Jangan Anggap Sepele, Kurang Tidur saat Hamil Bisa Sebabkan Masalah Ini lho Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 17 Juli 2020 11:30
Jangan Anggap Sepele, Kurang Tidur saat Hamil Bisa Sebabkan Masalah Ini lho Moms
Yuk simak bahayanya, Moms.

Masa kehamilan jadi hal yang membahagiakan ya tentunya bagi sebagian besar ibu. Meski begitu, selama masa kehamilan kita pastinya sedikit banyak jadi mengalami perubahan. Salah satunya tentang masalah tidur.

Selama kehamilan, ada saatnya ya Moms kita jadi susah tidur. Alhasil, kita jadi nggak memperoleh tidur yang cukup deh. Kurang tidur ini ternyata juga bisa sebabkan berbagai masalah lho Moms selama kehamilan. Apa aja masalahnya?

1 dari 5 halaman

Bahaya Kurang Tidur

Ilustrasi ibu hamil tidur dengan terlentang © Diadona

Melansir dari Psychology Today, para peneliti di University of Pittsburgh Medical Center menemukan hubungan antara kualitas dan kuantitas tidur ibu hamil dan komplikasi saat lahir, termasuk berat lahir rendah dan kelahiran prematur.

Nah, hal ini tampaknya ada gangguan pada fungsi sistem kekebalan tubuh Moms, yang disebabkan oleh kurang tidur dan kualitas tidur rendah.

2 dari 5 halaman

Selain komplikasi kelahiran, kurang tidur pada ibu hamil bisa sebabkan depresi lho Moms. Depresi dan kurang tidur ini bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami komplikasi, termasuk juga bayi lahir secara prematur.

Ibu hamil memang lebih berisiko mengalami gangguan tidur dan insomnia. Dalam jajak pendapat National Sleep Foundation, 78% wanita melaporkan mengalami lebih banyak gangguan tidur selama kehamilan daripada saat nggak hamil.

Selain itu, sebuah studi menunjukkan wanita pada trimester ketiga yang tidur kurang dari 6 jam per malam berisiko memiliki tingkat operasi caesar 4,5 kali lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidur setidaknya 7 jam per malam.

3 dari 5 halaman

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan sulit tidur selama kehamilan?

1. Perubahan Hormon

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Kehamilan bisa dikatakan sebagai masa dari banyak perubahan hormon Moms, yang mengubah siklus dan bisa mengganggu tidur. Peningkatan kadar progesteron bisa menyebabkan perubahan pernapasan yang mengganggu tidur dan juga lebih banyak mengalami kantuk di siang hari.

Hal ini membuat ibu hamil jadi sulit tidur di malam hari. Tingkat estrogen yang nggak naik-turun juga menyebabkan perubahan fisiologis yang mengganggu tidur, Moms.

 

4 dari 5 halaman

2. Rasa Sakit dan Perasaan Nggak Nyaman

Nyeri punggung bagian bawah, mual, mulas, dan ketidaknyamanan fisik lainnya seringkali bisa mengganggu tidur kita. Harus terbangun karena sering ke kamar mandi sepanjang malam juga jadi penyebab umum lainnya Moms kenapa waktu tidur kita jadi terganggu.

3. Gelisah

Kehamilan bisa jadi masa-masa yang membahagiakan sekaligus kecemasan. Sering kali ibu hamil juga mengalami berbagai kecemasan tentang kehamilan itu sendiri Moms, disamping juga kecemasan kedatangan sang buah hati. Nah, rasa cemas ini yang membuat kita jadi sulit tidur.

Beri Komentar