9 Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan, Sudahkah Ada Perubahan pada Perut Wanita?

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Selasa, 16 Maret 2021 14:38
9 Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan, Sudahkah Ada Perubahan pada Perut Wanita?
Ciri-ciri hamil 1 bulan kebanyakan sih menyerupai tanda menstruasi akan datang.

Ciri-ciri hamil satu bulan umumnya masih belum terlihat secara fisik, meski ada beberapa perubahan dalam tubuh. Atau bisa juga nih satu-satunya tanda kehamilan yang ada hanyalah ketiadaan menstruasi.

Hamil 1 bulan bukan berarti janin berumur satu bulan lho, melainkan lebih muda dari itu. Yang dimaksud dengan hamil satu bulan yaitu satu bulan setelah haid terakhir. Yup, kehamilan dikur dari hari pertama haid terakhir. Informasi ini nih yang banyak orang nggak ngerti dan kadang bikin pikiran tentang hamil duluan karena umur kehamilan yang lebih tua ketimbang tanggal pernikahan, misalnya.

Intinya nih bila dokter menyatakan bahwa seorang perempuan sedang berada di kehamilan 1 bulan, bukan berarti pembuahan terjadi satu bulan yang lalu melainkan sekitar 14 hari. Jadi kalau misalnya ada pasangan yang baru menikah tiga minggu tapi sudah hamil satu bulan, jangan suudzon dulu deh!

1 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Orang Hamil 1 Bulan

Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan © Diadona

Melansir Pampers, saat hamil satu bulan, seorang perempuan mungkin nggak mengalami banyak atau bahkan nggak merasakan gejala kehamilan sama sekali. Bila muncul, ciri-ciri hamil 1 bulan biasanya berupa:

Nggak Menstruasi

Kalau seorang perempuan punya siklus menstruasi yang teratur lalu tiba-tiba nggak menstruasi selama satu kali, bisa dikatakan bahwa ini adalah ciri-ciri hamil 1 bulan yang paling jelas.

Perubahan Mood

Saat hamil, terjadi peningkatan kadar hormon secara dramatis yang membuat perempuan jadi merasa lebih emosional ketimbang biasanya. Emosional ini juga mencangkup perubahan suasana hati mulai dari rasa cemas, lelah, atau bahagia.

Kram

Sebagian ibu hamil muda ini bakalan ngerasaikn kram ringan yang mirip dengan kram menstruasi. Kalau sakit dan terasa mulai mengganggu, silahkan menghubungi dokter untuk resep obat yang aman bagi kondisi ibu.

Kecapekan

Perempuan yang hamil muda nggak boleh kecapekan. Apalagi secara alami dalam tubuh, mereka juga bakalan ngerasa lebih gampang capek yang kemungkinan akibat hormon progesteron.

Nyeri Payudara

Di fase ini, payudara perempuan mungkin akan terasa nyeri bahkan sakit. Tpai tenang aja, ciri-ciri hamil 1 bulan ini bakalan mereda seiring waktu karena tubuh udah mulai terbiasa dengan perubahan hormon yang terjadi.

Perut Kembung

Perut kembung sebagai ciri-ciri hamil 1 bulan ini nggak ada kaitannya dengan perkembangan janin dalam perut kok, tapi lebih karena lonjakan hormon kehamilan.

Sering Buang Air Kecil

Ciri-ciri hamil 1 bulan ini muncul karena jumlah darah dalam tubuh yang meningkat. Akibatnya, ginjal kudu bekerja lembur untuk memproses cairan ekstra dan pada akhirnya memenuhi kandung kemih.

Beberapa ciri-ciri hamil 1 bulan mungkin akan hilang seiring waktu, tapi tidak dengan kondisi yang satu ini. Tapi, jangan batasi konsumsi cairan ya!

Bercak Darah

Sama halnya seperti kram perut kayak mau mens, ciri-ciri hamil 1 bulan juga berupa kemungkinan keluarnya becak merah muda atau coklat yang bikin panik. Kondisi ini mungkin saja dikira sebagai menstruasi atau keguguran. Eh, jangan panik dulu ya, nggak apa-apa kok!

Bercak ini bisa jadi merupakan akibat dari proses implantasi , peningkatan hormon, iritasi serviks, atau kram rahim. Baca artikel berikut untuk tahu apa bedanya bercak kehamilan dengan menstruasi.

Belum ada Mual

Yang kebanyakan orang tahu adalah hamil muda identik dengan mual atau muntah. Tapi menurut Healthline, ini belum jaid ciri0ciri hamil 1 bulan lho. Mual biasanya bru muncul di usia 6 minggu kehamilan dan mencapai puncaknya di umum 8 sampai 9 minggu.

2 dari 3 halaman

Ciri Wanita Hamil 1 Bulan

Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan © Diadona

Secara fisik, wanita yang sedang hamil satu bulan umumnya masih belum mengalami perubahan yang signifikan. Sementara di dalam tubuhnya, bayi sedang bekerja keras untuk berkembang dari sel telur yang telah dibuahi penuh dengan sel yang berkembang biak menjadi embrio. Fase embrio ini bakalan bertahan sampai usia dua bulan dan resmi menjadi janin.

Di usia kehamilan 1 bulan, bayi masih berukuran sekitar 6-7 mm, tapi mulai tumbuh dengan cepat dan sistem organnya sudah mulai terbentuk. Termasuk juga plasenta dan tali pusat yang bertugas untuk memberi makan bayi, sudah mulai terdefinisi.

Di fase ini, ibu hamil kudu mulai mempersiapkan tubuh untuk kehamilan dan persalinan dengan memperhatikan kesehatan dan nutrisi secara keseluruhan. Contohnya nih dengan konsumsi vitamin dan makanan penuh gizi.

3 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Perut Hamil 1 Bulan

Ciri-Ciri Hamil 1 Bulan © Diadona

Beberapa ibu mulai ngerasa ada perubahan berupa benjolan perut yang makin tampak saat sedang mengenakan celana jeans. Tapi, ini nyata atau enggak sih?

Hmm, bisa jadi iya atau tidak. Lho?

Ciri-ciri hamil 1 minggu mungkin aja berupa perut yang sedikit bengkak, tapi itu bukan bayi atau ukuran rahim. Yup, rahim memang mulai membesar tapi masih cukup keci.

Perut yang membesar ini kemungkinan karena perut yang agak kembung. Dan tahu nggak sih kalau bengkak di perut ini juga mungkin muncul sebelum emnstruasi akibat peningkatan progesteron (dan sekumpulan hormon reproduksi lainnya) yang terjadi saat pembuahan.

Beda ceritanya kalau ini bukan kehamilan yang pertama. Perut yang membengkak sebagai ciri-ciri hamil 1 bulan ini terjadi karena otot perut melemah akibat kehamilan sebelumnya, dan perut sedang bersiap buat kehamilan selanjutnya.

Ciri-ciri hamil 1 bulan mungkin tak terlalu terasa, padahal di fase ini penting banget untuk mencukup kebutuhan ibu dan bayi. Jadi bila kamu melakukan hubungan seksual tanpa pengaman dan mengalami keterlambatan menstruasi, segera pastikan dengan alat tes kehamilan ya!

Beri Komentar