Kenapa sih Ibu Hamil Rentan Alami Anemia?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 14 Januari 2021 06:30
Kenapa sih Ibu Hamil Rentan Alami Anemia?
Simak ulasannya di sini yuk, Moms.

Perubahan tubuh selama kehamilan tentu saja membawa dampak signifikan pada kondisi ibu. Salah satunya, ibu hamil yang rentan alami anemia.

Yup, anemia memang jadi salah satu masalah yang umum dialami oleh ibu hamil. Bisa jadi Moms salah satunya. Tapi sebenarnya, apa sih penyebab ibu hamil rentan alami anemia? Berikut Diadona sajikan ulasannya.

1 dari 4 halaman

Kenapa Ibu Hamil Rentan Alami Anemia?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Dikutip dari webmd.com, selama kehamilan tubuh menghasilkan lebih banyak darah Moms untuk mendukung pertumbuhan bayi. Nah, bila Moms nggak mendapat cukup zat besi atau nutrisi tertentu lainnya, tubuh ibu mungkin nggak dapat menghasilkan jumlah sel darah merah yang dibutuhkan untuk membentuk tambahan jumlah darah ini.

Karena kondisi inilah ibu hamil jadi rentan alami anemia. Anemia sendiri terutama anemia ringan memang sangat normal dialami ibu selama kehamilan. Tapi, nggak menutup kemungkinan juga Moms bakal mengalami anemia yang lebih parah karena kadar zat besi atau vitamin yang rendah atau alasan lainnya.

2 dari 4 halaman

Anemia sendiri bisa membuat ibu hamil jadi lelah dan lemah. Bila hal ini nggak segera ditangani, bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan serius seperti persalinan prematur salah satunya.

Selain itu, kehilangan darah selama dan setelah melahirkan juga bisa menyebabkan ibu menderita anemia lho Moms. Meski semua ibu hamil berisiko mengalami anemia, kondisi tertentu seperti hamil bayi kembar, morning sickness yang parah, dan sudah menderita anemia sebelum hamil bisa meningkatkan risiko ibu mengalami kondisi ini.

3 dari 4 halaman

Apa Saja sih Gejala Anemia pada Ibu Hamil?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Gejala umum anemia yang biasanya dialami ibu hamil antara lain merasa cepat lelah, kulit pucat, sesak napas, detak jantung lebih cepat, pusing, dan sulit berkonsentrasi.

Pada tahap awal anemia, mungkin Moms nggak mengalami gejala yang cukup jelas. Pasalnya, banyak juga gejala yang mungkin Moms alami selama kehamilan meski Moms nggak sedang menderita anemia. Karena itu, sebaiknya Moms melakukan tes darah secara rutin ya agar tahu apakah Moms menderita anemia atau nggak.

Beri Komentar