Perbedaan antara Persalinan Kedua dan Pertama, Apa Lebih Tidak Sakit?

Reporter : Mila
Jumat, 7 Oktober 2022 10:57
Perbedaan antara Persalinan Kedua dan Pertama, Apa Lebih Tidak Sakit?
Dua-duanya tidak kalah istimewa kok.

Persalinan anak kedua sering dianggap lebih mudah karena Moms sudah pernah melewatinya. Nyatanya, setelah melewati momen persalinan anak pertama, tubuh mulai mengalami perubahan dan penyesuaian kembali.

Lantas, apa perbedaan persalinan kedua dan yang pertama? Langsung simak yuk!

1 dari 5 halaman

Lebih Banyak Kontraksi Palsu

Kontraksi palsu atau Braxton hicks contractions adalah momen di mana terjadi rasa kram di perut, yang mirip seperti kontraksi aslinya. Karena tubuh sudah pernah melewati momen persalinan sebelumnya, maka otot akan menyesuaikan diri dan aktif lebih awal.

Efeknya, kontraksi palsu pun akan lebih banyak Moms rasakan di persalinan kedua. Oleh karena itu, bersiap-siap ya, Moms!

2 dari 5 halaman

Proses Persalinan Lebih Cepat

Pada persalinan kedua, Moms sudah mengetahui seperti apa kontraksi dan proses lainnya. Termasuk seperti apa rasanya saat cairan ketuban sudah keluar.

Maka dari itu, Moms pun bisa lebih sigap. Moms juga bisa lebih menikmati kontraksi, serta tahu kapan harus mengejan dan menarik napas lebih teratur.

3 dari 5 halaman

Pemulihan Lebih Lama

Meski proses persalinan kali kedua berlangsung lebih cepat, tapi pada pemulihannya nanti biasanya akan terasa lebih lama.

Semakin banyak jumlah persalinan yang pernah dilewati oleh perempuan, maka semakin terasa sulit proses ini akan dilewati. Tapi, kondisi ini bergantung pada kondisi dan ambang nyeri masing-masing.

4 dari 5 halaman

Suasana Rumah yang Berbeda

Setelah proses persalinan selesai dan Moms bersiap pulang ke rumah, biasanya untuk anak kedua suasana pun akan terasa berbeda.

Selain masih tetap harus mengurus si Sulung, Moms juga harus mengurus si Kecil serta diri sendiri selagi dalam proses pemulihan pasca persalinan. Momen ini seringkali terasa lebih berat.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain, termasuk Papa atau anggota keluarga lain ya.

Beri Komentar