Nggak Hanya Baik Bagi Ibu, Olahraga saat Hamil Ternyata Juga Bisa Buat Bayi Lebih Sehat lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 8 Oktober 2020 06:30
Nggak Hanya Baik Bagi Ibu, Olahraga saat Hamil Ternyata Juga Bisa Buat Bayi Lebih Sehat lho!
Ternyata manfaat olahraga selama kehamilan juga dirasakan oleh bayi dalam kandungan lho Moms.

Olahraga memang memiliki segudang manfaat ya Moms. Tak terkecuali saat hamil. Tapi kadang, nggak sedikit juga ibu hamil yang masih ragu untuk olahraga karena khawatir akan berisiko bagi kehamilan.

Tapi nyatanya olahraga malah bermanfaat bagi ibu hamil lho Moms. Nggak hanya bagi ibu, olahraga ini juga memiliki dampak baik bagi calon buah hati. Kira-kira apa saja ya manfaat olahraga selama kehamilan bagi bayi? Langsung saja kita simak ulasannya berikut ini yuk, Moms.

1 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Melansir dari Parents, olahraga selama kehamilan sangat bermanfaat Moms bagi ibu seperti bisa menjaga menjaga berat badan tetap terkendali, mengurangi risiko diabetes gestasional, mengurangi ketidaknyamanan selama kehamilan, dan menyiapkan ibu untuk persalinan.

Eits, nggak hanya bagi ibu. Menurut sebuah penelitian, olahraga yang menghasilkan keringat terutama setelah 29 minggu kehamilan juga memiliki manfaat yang besar bagi bayi lho Moms.

" Menurut saya, apa pun yang kamu (ibu hamil) lakukan untukmu, kamu lakukan untuk bayi juga," kata Rebecca Scritchfield, ahli diet sekaligus spesialis kebugaran kesehatan bersertifikat ACSM yang berbasis di Washington, D.C.

2 dari 7 halaman

Manfaat Olahraga Bagi Bayi

Karena itu, olahraga pada trimester ketiga juga bermanfaat bagi si kecil, Moms. Lalu apa saja sih manfaatnya?

1. Mengurangi Lemak Tubuh

Dalam sebuah penelitian terhadap 826 ibu dan bayinya, para peneliti menemukan bahwa ibu yang berolahraga pada trimester ketiga cenderung melahirkan bayi dengan lemak tubuh lebih sedikit Moms.

Faktanya, wanita yang berolahraga lebih banyak pada trimester ketiga, melahirkan bayi dengan massa lemak 41,1 g lebih sedikit dibandingkan dengan wanita yang sedikit berolahraga.

3 dari 7 halaman

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

" Olahraga prenatal bisa mengurangi jumlah glukosa dan lemak yang disediakan ibu untuk bayinya, membantu mereka tumbuh lebih optimal," ucap Dana Dabelea, MD, PhD, profesor di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Colorado sekaligus penulis penelitian tersebut.

Selain itu, beberapa ahli juga percaya bahwa bayi yang lahir dengan berat badan yang sehat juga cenderung nggak mengalami obesitas di kemudian hari, Moms.

Bahkan, bila Moms nggak terlalu aktif berolahraga pada trimester pertama, tenang saja nggak ada kata terlambat kok Moms. Dokter Dabelea mengatakan bahwa trimester ketiga adalah saat sebagian besar jaringan lemak bayi berkembang, jadi saat itulah olahraga mungkin memiliki hasil terbesar dalam hal lemak tubuh bayi.

4 dari 7 halaman

2. Kesehatan Jantung yang Lebih Baik

Selain mengurangi lemak tubuh, olahraga selama kehamilan ternyata juga bermanfaat pada kesehatan jantung bayi lho Moms. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Kansas City University of Medicine and Biosciences di Missouri, para peneliti menemukan bukti bahwa aktivitas aerobik memengaruhi bayi dengan cara yang sama seperti membantu ibu mereka.

Meski memiliki tingkat aktivitas fisik yang berbeda, para peneliti menemukan bahwa janin dari wanita hamil yang berolahraga setidaknya 30 menit per hari dan tiga hari seminggu, memiliki detak jantung yang lebih rendah Moms (tanda kesehatan jantung).

5 dari 7 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil Lari © Diadona

Nah saat bayi perempuan berusia satu bulan dari responden itu diuji, mereka juga memiliki detak jantung yang lebih rendah serta variabilitas detak jantung yang lebih baik. Hal ini merupakan tanda bahwa sistem saraf mereka lebih baik dalam mengontrol jantung mereka, Moms.

" Jika hasil ini - bahwa olahraga menawarkan perlindungan kardiovaskular - didukung oleh penelitian lebih lanjut, hal itu tentunya bisa mendukung gagasan bahwa aktivitas kardiovaskular yang sehat selama kehamilan bisa menjadi awal terbaik untuk kesehatan bayi Anda di masa depan," terang Sheryl Ross, MD, seorang Ob-Gyn di Pusat Kesehatan Providence Saint John di Santa Monica, California.

6 dari 7 halaman

3. Membuat Otak Lebih Cerdas

Terakhir, otak yang lebih cerdas. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari University of Montreal menemukan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang berolahraga memiliki fungsi otak yang lebih matang dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang kurang aktif, Moms.

Meski begitu, para peneliti masih belum tahu Moms seberapa lama keunggulan perkembangan otak bayi yang dipengaruhi oleh olahraga selama kehamilan ini bisa bertahan dan saat ini masih dilakukan studi lebih lanjut.

Beri Komentar