Kenapa ya Ibu Hamil Lebih Rentan Sakit?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 7 Januari 2021 11:30
Kenapa ya Ibu Hamil Lebih Rentan Sakit?
Ibu hamil rentan sakit, ternyata ini alasan dibaliknya Moms.

Moms mungkin sering mendengar bahwa ibu hamil lebih rentan mengalami sakit. Memang, nggak bisa dipungkiri kondisi ini umum dialami oleh kebanyakan bumil. Bisa jadi Moms salah satunya.

Perubahan yang terjadi selama kehamilan tentu membawa dampak pada tubuh, termasuk bumil yang jadi mudah sakit. Lantas, apa sih alasan sebenarnya di balik kondisi ini? Untuk mengetahui lebih jelasnya, langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Alasan Bumil Rentan Sakit

Ilustrasi ibu hamil sakit © Diadona

Dikutip dari Alodokter, alasan bumil lebih rentan sakit nggak lepas dari sistem imunitas tubuh ibu yang cenderung menurun, Moms. Menurunnya sistem imun ini dimaksudkan untuk melindungi janin agar nggak diserang oleh sistem imun ibu karena disangka benda asing.

Karena itulah, ibu hamil jadi lebih rentan terserang penyakit atau infeksi. Bahkan, infeksi ringan sekalipun bisa menyebabkan penyakit serius lho pada bumil.

2 dari 4 halaman

Selain sistem imun yang menurun, peningkatan produksi hormon progesteron saat hamil juga bisa menjadi penyebab lainnya mengapa bumil berisiko terkena infeksi. Pasalnya, peningkatan produksi hormon progesteron ini bisa melemaskan otot ureter dan kandang kemih sehingga bisa memicu bakteri berkembang biak hingga menyebabkan infeksi saluran kemih.

Nggak hanya itu saja Moms, tingkat hormon estrogen saat hamil yang lebih tinggi di saluran reproduksi juga bisa meningkatkan risiko bumil terkena infeksi jamur.

Selain itu, banyaknya perubahan yang dialami ibu seperti morning sickness di trimester pertama bisa membuat bumil kekurangan asupan nutrisi. Hal ini bisa mengakibatkan sistem imun ibu makin menurun.

3 dari 4 halaman

Gimana sih Cara Mencegah Agar Bumil Nggak Gampang Sakit?

Ilustrasi ibu hamil sakit © Diadona

Meski bumil rentan sakit, bukan berarti nggak ada yang bisa ibu lakukan. Ada sederet langkah pencegahan yang bisa Moms lakukan untuk menjaga kesehatan selama hamil.

1. Jaga berat badan tetap normal selama kehamilan.

2. Hindari mengonsumsi susu yang diolah tanpa proses pasteurisasi.

3. Perbanyak istirahat dan cukup tidur.

4. Rajin Olahraga dan melakukan pergangan otot.

5. Hindari kontak dengan hewan peliharaan atau binatang liar, terutama kotoran dalam kandangnya.

4 dari 4 halaman

Selain berbagai cara di atas, rutin memeriksakan diri ke dokter menjadi hal yang wajib bumil lakukan demi menjaga kesehatan diri dan calon buah hati.

Dengan memeriksakan diri secara rutin, bumil bisa mendeteksi penyakit yang mungkin dialami secara dini agar bisa segera mendapat penangan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar