Makna Tersembunyi dari Pakai Cincin di Masing-Masing Jari, Apa Aja sih?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 15 Oktober 2021 15:51
Makna Tersembunyi dari Pakai Cincin di Masing-Masing Jari, Apa Aja sih?
Mulai dari kelingking hingga ibu jari, ini loh maknanya.

Cincin jadi salah satu perhiasan yang sering dikenakan, baik oleh perempuan maupun laki-laki. Lebih dari sekadar perhiasan, cincin seringkali memiliki makna penting bagi pemakainya.

Umumnya, cincin identik dengan ikatan pertunangan atau pernikahan. Letaknya pun seringkali di jari manis, baik untuk suami maupun istri.

Namun ternyata, pemakaian cincin di masing-masing jari punya makna tersembunyi loh.. Melansir dari Diamond Factory, berikut arti dari pemakaian cincin di setiap jari. Simak ulasan selengkapnya ya!

1 dari 6 halaman

1. Pakai cincin di kelingking

Ilustrasi Pakai Cincin di Jari KelingkingIlustrasi Pakai Cincin di Jari Kelingking © iStock

Pakai cincin di jari kelingking ternyata sempat populer di abad 19 hingga awal 20-an. Hal ini kebanyakan dilakukan oleh pria untuk menunjukkan status pernikahan.

Namun seiring berkembangnya waktu, kebiasaan memakai cincin di kelingking kiri ini mulai ditinggalkan. Memakai cincin di kelingking kiri justru kini lebih sering diasosiasikan dengan mafia. Jika dikaitkan dengan mitologi Yunani, kelingking kiri melambangkan intuisi, inteligensia, dan persuasi.

2 dari 6 halaman

2. Pakai cincin di jari manis

Ilustrasi Pakai Cincin di Jari ManisIlustrasi Pakai Cincin di Jari Manis © shutterstock.com/g/sugerbee

Dalam budaya Inggris, memakai cincin di jari manis kiri menandakan seorang perempuan sudah bertunangan. Untuk di negara Barat, terutama Amerika Serikat, hal ini berhubungan dengan status pernikahan dan pertunangan. Lebih mudahnya, cincin di jari manis kiri mengindikasikan adanya sebuah ikatan janji.

Pada budaya Asia atau Timur, cincin di jari manis menjadi simbol pernikahan. Hal ini utamanya jika disematkan pada jari manis tangan kanan. Jika dikaitkan dengan mitologi Yunani, jari manis bermakna cinta sejati, kreativitas, dan kecantikan.

3 dari 6 halaman

3. Pakai cincin di jari tengah

Ilustrasi Pakai Cincin di Jari TengahIlustrasi Pakai Cincin di Jari Tengah © shutterstock.com/g/bemyself780

Memakai cincin di jari tengah juga banyak dilakukan, tapi ternyata tidak ada makan khusus yang tersimpan di baliknya. Memakai cincin di jari tengah tangan kiri biasanya hanya untuk memperlihatkan perhiasan atau bisa juga menarik perhatian.

Namun menurut mitologi Yunani, jari tengah tetap memiliki makna kok. Jari tengah adalah simbol tanggung jawab dan keseimbangan.

4 dari 6 halaman

4. Pakai cincin di jari telunjuk

Ilustrasi Pakai Cincin di Jari TelunjukIlustrasi Pakai Cincin di Jari Telunjuk © shutterstock.com/g/janifest

Jari telunjuk ternyata menyimbolkan ambisi, kepemimpinan, dan ambisi. Dulunya, seseorang yang memakai cincin di jari telunjuk sering dikaitkan dengan kaum bangsawan atau kerajaan.

Namun bagi orang awam, jari telunjuk seringkali dijadikan tempat untuk menyematkan cincin dengan desain yang unik dan bold. Bisa dibilang, jari telunjuk sebagai fashion statement saat mengenakan perhiasan.

5 dari 6 halaman

5. Pakai cincin di ibu jari

Ilustrasi Pakai Cincin di Ibu JariIlustrasi Pakai Cincin di Ibu Jari © shutterstock.com/g/michaelheim

Pakai cincin di ibu jari atau jempol mungkin hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu. Namun ternyata memakai cincin di ibu jari sering diasosiasikan dengan status seseorang.

Biasanya orang dari kalangan elit, kaya, hingga kelas atas akan memakai cincin di ibu jari karena terbuat dari material logam mulia yang banyak, berat, hingga mahal. Jika dikaitkan dengan mitologi, ibu jari adalah simbol ketekunan, tekad kuat, dan penonjolan diri.

Beri Komentar