yang tahu, nyatanya kepercayaan diri berkaitan erat dengan setiap elemen hidup, khususnya buat Diazens yang ingin bahagia dan merasakan kepuasan.

1 dari 5 halaman

Terbukti, beberapa individu yang kurang merasakan percaya diri akan sedikit dulit untuk menjadi tegas, kurang dalam keterampilan komunikasi, atau mengalami kecemasan sosial.

Sebaliknya, mengembangkan kepercayaan diri akan sangat memiliki banyak manfaat seperti yang telah Diadona.id kutip dari Insightme.id pada Senin (10/5/2021) berikut.

2 dari 5 halaman

1. Mengurangi kecemasan dan stres

Ilustrasi perempuan merentangkan tangan © Diadona

Buat kamu yang memiliki sedikit rasa kepercayaan diri kemungkinan mengalam kecemasan dan keraguan terkait tujuan dan tindakan mereka. Hal ini akan menyebabkan timbulnya stres. Ketenangan pikiran dapat menciptakan gaya hidup berenergi yang pada akhirnya berakhr pada kebahagiaan dan pencapaian tujuan.

3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan self-esteem dan well-being

Semakin Diazens merasakan kepercayaan diri, maka semakin besar kemungkinan untuk memperbaiki keadaan. Semakn besar risiko yang diambil, semakin besar kemungkinannnya akan sukses.

Semakin banyak kesuksesan yang dialami, semakin baik pula persamaannnya tentang diri sendiri (self-asteem atau harga diri). Nah, proses tersebut menjadi siklus yang berulang dan meningkatkan kepuasan atau kesejahteraan (well-being) dalam hidup seseorang.

4 dari 5 halaman

3. Hubungan interpersonal yang lebih baik

Ilustrasi Perempuan Muda Dewasa © Diadona

Seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi akan cenderung akan senantiasa percaya pada diri dan kemampuannya sehingga ia merasa sangat berdaya. Nah, kualitas ini dapat membentuk hubungan interpersonal yang seimbang dan kuat. Yap, hal ini pun terjadi karena kepercayaan diri dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memberkan energi pada kebutuhan orang lain selain kebutuhannya sendiri.

5 dari 5 halaman

4. Mencapai kesuksesan

Tujuan khas manusia adalah untuk mencapai kesuksesan. Semakin sering seseorang berhasil, maka ia semakin terampil. Ketika individu gagal secara konsisten, ia akan sering menghindar atau merasa tertahan. Kepercayaan diri dapat menjadi alat yang dibutuhkan seseorang untuk mengembangkan keyakinan pada kemampuannya dan terus berusaha mencapai kesuksesan.

Menjadi pribadi yang percaya diri memiliki segudang manfaat yang dapat menyambung kepuasan dan kebahagiaan dalam hidup. So, apakah kamu sudah siap menjalani hari-hari dengan kepercayaan diri yang maksimal Diazens? Semoga kamu senantiasa dilancarkan dalam berkegiatan ya. Semangat!

 

Beri Komentar