5 Alasan Tidak Boleh Mengungkit Kesalahan Pasangan di Masa Lalu

Reporter : Yayuk Harini
Kamis, 14 Oktober 2021 20:10
5 Alasan Tidak Boleh Mengungkit Kesalahan Pasangan di Masa Lalu
Kalau sudah ada kata maaf, ngapain diungkit-ungkit terus?

Ada yang bilang kalau manusia adalah tempatnya salah, begitu pula dengan kamu dan pasangan. Selama bersama, pasanganmu mungkin pernah melakukan kesalahan yang terkenang sulit dilupakan. Walau sudah memaafkannya ada kalanya kamu masih suka mengungkit kesalahan tersebut.

Nah, kebiasaan semacam ini sebenarnya tak baik dilakukan ya Diazens. Terlebih jika pasanganmu sampai mengatakan secara terang-terangan bahwa dia gak suka kamu terus mengungkit kesalahannya. Tak hanya makin toxic, ini lho 5 alasan lain mengapa ini tak boleh dilakukan. Simak yuk!

1 dari 5 halaman

1. Masalah sudah selesai termaafkan, lalu kenapa terus diungkit?

Ilustrasi pasangan bertengkarIlustrasi pasangan bertengkar © relatefoundation.com

Seburuk apa pun kesalahan pasangan, jika di masa lalu kamu sudah mengatakan bahwa kamu memaafkannya, sebenarnya kamu gak punya alasan untuk kembali mengungkit kesalahan tersebut. Kamu gak semestinya bersikap kekanakan seperti itu lantaran semuanya jelas sudah gak perlu diingat kembali.

2 dari 5 halaman

2. Dia akan terus dihantui rasa bersalah jika masih ada hal yang diungkit

Rasa kesal erhadap pasangan kadang kala memang membuat kita jadi melihat dia merasa bersalah. Hal inilah yang mendorong adanya ingin terus mengungkit kesalahannya di masa lalu. Tapi, kamu harus segera sadar kalau ini sungguh gak tepat ya Diazens. Memangnya kamu benar-benar mau melihat pasanganmu terus menerus diliputi rasa bersalah akan kesalahannya tersebut? Bisa jadi stres dong!

3 dari 5 halaman

3. Dia menganggap kamu belum memaafkannya dengan tulus

Ilustrasi Pasangan BertengkarIlustrasi Pasangan Bertengkar © shutterstock.com/wavebreakmedia

Jika diteruskan, dia akan yakin bahwa kamu gak pernah memaafkannya dengan tulus. Seperti apa pun niatmu yang sesungguhnya, menyindir dengan cerita buruk yang sudah lewat gak akan membuat keadaan menjadi lebih baik. Terlebih kalau kamu sampai mengatakannya dengan nada bicara yang menyakitkan. Bisa-bisa dia gak nyaman lagi dengan hubungan yang sedang terjalin ini.

4 dari 5 halaman

4. Membuanya jadi makin kesal

Semua orang pasti bakal kesal kalau perbuatan masa lalu yang sesungguhnya sudah ingin kita lupakan, malah terus menerus diungkit-ungkit. Ditambah lagi dengan orang yang mengungkit-ungkit ini adalah sosok yang sangat dia cintai, pasti deh dia gak cuma akan kesal aja. Tapi mungkin juga akan kecewa dan marah.

5 dari 5 halaman

5. Bukan salah pasangan jika nanti kesalahanmu pun terus dia ungkit

Ilustrasi Pasangan BertengkarIlustrasi Pasangan Bertengkar © shutterstock.com/Pixel-Shot

Ingat, semua manusia pasti gak pernah luput dari berbuat salah. Jadi jangan marah kalau nanti dia balas mengungkit kesalahanmu. Kebiasaan ini memang mudah menular dan mendarah daging dalam sebuah hubungan. Jika diteruskan, kalian hanya akan saling menyakiti satu sama lain untuk selamanya.

Well, jadi alangkah baiknya jangan suka mengungkit kesalahan pasangan ya. Semoga kamu dan dia selalu bahagia. Semangat!

Beri Komentar