Benar Nggak sih Hamil Buat Wanita Lebih Rentan Alami Mabuk Perjalanan?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 22 Oktober 2020 06:30
Benar Nggak sih Hamil Buat Wanita Lebih Rentan Alami Mabuk Perjalanan?
Ibu hamil dipercaya lebih rentan alami mabuk perjalanan.

Liburan memang jadi salah satu aktivitas yang menyenangkan dan digemari banyak orang. Selain bisa berkunjung ke tempat menarik, liburan juga bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi stres setelah berbagai masalah maupun pekerjaan yang menumpuk.

Meski begitu, ada satu masalah umum yang sering ditemui banyak orang termasuk ibu hamil saat liburan. Yup, mabuk perjalanan. Biasanya, nggak sedikit orang mengalami mabuk perjalanan saat naik mobil, pesawat, bahkan kapal laut.

Tapi benar nggak sih bila ibu hamil lebin rentan mengalami mabuk perjalanan? Langsung saja yuk Moms kita cari tahu jawabannya di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Ibu Hamil Lebih Rentan Alami Mabuk?

Ilustrasi ibu hamil mabuk perjalanan © Diadona

Melansir dari Baby Center, hal ini sebenarnya tergantung pada kondisi setiap wanita, Moms. Bila sebelum hamil Moms sudah sering mabuk perjalanan, berarti Moms juga bakal mudah mengalami mabuk selama perjalanan dibanding ibu hamil lainnya begitu juga sebaliknya.

Tapi bila Moms sering merasa mual, tapi hanya muntah saat bepergian, Moms mungkin mengalami kombinasi mabuk perjalanan dan morning sickness yang memang sering dialami oleh ibu hamil.

2 dari 4 halaman

Kapan sih Waktu Ideal Bagi Ibu Hamil untuk Bepergian?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari The American College of Ob-Gyn, waktu ideal bagi ibu hamil untuk bepergian yakni pada pertengahan kehamilan Moms atau sekitar minggu ke 14 sampai 28 kehamilan.

Selama minggu-minggu ini, energi Moms sudah kembali dan morning sickness cenderung sudah membaik atau bahkan menghilang. Karena itu Moms bisa bepergian dengan lebih mudah.

Bila lewat 28 minggu, mungkin Moms bakal lebih sulit untuk bergerak atau duduk dalam waktu lama karena perut yang sudah membesar.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil mabuk perjalanan © Diadona

Mabuk perjalanan sendiri memang jadi masalah yang umum dan sering dialami banyak orang selama bepergian baik dengan mobil, pesawat atau kapal. Hal ini terjadi karena sistem indra keseimbangan tubuh kita mengirim pesan yang saling bertentangan ke otak.

Misalnya, bila telinga bagian dalam kita merasakan adanya gerakan tapi mata kita tidak, hal ini bisa berakibat kita mengalami rasa mual Moms. Kalau begitu, gimana sih cara mencegah mabuk perjalanan saat di mobil selama kehamilan?

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Mabuk Perjalanan

Tipsnya, Moms bisa memilih tempat duduk di bagian depan, buka jendela untuk memperoleh udara segar dan fokus pada pemandangan di luar. Selain itu, mengonsumsi camilan ringan dan nggak berminyak juga bisa membangtu meredakan mual Moms. Hindari juga makan makanan berat dan dalam porsi yang banyak sebelum bepergian.

Bila mual dan muntah terus menganggu, Moms bisa menanyakan obat yang aman dan tepat bagi ibu hamil pada dokter. Semoga bermanfaat ya, Moms.

Beri Komentar