Sederet Hal yang Perlu Ibu Perhatikan saat Hamil di Usia 40-an

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 11 Januari 2021 15:30
Sederet Hal yang Perlu Ibu Perhatikan saat Hamil di Usia 40-an
Apa saja yang yang perlu diperhatikan?

Kelahiran buah hati tentu jadi dambaan bagi mereka yang sudah berumah tangga. Karena itu, nggak sedikit juga wanita yang hamil di usia 40-an.

Hamil di usia 40-an sendiri sebenarnya cukup berisiko meningkatkan berbagai masalah kehamilan seperti bayi lahir dengan kelainan, preeklamsia, diabetes gestasional, dan lainnya.

Karena itu, bagi Moms yang hamil di usia 40-an perlu untuk menjaga kehamilan sebaik mungkin. Dikutip dari What to Expect, berikut Diadona sajikan 5 hal yang perlu Moms perhatikan saat hamil di usia 40 tahun.

1 dari 5 halaman

Konsumsi Suplemen yang Disarankan Dokter

Ilustrasi ibu hamil minum vitaminIlustrasi ibu hamil minum vitamin © babypalooza.com

Tak hanya rutin memeriksakan kandungan, bagi Moms yang hamil di usia 40-an perlu untuk secara teratur minum berbagai suplemen sesuai dengan arahan dokter. Untuk memastikan Moms dan si kecil mendapat nutrisi yang dibutuhkan, nggak jarang dokter akan memberikan suplemen khusus seperti zat besi, vitamin, maupun asam folat.

2 dari 5 halaman

Makan Makanan Bergizi

Ilustrasi ibu hamil makan buahIlustrasi ibu hamil makan buah © shutterstock.com

Mencukupi kebutuhan gizi saat hamil nggak kalah penting Moms untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Begitu juga bagi Moms yang hamil di usia 40 tahun.

Moms bisa menjaga pola makan dan mencukupi asupan nutrisi dengan memperbanyak makan sayur, buah, dan makanan sehat lainnya. Selain itu, Moms juga bisa meminta rekomendasi dokter makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi maupun yang perlu dihindari selama kehamilan.

3 dari 5 halaman

Periksa Kehamilan secara Rutin

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil © shutterstock.com

Selama kehamilan, sangat disarankan untuk Moms periksa kandungan secara rutin. Selain itu, ikuti semua rekomendasi yang disarankan dokter ya Moms termasuk tes diagnostik dan skrining.

Dengan memeriksakan kandungan secara rutin, Moms bisa mencegah komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi. Seperti yang kita tahu, hamil di usia 40-an lebih berisiko mengalami komplikasi kehamilan.

4 dari 5 halaman

Jalani Pola Hidup Sehat

Ilustrasi Ibu Hamil LariIlustrasi Ibu Hamil Lari © shutterstock

Seperti kebanyakan ibu hamil, Moms juga disarankan untuk menjalani pola hidup sehat selama kehamilan. Terlebih, hamil di usia 40-an lebih berisiko. Karena itu, hindari segala macam kebiasaan buruk seperti minum alkohol, begadang ataupun merokok.

Sangat disarankan bagi Moms untuk olahraga sekitar 30 menit sehari. Tentu saja, hal ini setelah mendapat persetujuan dari dokter ya. Sellain olahraga, mengonsumsi makanan bergizi juga tak kalah penting.

5 dari 5 halaman

Waspadai Tanda-Tanda Komplikasi Kehamilan

Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil © freepik.com

Hamil di usia 40 tahun memang rentan mengalami berbagai masalah kehamilan Moms seperti preeklamsia, diabetes gestasional, bahkan persalinan prematur. Karena itu, sangat penting bagi Moms untuk waspada terhadap gejala-gejala komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi.

Nah, itu dia sederet hal yang perlu diperhatikan bagi Moms yang hamil di usia 40-an. Semoga membantu.

Beri Komentar