Hamil di Umur 35 Tahun ke Atas, Ini yang Wajib Ibu Tahu

Reporter : Prisma Difta
Senin, 18 Oktober 2021 16:32
Hamil di Umur 35 Tahun ke Atas, Ini yang Wajib Ibu Tahu
Simak yuk moms

Kita tahu bahwa hamil di usia 35 tahun keatas memiliki faktor resiko yang tinggi menurut berbagai sumber. Diusia yang sudah tak lagi muda tersebut, banyak ibu yang ingin mengandung dengan kondisi yang nyaan tanpa ketakutan akan resiko melahirkan.

Namun, Mama tetap perlu menyadari usaha untuk hamil di atas usia 35 tahun tidak selalu mudah. Intip yuk!

1 dari 3 halaman

Peluang Hamil

Memang benar bahwa wanita masih bia mengandung hingga usianya 40 tahun, namun, ternyata peluang bahwa wanita berusia 35 tahun hingga 39 tahun hamil hanyalah 30 persen saja.

Bandingkan dengan mereka yang berusia 19-26 tahun (50%) dan 27-34 tahun (40%). Temuan itu didapat dari hasil studi pengukuran tingkat kehamilan bagi perempuan yang melakukan hubungan intim pada masa subur (Dunson dkk, 2004).

Sebenarnya dalam studi diatas tersebut tingkat ibu mengalami keguguran tidak diukur, namun semakin bertambahnya usia, resiko keguguran juga akan semakin meningkat

 

2 dari 3 halaman

Usia Pasangan

Studi mengatakan bahwa jika usia suami lebih tua 5 tahun dari usia istri yang berumur 35, mereka akan memiliki peluang kehamilan yang lebih kecil dari usia yang lebih muda.

Hal ini dijelaskan dalam penelitian Leridon (2004). Perempuan usia 35-39 tahun dengan pasangan berusia sama, memiliki tingkat konsepsi sebesar 29 persen.

Diketahui jika suami memiliki umur 5 tahun lebih tua dari sang istri yang memiliki usia 35 tahun, hal ini juga akan mengurangi peluang kehamilan. Point penting disini yang harus digaris bawahi adalah selain umur istri, umur sang suami juga berpengaruh dalam kehamilan.

 

Beri Komentar