Ngidam Makanan Asin Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Mitos atau Fakta?

Reporter : Devi Puspitasari
Senin, 3 Agustus 2020 08:30
Ngidam Makanan Asin Tanda Hamil Anak Laki-Laki, Mitos atau Fakta?
Kira-kira bener nggak ya?

Ngidam tentu jadi hal yang lumrah dialami ya Moms pada ibu hamil. Tapi nggak sedikit orang yang juga mengaitkan ngidam ini dengan jenis kelamin calon buah hati.

Bila biasanya calon ibu yang doyan makan manis-manis dikaitkan dengan hamil anak perempuan, begitu juga bila suka ngidam makanan asin yang banyak diartikan sedang hamil anak laki-laki.

Kira-kira hal ini fakta atau sekadar mitos ya? Daripada penasaran, yuk langsung kita simak ulasannya yang dilansir dari Halodoc berikut ini Moms.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi ibu hamil suka makan asin © Diadona

Jawabannya bisa dibilang hanya mitos, Moms. Kenapa? Karena sampai sekarang belum ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini.

Masih ada kemungkinan kok Moms memiliki anak laki-laki maupun perempuan tanpa ada kaitanya dengan makanan yang diinginkan saat ngidam. Bila Moms ingin memastikan jenis kelamin buah hati secara tepat, Moms bisa melakukan USG setelah dua minggu kehamilan.

2 dari 3 halaman

Sebenarnya, apa sih penyebabnya calon ibu ngidam makanan tertentu saat hamil?

Biasanya, ngidam ini dimulai pada trimester pertama Moms dan semakin intensif pada trimester kedua. Sebaliknya, pada trimester ketiga akan mulai menurun. Tapi nggak menutup kemungkinan juga Moms akan menyukai makanan yang Moms konsumsi saat hamil bahkan setelah melahirkan.

Sebenarnya, keinginan makan makanan tertentu saat hamil ini tergantung dengan sistem tubuh Moms. Begini penjelasannya.

Ngidam makanan asam

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Bila Moms mengidam makanan asam seperti jeruk atau mangga muda bisa jadi tanda dari asam lambung yang rendah. Asam lambung ini membantu mensterilkan makanan dengan memecahnya menjadi protein.

Nah, keinginan Moms untuk mengonsumsi makanan asam bisa menunjukkan keinginan tubuh akan beberapa vitamin yang terkandung dalam makanan itu Moms maupun nutrisi lainnya.

3 dari 3 halaman

Ngidam makanan manis

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Junk Food © Diadona

Es krim, cokelat, donat, dan permen manis biasanya jadi makanan favorit ibu hamil. Kenapa? Karena makanan-makanan tersebut lebih responsif Moms terhadap insulin karena gula darah biasanya akan lebih rendah selama masa kehamilan. Karena itu beberapa ibu hamil ngidam makan makanan manis untuk menormalkan gula darah mereka.

Ngidam Makanan Asin

Menginginkan makan makanan asin selama kehamilan biasanya jadi hal umum Moms yang sering dialami oleh ibu hamil. Apalagi, kehamilan meningkatkan volume darah. Nah, kondisi ini bisa jadi salah satu alasan Moms ngidam ingin makan makanan asin.

So, itu dia Moms penjelasan tentang mitos ngidam makanan tertentu yang sering kita dengar. Semoga membantu ya.

Beri Komentar