Sering Banget Jatuhin Barang dan Ceroboh Saat Hamil, Kira-Kira Kenapa Ya, Moms?

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 7 Mei 2020 08:00
Sering Banget Jatuhin Barang dan Ceroboh Saat Hamil, Kira-Kira Kenapa Ya, Moms?
Yuk coba lihat alasannya, moms

Banyak yang mengeluh sewaktu hamil, ibu akan menjadi lebih kurang fokus, menjatuhkan banyak barang-bang dan kikuk. Hmm, apakah benar hamil membuat ibu menjadi lebih ceroboh dari biasanya? Mungkin kutipan dari whattoexpect.com akan menjawab segala pertanyaan itu, moms..

1 dari 3 halaman

Karena Faktor Hormonal

Saat hamil, hormon-hormon pada tubuh mama bergejolak. Selain menyebabkan perubahan suasana hati, hormon juga turut melonggarkan persendian dan ligamen mama.Tubuh ibu pun mempertahankan cairan ekstra yang berpotensi menyebabkan sindrom Carpal Tunnel. Akibatnya, kemampuan ibu hamil dalam memegang suatu obyek menjadi kurang tegas dan kuat.

2 dari 3 halaman

Perut yang Besar

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Perut mama yang makin membesar mau tak mau akan menggeser pusat gravitasi tubuh. Hal ini berpengaruh pada keseimbangan Ibu, baik secara sadar maupun tidak. Biasanya perubahan akibat perut yang makin membesar ini terasa tatkala menaiki tangga, berjalan di permukaan lantai yang licin, atau membawa sesuatu yang berat. 

Perut yang membesar membuat Mama tidak bisa melihat ke mana kaki menapak. Akibatnya, Ibu jadi lebih rentan kehilangan keseimbangan.

3 dari 3 halaman

Kondisi Tubuh yang Kurang

Banyak ibu hamil yang merasakan lebih ceroboh dan kikuk selama trimester kedua kehamilan. Selain karena baby bumps yang mulai muncul, di trimester kedua ini koordinasi tubuh mama juga mulai 'diuji' dengan fluktuasi hormon, kelelahan, dan fokus yang menurun.

Merupakan hal yang wajar apabila Mama merasa lebih ceroboh dan kikuk selama kehamilan. Tetapi jika semua ini dialami beriringan dengan bengkak, pandangan kabur, atau naiknya berat badan secara drastis tanpa alasan, sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan. Dalam kasus yang pernah terjadi, gejala-gejala ini merupakan tanda tekanan darah tinggi yang tidak terdiagnosis yang dapat menyebabkan preeklampsia.

Nah, Gimana sekarang ibu nggak takut kan kalau ceroboh saat hamil?

Beri Komentar