5 Tips Menghadapi Rasa Duka saat Kehilangan Pasangan Hidup Untuk Selama-Lamanya

Reporter : Yoyok
Jumat, 23 Juli 2021 06:50
5 Tips Menghadapi Rasa Duka saat Kehilangan Pasangan Hidup Untuk Selama-Lamanya
Bagi para orang tua, kehilangan orang tercinta bagaikan rasa sedih yang tidak berujung

Tidak ada orang di dunia ini yang menginginkan kehilangan orang tercintanya. Apalahgi jika sosok tercinta tersebut harus pergi untuk selama-lamanya.

Kehilangan orang tercinta untuk selamanya itu seperti rasa sedih yang tak berujung. Walaupun akan selamanya kamu rasakan, bukan berarti kehidupan juga harus berhenti. Mau tidak mau, kamu harus move on dan melanjutkan hidup, demi keluarga dan juga dia yang sudah tenang di sana.

Dikutip dari berbagai sumber, Ada beberapa tips untuk orang tua dalam menghadapi rasa duka ketika sang istri atau suaminya meninggal dunia. Berikut ini adalah lima hal yang perlu dilakukan orang tua ketika kehilangan pasangannya untuk selama-lamanya.

1 dari 6 halaman

Jangan Menghindari Topik tentang Kematian Pasangan

Tips pertama yaitu jangan menghindari topik pembicaraan tentang pasangan yang telah meninggal. Apalagi menghindari topik tersebut dari anak sendiri.

Malahan, kamu sepatutnya membuat suasana nyaman bagi anak-anak untuk bisa menanyakan sesuatu, terutama tentang kematian ayah atau ibunya.

Ilustrasi Lansia TidurIlustrasi Lansia Tidur © Shutterstock

2 dari 6 halaman

Sadari Bahwa Akan Ada Hal yang Berubah

Selain bakal datangnya kesedihan karena ditinggal pasangan, sadari betul bahwa keadaan juga akan jadi beda. Contoh seperti keadaaan finansial yang akan berubah atau lain-lainnya.

Maka dari itu, kita butuh move on untuk tetap melanjutkan hidup. Sadari betul hal ini karena dunia tidak akan berhenti ketika kamu sedih kehilangan pasangan.

3 dari 6 halaman

Jujur Tentang Perasaan

Jujurlah pada diri sendiri saat kamu memang merasakan kepedihan akibat kehilangan pasangan. Jangan malu untuk menangis di hadapan beberapa orang sekalipun.

Hal ini bisa membuat kamu mengekspresikan perasaan dan membuatmu lega. Beban sedihmu akan jadi lebih enteng dan move on-mu akan jadi jauh lebih mudah dilakukan.

Ilustrasi Lansia SedihIlustrasi Lansia Sedih © shutterstock.com

4 dari 6 halaman

Cari Hobi Baru

Mencari hobi baru sama halnya dengan menyibukkan diri sendiri. Hobi ini akan dapat membuatmu lupa dengan perasaaan sedih yang dirasakan.

Mungkin kamu bisa ikut kelas memasak, utak-atik otomotif, dan berbagai hobi lainnya.

5 dari 6 halaman

Olahraga Teratur

Sama seperti tips sebelumnya, olahraga teratur juga bisa mengalihkan perasaaan sedihmu. Selain itu, olahraga juga dapat menyehatkan tubuh dan menghilangkan stres.

Kamu bisa jogging ataupun gowes setiap beberaspa hari sekali. Ataupun tidak salah juga ketika kamu mencoba olahraga baru, seperti halnya basket ataupun ngegym sekalipun.

Ilustrasi Lansia Angkat BebanIlustrasi Lansia Angkat Beban © Shutterstock

Beri Komentar