5 Pertimbangan Jalin Hubungan dengan Teman Sekantor, Jangan Lupa Bersikap Profesional ya!

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 23 September 2021 20:10
5 Pertimbangan Jalin Hubungan dengan Teman Sekantor, Jangan Lupa Bersikap Profesional ya!
Gak boleh asal aja ya Diazens.

Sudah jadi hal wajar kok kalau kamu terjebak cinta lokasi di tempat kerja. Tak jarang, bahkan beberapa diantara karyawan yang bertemu dan saling jatuh cinta tadi ada yang kemudian memutuskan menikah lho.

Jatuh cinta dan menjalin hubungan asmara dengan teman sekantor memang tidak ada salahnya. Nmaun, karena pada awalnya kamu datang dengan tujuan profesionalitas, maka di kantor sebagai tempat bekerja ini kamu tidak bisa bersikap seenaknya ketika berpacaran.

Berikut ini beberapa pertimbangan yang sepatutnya kamu ketahui sebelum putuskan jalin hubungan asmara dengan rekan di tempat kerja. Apa saja? Yuk langsung aja simak ulasannya berikut ini.

1 dari 5 halaman

1. Ketahui Aturan Perusahaan Tempat Kamu Bekerja

Hal pertama yang mestinya kamu lakukan saat menjalin hubungan asmara dengan teman sekantor adalah dengan tidak melupakan aturan perusahaan. Selain dituntut tetap disiplin dan produktif, perusahaan biasanya mengatur beberapa ketentuan khusus untuk karyawan yang menjalin hubungan asmara hingga jenjang pernikahan.

Bukan tanpoa sebab, ketentuan ini memang akan menjadi hal mutlak dan tak bisa kamu hindari. Jadi, siap-siap saja dengan segala kemungkinan yang akan kamun hadapi saat jalin hubungan ini ya Diazens.

2 dari 5 halaman

2. Lakukukan Diskusi dan Buat Aturan yang Jelas

Jalin Hubungan dengan Teman SekantorJalin Hubungan dengan Teman Sekantor © Shutterstock.com/g/SunnyVMD

Kamu dan pasangan perlu mendiskusikan beberapa hal terkait hubungan ini mengingat ada beberapa risiko yang barangkali muncul. Bicarakan sejak awal menjalin hubungan ya Diazens.

Pastikan kamu dan pasangan juga membuat aturan sendiri yang jelas saat berada di kantor. Dengan mendiskusikan hal ini dengan pasangan maka kamu bisa menghindari kesalahpahaman dan mungkin juga permasalahan yang bisa muncul di kantor atau dalam hubungan itu sendiri.

3 dari 5 halaman

3. Bersikap Profesional Sebagaimana Kamu dan Doi Layaknya Rekan Kerja Sebelumnya

Jangan lupa untuk tetap bersikap profesional sebagaimana layaknya rekan kerja. Seperti dijelaskan di awal bahwa posisi kamu di kantor sebagai karyawan tentu sejak awal bertujuan untuk bekerja secara profesional. jadi, ingat selalu hal ini meski kamu kemudian jatuh hati dengan rekan kerja di kantor.

Pastikan bahwa pasanganmu tetap bersikap profesional saat berada di kantor. Sikap ini bisa kamu tunjukkan dengan tetap bekerja secara baik dan menganggap pasangan sebagai rekan kerja di kantor. Ini dilakukan agar kamu tidak mendapat penilaian buruk dari atasan akibat penurunan kinerja dan sikap.

4 dari 5 halaman

4. Hindari Menggunakan Fasilitas Kantor untuk Hubungan Asmara 'Pacaran' ya!

Jalin Hubungan dengan Teman SekantorJalin Hubungan dengan Teman Sekantor © Shutterstock.com/g/fizkes

Tentu Diazens sudah paham betul dong dengan ini. Yakin deh! Yap, seringkali memang banyak pasangan yang memanfaatkan fasilitas di kantor dengan seenaknya. Sebut saja fasilitas telepon yang dipakai untuk berkomunikasi dengan pasangan di ruang kerja lain. namun, gak semuanya begini ya Diazens.

Terlepas dari itu semua, tentu saja hal ini merupakan bentuk kesalahan dan sikap tidak profesional. Sebab fasilitas kantor sudah seharusnya memang digunakan untuk kepentingan pekerjaan dan bukan untuk hal lain termasuk komunikasi pribadi.

5 dari 5 halaman

5. Bersiap untuk Kemungkinan dan Hal Terburuk

Hal yang harus kamu lakukan saat menjalin hubungan asmara dengan teman sekantor adalah memikirkan dan bersiap untuk hal terburuk. Jatuh cinta memang bisa membuat siapa pun buta. Beberapa orang bahkan ada yang tidak sadar dengan apa yang dilakukannya saat jatuh cinta.

Nah, dari sinilah kemudian tidak sedikit yang didapati pasangan sekantor yang melakukan kesalahan sehingga mereka harus dipecat. Duh, jauh-jauh deh ya. Nah, kamu yang sedang menjalin hubungan asmara dengan teman sekantor juga perlu memikirkan kemungkinan terburuk, entah salah satu dari kalian harus resign dan lain sebagainya.

Well, itulah beberapa pertimbangan yang semestinya kamu pikirkan baik-baik sebelum jatuh cinta dan jalin hubungan mendalam dengan rekan sekantor. Semoga bermanfaat dan kamu selalu happy. Semangat!

Beri Komentar