Sheila Marcia Pakai Korset Pasca Melahirkan, Apa Saja sih Manfaatnya?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 3 Januari 2021 06:30
Sheila Marcia Pakai Korset Pasca Melahirkan, Apa Saja sih Manfaatnya?
Apa ya manfaatnya?

Sheila Marcia kini menikmati momennya mengurus sang buah hati, Elijah Jerome Zev Emmanuel yang akrab disapanya dengan baby JZ. Anak kedua Sheila Marcia ini lahir tanggal 15 November 2020 lalu.

Pasca melahirkan, beberapa kali terlihat Sheila memakai korset. Hal ini ia lakukan untuk mengembalikan bentuk badannya. Selain mengembalikan bentuk badan, apa saja sih manfaat lain memakai korset bagi ibu pasca melahirkan?

1 dari 5 halaman

Pakai Korset Pasca Melahirkan

Sheila Marcia pakai korset pasca melahirkan © Diadona

" Buat yang sudah melahirkan pasti sudah tahu banget kalau 'CORSET IS MUST HAVE ITEM'. Buat aku, penting sekali memakai korset yang berkualitas agar rahim dan panggul yang merenggang saat hamil dapat mengencang dan ramoing kembali," tulis Sheila Marcia.

" Karena jika tidak segera di korsetin, perut dapat menjadi buncit permanen atau istilah medisnya Diastasis Recti," lanjut ibu dua anak ini.

Memang, sudah jadi rahasia umum bagi ibu hamil memakai korset pasca melahirkan. Korset adalah alat yang digunakan untuk membungkus area perut sampai dengan pinggang. Korset sendiri berbentuk elastis Moms sehingga sangat mudah untuk menyesuaikan dengan bentuk badan.

2 dari 5 halaman

Aman Cenderung Dianjurkan

Korset juga disebut-sebut bisa mengembalikan bentuk badan dengan cukup cepat. Karena itu, nggak sedikit ibu yang langsung menggunkan korset pasca melahirkan.

Dikutip dari Kumparan, penggunaan korset memang dianjurkan Moms bagi ibu pasca melahirkan karena korset memiliki cukup banyak manfaat seperti mengembalikan perut kendur dan buncit pasca melahirkan.

" Boleh, dianjurkan malah, apalagi habis operasi caesar," ucap dr. Upik Anggraheni SpOG yang dikutip dari kumparan.com.

3 dari 5 halaman

Manfaat Memakai Korset Pasca Melahirkan

      Lihat postingan ini di Instagram      

Sebuah kiriman dibagikan oleh Vanessa AngeL ???? (@vanessaangelofficial)

Selain itu, dr. Sherry Ross juga mengungkap jika korset bisa bermanfaat menopang dan menyelaraskan perut sampai organ dan otot perut agar bisa kembali dalam kondisi semula. Tak hanya itu, korset juga bisa membantu mengatasi kulit kendur sekaligus menekan rahim secara ringan agar menyusut.

Bagi Moms yang menjalani operasi caesar, korset juga bisa membantu mengurangi tekanan pada luka saat proses penyembuhan.

4 dari 5 halaman

Manfaat Lainnya Korset

Menurut Laura Arndt, seorang spesialis sekaligus CEO dari Matriarc mengungkap korset bisa membantu mengurangi rasa sakit, meningkatkan mobilitas, menstabilkan dasar panggul bahkan membantu menyembuhkan diastis recti (kondisi pasca-kehamilan yang sangat umum di mana otot-otot perut tetap terpisah) pasca melahirkan.

Para ahli merekomendasikan agar ibu memakai korset selama tiga bulan pertama pasca melahirkan. Moms bisa memakai korset di siang hari dan melepasnya pada malam hari saat tidur.

5 dari 5 halaman

Siapa yang Nggak Disarankan Memakai Korset?

Meski korset memiliki berbagai manfaat, ada kondisi dimana Moms sangat dianjurkan untuk menghindari memakai korset. Bagi Moms yang menunjukkan tanda-tanda infeksi, terutama infeksi luka pasca operasi caesar atau mengalami komplikasi kehamilan seperti preeklamsia sangat nggak disarankan untuk memakai korset, Moms.

Nah, itu dia sederet manfaat memakai korset pasca melahirkan seperti Sheila Marcia. Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar