Gak Boleh Asal, Ini Tips Merawat Jahitan Pasca Melahirkan!

Reporter : Mila
Rabu, 3 Maret 2021 13:57
Gak Boleh Asal, Ini Tips Merawat Jahitan Pasca Melahirkan!
Perlu perawatan khusus, Moms!

Proses persalinan membutuhkan pemulihan yang tidak sebentar. Setelah persalinan, biasanya Moms akan merasakan bengkak, nyeri, serta perih pada bagian vagina dan perineum. Rasa bengkak dan nyeri tersebut berasal dari jahitan vagina saat bersalin. Luka robekan pada vagina saat persalinan membutuhkan perawatan ekstra untuk menghindari infeksi.

Meskipun mengurus bayi memang membuat Moms sangat sibuk. Tapi, bukan berarti Moms mengabaikan kesehatan dan perawatan diri sendiri.

 

Lantas gimana sih cara merawat jahitan pasca melahirkan agar cepat sembuh? Simak artikelnya di bawah ya!

1 dari 4 halaman

Istirahat yang Cukup

Untuk memulihkan luka dan rasa letih setelah persalinan, yang paling basic adalah istirahat yang cukup. Istirahat di sini bukan berarti Moms gak boleh bergerak dengan leluasa, hanya saja Moms wajib menghindari beberapa aktivitas yang berlebihan dan memperoleh tidur yang cukup.

Sangat disarankan untuk tetap bergerak, duduk, berjalan, hingga mengurus bayi dengan tujuan mempercepat proses penyembuhan robekan tersebut.

2 dari 4 halaman

Menggunakan WC Duduk

Sangat disarankan Moms menggunakan WC duduk ketika buang air kecil ataupun besar. Kenapa? Karena pakai WC jongkok bisa membuat tekanan yang sangat tinggi pada daerah jalan lahir hingga daerah jahitan yang akan menimbulkan rasa sakit, nyeri bahkan ketegangan sehingga memperlama proses penyembuhan.

3 dari 4 halaman

Mengonsumsi Protein

Disarankan mengonsumsi makan berprotein seperti telur, daging, dan ikan, karena bisa membantu Moms mempercepat penyembuhan luka bekas jahitan dan pastinya sangat dibutuhkan selama masa menyusui. 

4 dari 4 halaman

Menggunakan Cairan Antiseptik

Sangat disarankan untuk menambahkan cairan antiseptik ke dalam air hangat, lalu siram ke sekitar jahitan secara perlahan. Air hangat bisa meringankan nyeri hingga sakit sedangkan cairan antiseptik bisa membunuh kuman.

Semoga bekas jahitan Moms bisa segera sembuh ya!

Beri Komentar