Benarkah Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat Dibanding yang Pertama?

Reporter : Devi Puspitasari
Minggu, 18 Oktober 2020 06:30
Benarkah Proses Persalinan Anak Kedua Lebih Cepat Dibanding yang Pertama?
Banyk orang yang mengatakan bila persalinan pada kehamilan kedua lebih singkat, kira-kira bagaimana ya faktanya?

Saat menantikan kelahiran buah hati, tentu perasaan ibu hamil akan terasa campur aduk ya Moms. Mulai dari bahagia, khawatir hingga takut selama proses persalinan. Meskipun hal ini mungkin bukan jadi kehamilan pertama Moms.

Berbicara soal proses persalinan dan kehamilan kedua, nggak sedikit orang yang mengatakan bila pada kehamilan kedua proses melahirkan akan cenderung lebih singkat. Kira-kira hal ini benar nggak ya?

1 dari 5 halaman

Persalinan pada Kehamilan Kedua Lebih Cepat?

ilustrasi melahirkanilustrasi melahirkan © freepik.com

Melansir dari laman Mom, sebagian besar wanita yang pernah melahirkan secara normal nyatanya persalinan pada kehamilan kedua cenderung lebih singkat Moms.

Tapi tentu saja, hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti apakah persalinan Moms menggunakan metode caesar pada kehamilan pertama dan jarak kehamilan kedua.

Selain itu, kadang bayi juga bisa lebih besar Moms pada kehamilan kedua yang bisa menyebabkan proses persalinan cenderung lebih lama. Sementara itu, di sisi lain kadang persalinan kedua bisa berlangsung lebih cepat Moms.

2 dari 5 halaman

Ibu Hamil dan AnakIbu Hamil dan Anak © Shutterstock

Penelitian dalam kasus ini mengungkap sebuah teori bahwa wanita yang pernah melahirkan sebelumnya akan mengalami proses persalinan yang lebih lebih singkat di kehamilan kedua.

Sebuah studi menemukan bahwa adanya perbedaan salah satunya wanita yang pernah melahirkan setidaknya sekali, ia akan cenderung melahirkan lebih cepat daripada wanita yang belum pernah melahirkan sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Faktor Usia Juga Berpengaruh

ilustrasi melahirkanilustrasi melahirkan © thousanddays.org

Nggak hanya faktor kehamilan pertama dan kedua Moms, nyatanya usia juga berpengaruh. Penelitian lainnya mengungkap bahwa semakin tua usia wanita, semakin pendek juga kemungkinan proses persalinannya.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa ketika seorang wanita mendekati usia 40 tahun, waktu persalinannya juga ikut menurun, baik sudah sudah melahirkan sebelumnya atau belum.

4 dari 5 halaman

Wanita pada kelompok usia 30 sampai 40 tahun dan setidaknya sudah pernah melahirkan sekali, memiliki proses persalinan terpendek dibanding kelompok lainnya Moms.

Jadi, bila Moms saat ini sedang menantikan kelahiran buah hati yang kedua, kemungkinan besar proses persalinan Moms akan sedikit lebih singkat dari sebelumnya.

Beri Komentar