Moms Wajib Tahu, Begini Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Benar!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 30 Agustus 2021 16:57
Moms Wajib Tahu, Begini Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir yang Benar!
Jangan sampai salah posisi ya, Moms.

Seperti yang diketahui, memberikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama kehidupan Si Kecil itu penting. Meski begitu, bagi Moms baru, saat-saat awal menyusui bayi mungkin akan sedikit menyulitkan.

Karena itu, Moms perlu mengetahui posisi-posisi menyusui yang benar sehingga proses menyusui menjadi lebih nyaman sehingga bisa terbentuk bonding yang baik.

1 dari 4 halaman

Belajar Menyusui Bayi Baru Lahir

Selain memberikan rasa nyaman pada bayi, posisi menyusui yang benar akan menghindari Moms dari rasa sakit, berupa puting lecet atau payudara bengkak.

Menurut Mary Renfrew dalam Journal of Human Lactation, dikatakan bahwa belajar menyusui diibaratkan seperti ibu dan bayi yang sedang belajar menari.

Hal pertama yang sebaiknya Moms perhatikan, adalah belajar mengenali isyarat menyusu pada bayi dengan lebih awal, sehingga Moms punya waktu untuk mendapatkan posisi yang baik sebelum si kecil sangat haus atau lapar dan ingin menyusu.

2 dari 4 halaman

Isyarat Bayi Ingin Menyusu

Ilustrasi Ibu MenyusuiIlustrasi Ibu Menyusui © shutterstock

Isyarat atau tanda-tanda yang menunjukkan bayi merasa ingin menyusu, antara lain; bayi membuka mulutnya, menggerakkan kepalanya dari sisi ke sisi atau juga dikenal sebagai refleks rooting, mengisap tangan dan jari.

Jadi, jangan menunggu si kecil sampai menangis dulu ya, Moms!

3 dari 4 halaman

Tips Posisi Menyusui Bayi Baru Lahir

Mengutip La Leche League International, berikut tips mencari posisi menyusui bayi baru lahir:

  • Posisikan diri dengan nyaman, gunakan sandaran punggung berupa bantal yang menopang lengan dan bayi.
  • Posisikan bayi di dekat Moms, dengan pinggul tertekuk, sehingga ia tidak perlu menoleh untuk meraih payudara.
  • Pastikan mulut dan hidung bayi menghadap puting susu.
  • Tubuhnya harus sangat dekat sehingga bayi benar-benar menyentuh Moms.
  • Sangga payudara agar tidak menekan dagu bayi.
  • Dagu dan hidung bayi harus menyentuh payudara.
  • Pasangkan atau tempelkan bayi ke payudara, dorong dia untuk membuka mulutnya lebar-lebar dan menariknya mendekat dengan menopang punggungnya (bukan bagian belakang kepalanya) sehingga dagunya menyentuh payudara terlebih dahulu.
  • Tangan Moms berfungsi untuk membentuk " leher kedua" bayi, jadi tubuh mereka aman.

4 dari 4 halaman

Posisi Menyusui Baru Lahir yang Benar

Menurut Konselor Laktasi dr. Nia Wulan Sari dari RS Pondok Indah - Bintaro Jaya, Moms bisa memilih mana posisi menyusui bayi baru lahir yang paling nyaman.

  • Cradle Position
    Pada posisi ini kepala bayi akan berada di antara lekukan salah satu lengan ibu, seperti saat menimang bayi. Pastikan Moms dan Si Kecil bersentuhan dari dada ke dada.
  • Cross Cradle Position
    Posisi ini berlawanan dengan posisi cradle hold. Ketika menyusui menggunakan payudara kanan, maka ibu menggunakan tangan kiri untuk menopang bayi.
  • Football Hold
    Posisi menyusui ini dilakukan dengan mengapit bayi pada sisi tubuh ibu, tepatnya di bawah lengan. Sisi yang digunakan sama dengan sisi payudara untuk menyusui. Posisi ini cocok untuk bayi dengan berat badan lahir rendah, atau bayi yang mengalami kesulitan mengunci dengan pas saat menyusui.
  • Side Lying Position
    Seperti namanya, posisi bisa dilakukan saat Moms merasa lelah atau menjelang tidur. Moms yang berbaring miring dan menghadap ke arah bayi, posisikan mulut bayi sejajar dengan puting. Moms dapat menggunakan bantal untuk sandaran punggung dan leher.
  • Laid Back Position
    Posisi ini dilakukan dengan bayi dalam posisi bayi tengkurap dan menyender di dada sambil mengangkang. Sementara, Moms berposisi duduk tegak atau dalam posisi craddle.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya Moms!

Beri Komentar