Keterbukaan dalam Hubungan Dibuktikan dengan Mau Berbagi Password pada Pasangan, Emang iya?

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 16 Agustus 2020 09:15
Keterbukaan dalam Hubungan Dibuktikan dengan Mau Berbagi Password pada Pasangan, Emang iya?
Saling tahu password pasangan sebenernya penting nggak sih?

Bukan rahasia lagi kepercayaan adalah salah satu poin penting yang harus dijunjung tinggi dalam suatu hubungan. Dengan saling percaya, hubungan akan berjalan dengan rasa aman.

Tapi tau nggak sih, ada suatu hal yang sering dikait-kaitkan dengan kepercayaan dan keterbukaan, yakni soal password. Banyak yang beranggapan bahwa berbagi password adalah bentuk keterbukaan, tindakan romantis, bahkan menunjukkan rasa cinta. Emang beneran gitu?

1 dari 3 halaman

Suatu survei telah dilakukan oleh Samsung dan bekerja sama dengan One Poll. Melibatkan sekitar 2.000 orang di Inggris, survei ini berjalan selama satu minggu. Sekitar 51% responden merupakan perempuan yang sedang terlibat dalam hubungan pacaran.

Hasil survei menunjukkan bahwa sekitar 56% responden beranggapan bahwa berbagi password adalah cara terbaik untuk membuktikan komitmen dalam hubungan. Entah itu password email, sosmed, atau bahkan ponsel, berani memberikan password berarti benar-benar percaya dan mencintai pasangan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Pasangan Curiga © Diadona

Tanpa disadari, keberadaan password ini memang kerap menimbulkan perdebatan dan menguji kepercayaan pasangan. Sekitar 54% responden merasa curiga jika pasangannya menolak memberi tahu soal passwordnya.

Bahkan kecurigaan itu bisa mengarah pada rasa penasaran berlebih loh. Ada yang diam-diam mencari tahu atau bahkan mengintip apa yang dilakukan pasangannya saat bermain ponsel.

3 dari 3 halaman

Akibatnya, banyak yang beranggapan bahwa berbagi password adalah suatu hal yang lumrah dalam hubungan. Padahal, jika ditelisik lebih dalam, password adalah sesuatu yang sudah berhubungan dengan privasi dan nggak seharusnya dibagikan pada siapa pun termasuk pasangan.

Nah, kalau kamu dan pasangan, termasuk yang suka berbagi password atau simpan untuk diri sendiri nih?

Beri Komentar