Bukan Cuma Buat Pasangan Muda, Bercinta di Usia Tua Juga Banyak Manfaatnya Kok

Reporter : Olivia Lidya Elsanty
Minggu, 13 Desember 2020 09:15
Bukan Cuma Buat Pasangan Muda, Bercinta di Usia Tua Juga Banyak Manfaatnya Kok
Wah, emang apa aja tuh?

Seringkali kita salah kaprah dan menganggap bahwa bercinta memiliki tujuan untuk menambah keturunan. Maka nggak mengherankan jika sesi bercinta selalu dikaitkan dengan pasangan usia subur.

Padahal, bercinta pun sah-sah aja dilakukan oleh pasangan yang sudah tua loh. Bahkan, sesi bercinta yang dilakukan oleh pasangan di atas usia 40 tahun bisa menjadi obat alami bagi sejumlah penyakit.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat berhubungan seksual di usia tua. Yuk, simak selengkapnya.

1 dari 3 halaman

1. Meningkatkan kesehatan fisik

Ilustrasi Lansia © Diadona

Nggak banyak yang tau, bercinta di usia 40 tahun ke atas sebenarnya bisa meningkatkan kesehatan loh. Sesi bercinta bisa membakar lemak dan kalori, sekaligus menjaga jantung dan pembuluh darah tetap sehat.

2. Menjaga kesehatan mental

Nggak cuma bermanfaat secara fisik, momen bercinta ternyata membantu kesehatan mental tetap terjaga. Melansir dari CNN, hubungan seks bisa meredakan stres, kecemasan dan rasa marah. Endorfin yang dikeluarkan tubuh akan menimbulkan rasa senang sekaligus meningkatkan imunitas.

2 dari 3 halaman

3. Memperpanjang usia hidup

Ilustrasi pasangan lanjut usia © Diadona

Melansir dari Help Guide, rutin bercinta ternyata bisa memperpanjang usia. Sebuah studi menyatakan bahwa pasangan yang rutin bercinta cenderung memiliki usia yang lebih lama daripada pasangan yang jarang bercinta.

4. Memperkuat hubungan rumah tangga

Hubungan seksual bukan hanya pelepasan hasrat dan nafsu, tapi bentuk ekspresi kasih sayang kepada pasangan. Jika rutin dilakukan sedari muda sampai tua, hubungan seksual akan mempererat dan memperkuat keharmonisan hubungan suami istri.

3 dari 3 halaman

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Mengutip dari Psychology Today, bercinta di atas usia 50 tahun ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri loh. Selain itu, bisa menghilangkan rasa kesepian dan juga menimbulkan perasaan untuk lebih menghargai diri sendiri.


Well, bercinta bukan untuk yang muda-muda aja ya.. Pasangan tua pun boleh-boleh aja melakukannya karena memang banyak manfaatnya.