Ternyata Menyusui adalah Cara Diet yang Ampuh Untuk Ibu Hamil, Kok Bisa?

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 2 Juli 2020 18:52
Ternyata Menyusui adalah Cara Diet yang Ampuh Untuk Ibu Hamil, Kok Bisa?
Wah kok bisa ya?

Setelah ibu melahirkan pasti akan mengalami berbagai proses naik dan turunnya berat badan, terlebih lagi bagi mereka yang takut akan gemuk. Ternyata menyusui adalah cara yang tepat untuk diet kho mom, pasalnya, dengan menyusui ibu dapat menurunkan berat badan mereka. Duh, kok bisa ya? Coba simak penjelasan dibawah ini menurut Very Well Family:

1 dari 2 halaman

Kenapa menyusui dapat menurunkan berat badan?

Jika Mama memilih menyusui secara eksklusif, maka berat badan umumnya akan lebih cepat turun ketimbang yang tidak menyusui langsung. Ini karena hormon yang dilepaskan oleh tubuh ketika menyusui mengakibatkan kontraksi otot di rahim. Jadi, setiap kali Mama menyusui si Kecil, rahim akan berkontraksi dan menyusut. Enam minggu setelah melahirkan, rahim mama akan kembali ke ukuran semula sebelum hamil dan perut mama akan terlihat jauh lebih ramping.

Selain itu, menyusui membutuhkan banyak kalori. Dibutuhkan sekitar 500 kalori untuk memproduksi ASI. 

2 dari 2 halaman

Kekurangan kalori menyebabkan turunnya berat badan secara drastis

Berat badan turun drastis tidak baik bagi kesehatan mama maupun si Kecil. Penurunan berat badan secara drastis ini akan membuat tubuh mama merasa kepayahan dan lelah berlebihan. Selain itu dapat memengaruhi jumlah produksi ASI dan kualitasnya yang menurun serta tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan sang Bayi.

 

 

Penurunan berat badan secara drastis setelah melahirkan bisa disebabkan karena sesuatu yang berada dalam kendali mama, maupun masalah kesehatan yang tak bisa Mama kendalikan. 

Kekurangan kalori adalah hal yang umum terjadi. Konsumsi makanan yang kurang bergizi atau hanya mengandung kalori kosong membuat tubuh mama bekerja keras. Padahal dibutuhkan sedikitnya 500 kalori ekstra untuk memproduksi ASI. Untuk itulah, sebetulnya tubuh mama memerlukan energi yang cukup lewat makanan yang sehat agar seimbang antara kalori yang diproduksi dan kalori yang digunakan.

Beri Komentar