Hubungan Asmara Berasa Kosong dan Gak Ada Gairah? Bisa Jadi Itu Empty Love

Reporter : Yoyok
Rabu, 10 November 2021 06:50
Hubungan Asmara Berasa Kosong dan Gak Ada Gairah? Bisa Jadi Itu Empty Love
Apa sih empty love itu?

Dalam sebuah hubungan asmara, cinta memiliki peranan penting di dalamnya. Tanpa ada nya rasa cinta, maka tidak akan ada hubungan asmara.

Perasaan emosional seperti cinta bisa dibilang merupakan pondasi yang vital dalam sebuah hubungan asmara. Dengan adanya cinta dalam sebuah hubungan asmara, kedua belah pihak merasa nyaman dan perasaaan pun saling melengkapi.

Namun, tidak sedikit juga hubungan asmara yang terjalin perlahan memudar dan jadi kosong. hal ini pun disebut dengan empty love.

1 dari 5 halaman

Dikutip daro Good Men Project, seorang psikiatris terkenal bernama Robert J. Sternberg, mengatakan bahwa empty love merupakan sebuah hubungan yang didasari dengan komitmen tanpa adanya keintiman atau gairah.

Dalam hubungan percintaan yang normal, kedua belah pihak akan mendorong satu sama lain untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Keduanya pun mendapatkan keuntungan dari hal tersebut berupa kebutuhan emosional.

Ilustrasi Pasangan MerenungIlustrasi Pasangan Merenung © shutterstock.com/g/Pormezz

2 dari 5 halaman

Namun, pada kasus empty love tidak seperti itu. Pada kasus empty love, salah satu pihak atau keduanya sudah tidak lagi merasakan kebutuhan emosionalnya terpenuhi.

Hubungan yang dijalani tidak dapat memberikan kebutuhan emosional yang ia inginkan. Akhirnya, rasa intim dan gairah tidak ia rasakan dan hubungan menjadi hampa.

3 dari 5 halaman

Ada beberapa ciri bahwa sebuah hubungan sedang mengalami empty love, yaitu:

1. Hal-hal yang berkaitan dalam hubungan asmara bukan lagi didasari atas keinginan, melainkan keharusan.

2. Berkurangnya perasaan intim dengan pasangan.

3. Tidah bahagia dan gairah hilang.

4. Merasa canggung dengan pasangan.

5. Lebih baik " mengiyakan" sesuatu agar terhindar dari pertengkaran dan juga komunikasi.

6. Bosan dan mulai tidak peduli dengan pasangan.

7. Membanding-bandingkan hubungan asmara diri sendiri maupun orang lain.

8. Merasa kesepian, walaupun sedang bersama pasangan.

4 dari 5 halaman

Namun, empty love dapat diatasi dengan adanya empati serta peduli dalam hubungan asmara. Mulailah untuk memenuhi kebutuhan emosional pasangan maupun diri sendiri. Tidak cuma kasih sayang, bentuk komunikasi serta kejujuran juga termasuk dalam jebutuhan emosional.

Selain itu, rasa peduli juga dapat mengatasi empty love. Memberikan rasa peduli dengan pasangan sama halnya dengan menghargai pasangan.

Ilustrasi Pasangan SedihIlustrasi Pasangan Sedih © shutterstock.com/g/Jedsada Ard-onk

Beri Komentar