Normalkah Jika Feses Ikut Keluar saat Proses Persalinan?

Reporter : Mila Ismiranda
Jumat, 24 September 2021 11:57
Normalkah Jika Feses Ikut Keluar saat Proses Persalinan?
Simak dulu yuk Moms agar paham.

Rasa takut akan sakitnya proses persalinan biasanya dialami oleh setiap Moms yang sebentar lagi akan melahirkan. Tapi ternyata ada ketakutan lain, yaitu ketakutan akan keluarnya feses saat persalinan.

Dalam persalinan normal, mengejan memang teknik utama yang harus dilakukan untuk membantu mengeluarkan bayi dengan cepat. Tapi, mengejan bisa menyebabkan kotoran ke luar dari dubur secara spontan saat melahirkan, sebagaimana ketika saat kita buang air besar.

1 dari 4 halaman

Kenapa Kotoran Bisa Ikut ke Luar saat Mengejan?

Ilustrasi MelahirkanIlustrasi Melahirkan © Shutterstock

Jawabannya sederhana, karena otot-otot yang digunakan ketika Moms BAB, sama dengan otot yang digunakan ketika mengejan dalam persalinan.

Ditambah lagi, dalam proses persalinan, Moms akan mengalami tekanan hebat pada usus besar dan rektum, yang disebabkan dari berat bayi yang bergerak melewati jalan lahir.

Saat bayi bergerak menuju ke luar, usus besar akan tertekan seperti tabung pasta gigi. Kalau usus besar belum dikosongkan sebelum persalinan dimulai, tekanan bayi yang bergerak ke bawah juga bisa mendorong kotoran yang tersisa di bagian bawah usus besar.

2 dari 4 halaman

Sayangnya, tidak ada yang bisa memprediksi apakah kotoran akan terbuang selama persalinan atau tidak. Hasrat ingin BAB akan menyatu dengan mulasnya kontraksi selama persalinan.

Jadi, Moms tidak perlu takut dan merasa malu ya. Itu sangat normal dan manusiawi kok!

3 dari 4 halaman

Pencegahan

Meski begitu, ada beberapa cara yang mungkin bisa meminimalisir ke luarnya kotoran yang tak terkendali saat melahirkan:

  • Pemberian Enema
    Beberapa waktu lalu, para perempuan yang akan melahirkan diberi enema untuk membersihkan usus besar pada tahap awal melahirkan. Tapi, penelitian Cochrane tahun 2013 menemukan bahwa enema tidak menunjukkan manfaat bagi perempuan yang melahirkan.
  • Ke Toilet Lebih Awal
    Jika memungkinkan, sempatkan waktu untuk pergi ke toilet untuk membantu Moms ‘mengosongkan’ kotoran yang tersisa di dalam usus besar, terutama jika rasa mulas ingin BAB sudah mulai muncul.

4 dari 4 halaman

Bidan atau Dokter Sudah Biasa

Sekali lagi, Moms tak perlu khawatir. Bagi bidan atau dokter yang menangani persalinan, hal ini sudah biasa terjadi.

Hampir semua dokter pasti pernah dan sudah terbiasa melihat pasien yang mengeluarkan kotoran ketika mengejan selama persalinan dan itu sama sekali tidak mengganggu bagi mereka. Para bidan atau dokter akan segera menyeka dan membersihkannya.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar