Sering Main HP Saat Hamil Bisa Mengganggu Perkembangan Janin, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila Ismiranda
Kamis, 10 Maret 2022 10:57
Sering Main HP Saat Hamil Bisa Mengganggu Perkembangan Janin, Mitos atau Fakta?
Masih sering jadi perdebatan nih.

Saat hamil, Moms biasanya merasa sulit bergerak sehingga lebih sering istirahat atau santai dengan main HP. Alat elektronik yang satu ini bisa menjadi teman saat sepi.

Meski begitu, banyak anggapan bahwa terlalu sering main HP berisiko mengganggu kesehatan sang janin. Benarkah demikian?

1 dari 5 halaman

Selama masa kehamilan, Moms akan lebih banyak istirahat, khusus saat sudah memasuki trimester tiga. Pada fase ini, perut semakin membesar dan Moms agak sulit untuk beraktivitas seperti biasa.

Saat istirahat, Moms akan menjadikan ponsel atau HP menjadi alat pengusir bosan. Sayangnya, banyak anggapan bahwa kebiasaan ini bisa mengganggu keterampilan anak saat lahir nanti.

2 dari 5 halaman

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Penelitian terbitan Journal of Epidemiology and Community Health menunjukkan bahwa menggunakan ponsel atau HP yang berlebihan saat hamil bisa mengganggu keterampilan anak saat lahir nanti.

Peneliti melakukan penelitian terhadap 4.389 pasangan ibu dan anak yang menjadi responden sejak pertengahan kehamilan, yaitu sekitar tahun 1999 sampai 2008.

Hasilnya, ada penurunan kemampuan bahasa anak dan keterampilan motorik pada anak usia 3 tahun yang lahir dari ibu sering main HP saat hamil.

 

3 dari 5 halaman

Penelitian lain dari Scientific Reports menunjukkan hasil yang tidak jauh berbeda. Paparan HP sebelum dan sesudah melahirkan bisa mengembangkan masalah perilaku pada anak. Seperti; anak menjadi hiperaktif, kurang perhatian, dan sering bermasalah dengan teman sebayanya.

Meski ada penelitian yang menunjukkan bahaya terlalu sering main ponsel saat hamil, topik ini masih perlu observasi lebih lanjut. Pasalnya, penelitian di atas belum cukup kuat untuk membuktikan bagaimana tepatnya HP bisa membahayakan bayi dalam kandungan.

Tapi, tidak ada salahnya untuk menghindari risiko bahaya radiasi ponsel selama Moms sedang mengandung si kecil.

4 dari 5 halaman

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Menurut Devra Davis, pendiri Environmental Health Trust, ibu hamil harus menjauhkan HP dari area perutnya. Agar lebih aman, gunakan headset atau speaker dari HP saat menerima telepon untuk mengurangi paparan radiasi.

Berikut adalah beberapa tips mencegah paparan radiasi untuk Moms yang sering main HP saat hamil:

  • Hindari penggunaan HP saat tidak perlu.
  • Simpan ponsel di atas meja saat beraktivitas di rumah dan matikan saat tidur.
  • Hindari penggunaan HP ketika sinyal jaringan lemah karena memancarkan lebih banyak radiasi pada daerah yang minim sinyal.
  • Jauhkan ponsel dari saku celana, kantong jaket, area lain yang dekat dengan perut
  • Saat bepergian, lebih baik masukkan ponsel ke dalam tas.

Beri Komentar