Gebetan Terpantau Online Tapi Nggak Balas Chat? Mungkin ini Alasannya

Reporter : Yayuk Harini
Selasa, 6 Februari 2024 12:05
Gebetan Terpantau Online Tapi Nggak Balas Chat? Mungkin ini Alasannya
Sering begini juga gak? Jangan keburu panik, mungkin salah satu di antara fakta berikut ini adalah alasannya.

Pada masa kecanggihan teknologi seperti saat ini rasanya mudah buat tahu apakah gebetan kita sedang aktif dalam sosial media yang biasanya disebut lagi 'online' atau tidak. Seperti pada aplikasi Whatsapp, kita akan bisa melihat status dan kapan terakhir ia online asal tidak diubah pengaturannya.

Namun, kita pasti akan merasa gundah saat mengetahui dia online, namun tidak membalas pesan yang kita kirimkan. Terngiang dalam pikiran akan sebuah pertanyaan.

"Kok gak dibalas ya?"

"Apakah aku bikin salah?"

Kalau kamu masih menebak-nebak, beberapa kemungkinan berikut ini bisa jadi salah satu dasar alasannya.

1 dari 9 halaman

Lagi Istirahat

Ilustrasi Laki-Laki Tidur © Diadona

Kalau doi gak bales pesan yang kamu kirimkan padahal lagi online, kemungkinan doi lagi butuh istirahat karena seharian capek kerja atau kuliah. Tentu, masing-masing orang memiliki kapasitas berbeda mengenai urusan digital yang sanggup ia lakukan tiap harinya.

2 dari 9 halaman

Cowok Lagi Online tapi Nggak Bales Chat © Diadona

Bingung Mikir Balasan

Kamu bingung memikirkan pesanmu yang tak terbalas, jangankan dibalas, dibaca pun tidak. Namun, disisi lain Mas Gebetan juga bingung gimana cara membalas pesan darimu.

Banyak kemungkinan yang terjadi seperti, takut jika salah dalam menyampaikan maksud pesan yang berpotensi membuatmu jadi salah persepsi. Bisa jadi doi kebingungan juga untuk mengutarakan rasa kerinduan terhadapmu.

Ilustrasi Mengakhiri Percakapan dalam Chating © Diadona

Pesanmu Layaknya Mengakhiri Percakapan

Kamu mungkin sudah lancar dengan bahasa percakapan yang telah terjalin beberapa saat lalu. Namun, kamu membalas dengan beberapa ungkapan yang dianggapnya adalah akhir dari percakapan, misalnya sebagai berikut.

" Oh, iya" ,

" Haha"  atau " Wkwk" ,

" Oke" , dan lain sebagainya. Nah pesan seperti ini terlihat seperti kamu yang ingin mengakhiri percapkapan. Maka dari itu, pastikan bahwa kamu mengutarakan ungkapan yang jelas agar obrolan tetap berlanjut seperti contoh berikut.

" Haha, kok kamu tahu sih? Dapat info dari mana?" .

3 dari 9 halaman

Alasan Cowok Lagi Online tapi Nggak Balas Chat © Diadona

Lagi Godain Kamu

Jangan kepalang bingung dulu ya, bisa jadi alasan mengapa Mas Gebetan gak langsung membalas pesan darimu adalah karena itu merupakan strategi darinya. Walau tak berniat demikian, doi juga bisa tak menyadari sikapnya yang tak segera membalas pesan hingga membuatmu jadi kesal.

Namun, kalau sudah terlalu lama pesanmu dianggurin bahkan hingga berhari-hari, maka itu sudah dalam kategori terlalu lama untuk sebuah respon dan sangat tidak sopan.

Kamu Terlalu Gercep

Ilustrasi Perempuan © Diadona

Coba ingat dulu berapa baris pesan yang kamu kirimkan terhadapnya. Tak hanya jumlah pesan, tapi perhatikan juga berapa lama kamu ngobrol sama dia melalui pesan chat sebelumnya. Apakah terus-terusan tanpa henti bahkan dalam 12 jam terakhir?

Cobalah untuk memberikan jeda. Doi juga perlu waktu untuk sekedar tidak diganggu dengan deretan pesan darimu.

 

4 dari 9 halaman

Ilustrasi Laki-Laki Bekerja via Online © Diadona

Lagi Kerja Via Media Sosial

Semua hal sudah serba online, begitu pula dengan pekerjaan. Barang kali dia memang online tapi masih sibuk membalas chat dari grup kantor menyangkut pekerjaan atau klien yang penting. Jadi bersabar dulu ya. Kalau memang serius dan doi nganggep kamu ada pasti pesanmu akan dibalas beberapa saat kemudian pas lagi gak sibuk.

Lagi dalam Situasi Penting

Sebenarnya dia ingin membalas pesanmu, tapi dia lagi ada dalam situasi penting saat ini. Jadi, daripada membalas chatmu sekenannya karena pikirannya sedang berada di tempat lain saat ini, dia pikir lebih baik untuk menunggu sampai dia punya lebih banyak waktu luang untuk kembali ngobrol sama kamu.

Doi nggak mau membuat kamu kecewa dan terganggu dengan balasan satu atau dua kata saja. Karena itulah dia memilih untuk tidak membalas terlebih dahulu sampai dia yakin bisa fokus dalam percakapan sepenuhnya.

 

 

5 dari 9 halaman

Alasan Kenapa Gebetan Online tapi Nggak Balas Chat © Diadona

Pesanmu Hilang

Ponsel rusak adalah salah satu alasan yang mungkin bisa terjadi. Hal ini mengakibatkan ia tak kunjung membalas pesanmu. Malfungsi aplikasi, notifikasi yang tidak muncul, pesan yang terkubur bersama pesan-pesan lainnya, hingga kemungkinan sinyal buruk bisa menjadi sebab pesanmu tak tersampaikan hingga berpotensi hilang.

Jika gebetan tak biasa mengabaikan pesanmu, maka kemungkinan ini bisa saja terjadi Girls.

Jaga Image

Bukan hanya cewek saja yang sanggup jaga image, cowok pun juga bisa loh menjaga citra agar tak terlihat terlalu ngebet.

Mungkin gebetan-mu adalah tipe yang berbeda dari cowok pada umumnya. Doi juga takut nanti kamu anggap sebagai cowok yang gak ada kerjaan selain menatap layar ponsel dan menunggu pesan darimu.

Lagi Pengen Scroll Sosmed Aja

Terkadang kita buka sosmed ketika ingin bersantai dan sedang ingin mencari tahu berita apa yang sedang hangat dibicarakan saat ini, si doi mungkin sedang ingin bersenang-senang dengan media sosial. 

Jadi kalau dia lagi online di sosial media tapi nggak membalas chatmu, mungkin dia cuman pengen lagi pengen bersantai aja dan nggak pengen membalas chat dulu. Jangan lupa berikan dia waktu untuk dirinya sendiri ya dan jangan lupa untuk bersikap pengertian.

Hapenya Dalam Mode 'Abaikan'

Ilustrasi Mengabaikan Pesan © Diadona

Mengetahui kebenaran yang terjadi memang sangatlah menyakitkan. Seperti kenyataan akan doi yang tak kunjung membalas pesan darimu karena alasan sengaja mengabaikan.

Jika doi sering lama dalam membalas pesan darimu, barangkali memang doi gak tertarik terhadapmu. Kamu bukanlah prioritasnya. Jika hal ini terjadi, dia bukan tipe cowok yang layak untuk kamu tunggu. Jangan berharap lagi ya Girls.

Nah, itulah beberapa alasan kenapa Mas Gebetan tak kunjung membalas pesan darimu. Semoga kamu segera menemukan jodoh impian ya. Semangat!

6 dari 9 halaman

Alasan Cowok Lagi Online tapi Nggak Balas Chat © Diadona

Lagi Nggak Mood Bersosialisasi

Saat kamu baru aja menghadapi hari yang panjang dan melelahkan, terkadang hal terakhir yang ingin kamu lakukan adalah ngobrol atau balas chat. 

Setiap orang tentunya memiliki kapasitas sendiri-sendiri yang bisa mereka tangani untuk berinteraksi secara digital, bukan?

Social energy dia mungkin sudah habis dan dia nggak pengen membuatmu kecewa kalau dia tetap memaksakan diri membalas pesan dengan sekenanya. Tunggu sampai ia selesai mengembalikan kembali energi bersosialisasinya, setelah itu dia pasti akan membalas pesanmu.

Ghosting Kamu

Salah satu alasan penting kenapa dia online namun nggak balas chat adalah dia memutuskan buat nggak melanjutkan hubungannya lagi sama kamu. Fakta ini memang menyakitkan, namun sangat mungkin terjadi.

Mungkin dia nggak akan ngasih kamu penjelasan atau closure, dan meskipun kamu berhak serta ingin mendengan alasan kenapa dia nggak mau lanjut. Pahami bahwa memang nggak semua hubungan bisa dilanjutkan dan nggak semua hal memerlukan penjelasan. 

 

7 dari 9 halaman

Tips Saat Gebetan Nggak Balas Pesan Kamu © Diadona

Tips Ketika Dia Tidak Membalas Chat

Jangan panik ketika dia nggak membalas chat walaupun sedang online. Jangan sampai kepanikanmu bikin kamu melakukan hal-hal yang bikin dia hilang perasaan dan malah tak akan menghubungimu sama sekali.

Tetap Tenang dan Jangan Kehilangan Kontrol Diri

Hal pertama yang bisa kamu lakukan jika doi belum membalas pesanmu adalah tetap tenang dan jangan panik, pikirkan bahwa ada sejuta alasan dia belum membalas pesanmu saat ini. 

Saat kamu panik, kamu akan bereaksi berlebihan, dan percayalah kamu akan menyesalinya nanti. Sebaliknya, daripada terus-terusan panik atau berspekulasi yang enggak-enggak cobalah untuk tetap tenang sampai kamu mendapatkan kabar darinya.

Jangan Chat Ulang sebelum Dibalas

Kalau kamu mengirim chat ulang sebelum dibalas, bisa saja itu akan bikin dia ngerasa terganggu dan dia mungkin akan menghindarimu. 

Kalau memang dia tertarik sama kamu, dia akan membalas pesanmu pada waktunya. 

Mungkin saja pada saat ini dia emang lagi nggak ingin mengobrol, jadi berikan dia ruang dan waktu yang dibutuhkannya. Jangan terlalu ambil pusing, lebih baik tunggu saja sampai dia membalas pesanmu.

Jangan Bikin Skenario sendiri di Kepalamu

Memang benar sih saat dia belum membalas pesan kamu, kamu akan jadi resah dan tidak tenang. Tapi jangan biarkan perasaan itu bikin kamu jadi menyusun skenario sendiri di kepalamu. 

Terlalu fokus kepada skenario yang kamu buat sendiri padahal kenyataannya tidak seperti itu hanya akan membuatmu kecewa. Memikirkan skenario itu cuman akan bikin kamu merasa tidak berharga dan tidak dicintai, jadi bersabarlah dan jangan biarkan skenario buruk itu mengambil alih.

Fokus ke Diri Sendiri

Terkadang karena terlalu fokus pada si doi kamu jadi melupakan diri sendiri. Jadi ketika dia membuatmu bertanya-tanya kenapa dia belum juga balas pesan kamu, mungkin ini waktu yang tepat bagimu untuk kembali fokus pada dirimu sendiri. 

Prioritaskan dirimu, maafkan dirimu. Pada akhirnya rasa sayang pada diri sendiri akan bikin kamu menyadari kalau kamu berharga dan bisa meminimalkan rasa kecewa yang tidak perlu pada dirimu sendiri. 

Cobalah Hal-Hal Baru

Ketika kamu mencoba menghilangkan pikiran kenapa dia tidak juga bales pesan kamu, kamu bisa mencoba mengalihkan pikiranmu dengan mencoba hal-hal baru. Ada begitu banyak hal baru yang bisa kamu coba yang akan bikin kamu kembali mengeksplor dirimu, tanpa harus berlarut-larut mikirin dia. 

Lakukanlah hal-hal yang kamu sukai dan membuatmu bahagia, ini bisa membantumu untuk merasa lebih baik dan percaya diri. Kamu juga bisa memanfaatkan waktumu untuk berkumpul dengan teman atau keluarga.



8 dari 9 halaman

Beri Komentar