Kaya Manfaat, Sebenarnya Kapan sih Waktu yang Tepat Bagi Ibu Hamil untuk Mulai Berolahraga?

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 23 September 2020 09:30
Kaya Manfaat, Sebenarnya Kapan sih Waktu yang Tepat Bagi Ibu Hamil untuk Mulai Berolahraga?
Kapan ya kira-kira Moms?

Olahraga memang membawa banyak manfaat ya Moms, tak terkecuali bagi ibu hamil. Meski hamil, bukan berarti Moms nggak bisa berolahraga lho. Kadang, nggak sedikit nih ibu hamil yang masih ragu untuk olahraga karena khawatir akan mempengaruhi kehamilan.

Tapi justru sebaliknya lho Moms. Dengan olahraga yang tepat bisa membawa dampak positif bagi Moms dan calon buah hati. Kalau begitu, kapan sih kira-kira waktu yang tepat untuk mulai berolahraga saat hamil?

1 dari 5 halaman

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Sebenarnya, semua ini tergantung dengan kondisi ibu hamil, Moms.

Dikutip dari Guardian, meski olahraga membawa banyak manfaat bagi ibu hamil, tetap Moms nggak boleh mengesampingkan risiko yang mungkin terjadi. Untuk itu, Moms sebaiknya harus mendapat izin dokter lebih dulu sebelum memulai aktivitas satu ini.

Olahraga ini juga bisa berisiko tinggi Moms terutama bagi ibu yang pernah mengalami keguguran sebelumnya. Karena itu, penting bagi ibu untuk memahami kondisi tubuh.

2 dari 5 halaman

Waktu yang Tepat Bagi Ibu Hamil untuk Berolahraga

Bila Moms mengalami trimester pertama yang berat, Moms mungkin ingin berkonsentrasi memulihkan diri lebih dulu sebelum melakukan aktivitas fisik tambahan. Karena itu, waktu terbaik memulai olahraga yakni setelah menyadari kehamilan. Dalam masa ini, tubuh Moms akan terbiasa untuk menciptakan lingkungan terbaik bagi ibu dan calon bayi.

Nah, bagi Moms yang mengalami trimester pertama yang berat, trimester kedua ini jadi waktu yang pas untuk memulai rutinitas olahraga. Biasanya, di trimester ini Moms sudah mulai cukup kuat dan morning sickness sudah mulai berkurang.

3 dari 5 halaman

Lalu, apa sih olahraga yang aman bagi ibu di trimester pertama?

Bila Moms ingin mulai berolahraga di trimester awal kehamilan, ada beberapa olahraga yang bisa Moms coba. Apa saja itu? Berikut beberapa olahraganya yang dilansir dari Halodoc.

1. Yoga

Ilustrasi ibu hamil olahraga © Diadona

Yoga ini jadi salah satu olahraga yang cocok dilakukan ibu hamil di trimester awal. Banyak manfaat yang bisa Moms peroleh dari yoga diantaranya meningkatkan keseimbangan dan kekuatan tubuh, mengajarkan teknik pernapasan, mengurangi tekanan darah, dan masih banyak lagi lainnya. Bila Moms tertarik mencoba Moms, cukup lakukan selama 30 menit setiap minggunya.

4 dari 5 halaman

2. Jalan Santai

Bila Moms nggak ingin olahraga yang berat, berjalan ini bisa jadi alternatif menarik yang bisa Moms coba. Dengan berjalan santai, Moms bisa membakar kalori akibat pertambahan berat badan tanpa harus melakukan kegiatan fisik yang berat.

Pilih rute yang mudah dan nggak terlalu jauh ya Moms. Bila Moms merasa lelah, sebaiknya beristirahat sejenak dan nggak memaksakan diri.

3. Aerobik Ringan

Aerobik juga memiliki sederet manfaat bagi ibu hamil yang nggak bisa diremehkan. Mulai dari mencegah ambeien, menyehatkan jantung sampai meningkatkan kadar oksigend alam tubuh. Tapi sebelum Moms melakukan aerobik ringan, Moms lebih dulu perlu berkonsultasi dengan dokter agar tetap aman bagi Moms dan janin.

Beri Komentar