Cara Cerdas Atasi Patah Hati agar Tak Ganggu Pekerjaan

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Jumat, 26 Maret 2021 12:15
Cara Cerdas Atasi Patah Hati agar Tak Ganggu Pekerjaan
Jangan sampai kehilangan fokus ya..

Salah satu hal yang paling dihindari dari jalinan cinta adalah putusnya hubungan. Saat kisah cinta kandas di tengah jalan, biasanya akan menyisakan rasa patah hati yang cukup menyakitkan.

Bagi sebagian orang, patah hati bisa membuat hilang fokus yang berdampak pada hilangnya profesionalitas kerja. Hal itu harusnya bisa dihindari mengingat setiap orang pasti punya tanggung jawab dalam pekerjaan.

Berikut ada 7 hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi patah hati agar tak berimbas pada pekerjaan. Check this out!

1 dari 4 halaman

1. Ambil cuti untuk refreshing

Ilustrasi Perempuan Berlibur © Diadona

Jika kamu merasa patah hati yang cukup berat, ada baiknya jika kamu mengambil waktu untuk cuti sehari atau dua hari. Manfaatkan untuk me time, jalan-jalan, atau melakukan hal lain yang bisa memperbaiki kondisi hatimu. Manfaatkan kondisi tersebut untuk mengembalikan fokus agar kamu siap beraktivitas seperti biasanya.

2. Selesaikan pekerjaan secara perlahan

Kadangkala patah hati memang bisa menguras emosi sampai kamu jadi malas ngapa-ngapain. It's okay, tapi jangan biarkan rasa mager melingkupimu terus menerus. Apalagi jika kamu punya tanggung jawab pekerjaan, coba deh selesaikan secara perlahan supaya nggak menumpuk.

2 dari 4 halaman

3. Selingi waktu bekerja dengan bersenang-senang

Ilustrasi Refreshing saat Istirahat Kerja © Diadona

Namanya juga patah hati, tentu aja pikiranmu masih suka nyangkut dengan kenangan mantan. Biar nggak jadi suntuk saat bekerja, coba deh kamu selingi dengan bersenang-senang sejenak. Jalan-jalan aja di sekitar kantor, duduk-duduk santai atau bersenang-senang supaya pikiranmu kembali jernih.

4. Nongkrong dengan rekan kerja seusai jam kantor

Bergaul dan nongkrong dengan rekan kerja seusai jam kantor juga bisa jadi salah satu cara untuk menyisihkan rasa patah hati. Kamu bisa nongkrong di kafe atau jalan-jalan ke mal sembari mengembalikan semangat. Siapa tahu, keberadaan rekan kerja bisa membantumu lebih cepat pulih dari patah hati.

3 dari 4 halaman

5. Hindari terlalu banyak membicarakan mantan

Ilustrasi Rekan Kerja © Diadona

Sepanjang hari tentunya kamu habiskan untuk berinteraksi dengan rekan kerja, ada baiknya jika kamu menghindari topik pembicaraan mengenai mantan. Takutnya, pembicaraan tersebut hanya akan membuat kamu kembali gagal fokus sampai pekerjaan jadi berantakan. Jadi lebih baik bicarakan hal lain yang bisa menghibur kamu ya!

6. Singkirkan barang yang mengingatkan pada mantan

Cara yang satu ini agak ekstrim tapi tentunya bisa lebih mudah membantu kamu untuk move on. Coba deh singkirkan barang-barang yang bisa mengingatkanmu pada mantan. Kalau kamu nggak tega membuangnya, kamu bisa mengumpulkannya jadi satu dan tutup rapat. Tapi ingat, jangan tergiur untuk membukanya kembali dan malah bernostalgia ya..

4 dari 4 halaman

7. Menepilah sejenak untuk meluapkan emosi

Ilustrasi Perempuan Menyendiri © Diadona

Jika semua hal sudah kamu lakukan tapi masih ada perasaan yang mengganjal, sepertinya kamu memang belum benar-benar ikhlas deh. Coba untuk menepi sejenak, jika perlu menangislah untuk meluapkan segala emosi. Tapi setelah itu yakinkan diri untuk kembali hidup normal tanpa bayang-bayang kesedihan akibat ditinggalkan kekasih.


Well, dampak dari patah hati memang bisa memengaruhi profesionalitas di tempat kerja. Namun sebisa mungkin jangan sampai hal tersebut terjadi padamu ya.. Yuk, bangkit dan kembali semangat menjalani hari!

Beri Komentar