Sehat dan Lancar sampai Persalinan, Ini 5 Tips Memperkuat Kekebalan Tubuh selama Hamil

Reporter : Mila Ismiranda
Selasa, 15 Maret 2022 10:57
Sehat dan Lancar sampai Persalinan, Ini 5 Tips Memperkuat Kekebalan Tubuh selama Hamil
Ayuk moms merapat!

Selama hamil, kekebalan tubuh jadi perhatian utama. Pasalnya, sistem kekebalan bertindak layaknya perisai yang melindungi dari penyakit, kuman, racun, dan infeksi, dengan memberikan perlawanan.

Ibu hamil umumnya lebih rentan terhadap penyakit dan infeksi, dibandingkan dengan perempuan yang tidak sedang hamil. Jadi, penting untuk menjaga sistem kekebalannya tetap prima. Lantas, bagaimana caranya? Intip tips di bawah yuk moms!

1 dari 6 halaman

Makan Bergizi

Selama hamil, biasanya moms suka ngidam makanan-makanan aneh. Sebenarnya wajar dan tidak apa-apa sesekali, tapi harus diingat bahwa bayi dalam kandungan juga butuh makanan yang sehat.

Pastikan moms mendapatkan cukup protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan beberapa nutrisi penting lainnya. Memenuhi semua nutrisi ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh selama kehamilan.

2 dari 6 halaman

Asupan Asam Lemak Omega-3

Asupan asam lemak omega-3 diketahui bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

Ikan dan makanan laut lainnya adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik, begitu pula dengan kacang-kacangan dan minyak nabati. Dengan memperbanyak makan makanan tersebut, moms bisa memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh.

3 dari 6 halaman

Tidur Cukup

Tubuh menghadapi banyak hal selama kehamilan, baik fisik, emosional, dan fisiologis. Untuk itu, penting mendapatkan istirahat yang cukup.

Kalau dirasa sulit, moms bisa bicara dengan dokter kandungan masing-masing untuk tips mendapatkan lebih banyak tidur berkualitas.

4 dari 6 halaman

Minum Suplemen Vitamin

Beberapa vitamin bisa jadi penguat sistem kekebalan yang penting. Misalnya, banyak dokter kandungan merekomendasikan untuk mengonsumsi vitamin prenatal. Selain itu, suplemen vitamin C juga bisa membantu memperkuat sistem kekebalan yang sehat.

Selama kehamilan, moms harus mendapatkan setidaknya 85 mg vitamin C setiap hari. Vitamin C bisa didapatkan dari makanan, seperti jeruk, stroberi, brokoli, dan tomat. Terkadang, suplemen prenatal harian atau vitamin C juga bisa dipilih untuk membantu mencukupi kebutuhan vitamin C.

5 dari 6 halaman

Kurangi Stres

Kehamilan memang bisa meningkatkan stres dalam hidup, bahkan bagi perempuan yang sebenarnya sangat bersemangat untuk memiliki bayi. Sayangnya, stres memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif.

Jadi, sangat bermanfaat kalau Moms mengurangi stresor hidup sebanyak mungkin.

Beri Komentar