Ibu Hamil Lebih Sering Digigit Nyamuk, Ternyata Ini Alasannya Moms!

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 16 Oktober 2020 06:30
Ibu Hamil Lebih Sering Digigit Nyamuk, Ternyata Ini Alasannya Moms!
Kenapa ya kira-kira?

Nyamuk bisa dibilang sebagai serangga yang sangat akrab di keseharian kita ya Moms. Nyamuk sendiri memang cukup menganggu karena rasa gatal yang ditimbulkan sesaat setelah ia menggigit. Tak terkecuali juga bagi ibu hamil.

Tapi ada satu hal menarik Moms mengenai nyamuk dan ibu hamil. Banyak yang mengatakan bahwa nyamuk cenderung menyukai menggigit wanita hamil dibandingkan mereka yang tidak. Kira-kira hal ini benar nggak ya?

Yuk, kita simak ulasannya yang dilansir dari Parents berikut ini Moms.

1 dari 5 halaman

Wanita Hamil Lebih Menarik Bagi Nyamuk

Ilustrasi NyamukIlustrasi Nyamuk © cityofferndale.org

Menurut Joseph Conlon, ahli entomologi medis dan penasihat teknis American Mosquito Control Association menyebut bila wanita hamil memang lebih menarik bagi nyamuk Moms.

Hal ini karena wanita hamil memiliki suhu tubuh rata-rata yang lebih hangat, yang merupakan tanda untuk nyamuk untuk menggigit dan mendarat.

2 dari 5 halaman

Penyebab Nyamuk Tertarik pada Wanita Hamil

Dikutip dari Baby Center, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Durham, Inggris, dan Dewan Riset Medis di Gambia, Afrika, menemukan bahwa nyamuk menggigit wanita hamil dua kali lebih sering daripada wanita yang tak hamil, Moms.

Peneliti mengungkap bahwa hal berhubungan dengan karbon dioksida yang lebih sering dilepaskan ibu saat hamil. Nyamuk sendiri memang tertarik dengan aroma karbon dioksida selain juga asam laktat (yang terbentuk saat otot bekerja dan dilepaskan melalui keringat).

3 dari 5 halaman

Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/PushishDonhongsa

Wanita hamil cenderung bernapas lebih sering dan menghenbuskan sekitar 21 persen lebih banyak udara termasuk karbon dioksida dibandingkan wanita yang tak hamil.

Meski spekulasi ini dirasa masuk akal, Nampaknya masih perlu studi lebih lanjut Moms mengenai hubungan antara wanita hamil dan nyamuk ini.

" Semua spekulasi ini masuk akal, tetapi itu tidak terbukti. Intinya: Kami tidak tahu mengapa wanita hamil lebih populer bagi nyamuk," kata Michael Smith, profesor dermatologi di Vanderbilt University di Nashville, Tennessee.

4 dari 5 halaman

Gimana sih Cara yang Bisa Kita Lakukan Agar Tetap Aman dari Gigitan Nyamuk?

Ada 4 tips aman yang bisa Moms coba untuk mengusir nyamuk. Apa saja tipsnya?

1. Kenakan pakaian berwarna terang karena nyamuk yang menggigit di siang hari cenderung menyukai pakaian berwarna gelap, Moms.
    
2. Gunakan baju lengan panjang dan celana panjang jika memungkinkan.

3. Gunakan pakaian yang longgar.

4. Gunakan repelan atau bahan kimia yang berfungsi untuk mengusir serangga yang sudah teruji aman bagi ibu hamil.

Beri Komentar