6 Masalah yang Biasa Dihadapi Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Reporter : Audila Rima Ndani
Senin, 8 Juni 2020 17:37
6 Masalah yang Biasa Dihadapi Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya
Tahu duluan bisa bantu kita biar nggak kaget saat mengalaminya, Moms!

Pengalaman hamil pertama kali pasti menjadi sebuah momen yang membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi kita. Banyak hal yang pastinya belum kita ketahui tentang bagaimana menjaga kandungan selama masa kehamilan.

Nggak jarang perubahan yang dialami tubuh pun bikin kita terkejut dan kebingungan. Beberapa masalah kehamilan pun datang silih berganti dan bikin kita kesal sendiri.

Jika kamu lagi mempersiapkan diri untuk hamil atau baru tahu kalau lagi hamil, beberapa informasi masalah umum yang biasa dialami wanita hamil ini bisa membantu kamu untuk menyiapkan diri sebelum menghadapinya. Meskipun setiap ibu hamil bisa mengalami masalah yang berbeda-beda tapi nggak ada salahnya kan mengetahuinya lebih awal?

Dilansir dan Allwomenstalk, berikut beberapa masalah yang biasa dihadapi ibu hamil dan cara mengatasinya.

1 dari 6 halaman

Mual

Ilustrasi Mual Saat Hamil © Diadona

Mual menjadi hal umum yang biasa terjadi pada ibu hamil. Beberapa dari mereka mungkin sangat beruntung untuk nggak mengalami hal ini. Tapi jika kamu mengalaminya, kamu bisa mencoba minuman jahe untuk menenangkan perut. Selain itu makan biskuit di pagi hari untuk menyerap asam lambung juga bisa dilakukan untuk mencegah mual.

2 dari 6 halaman

Pembengkakan

Saat hamil cairan tubuh kita akan meningkat lebih dari 50%. Kita membutuhkan volume darah yang cukup untuk mendukung tubuh dan bayi dalam kandungan. Selain itu, cairan ketuban dan air tambahan juga diperlukan agar kita dan janin tetap terhidrasi.

Makanya pembengkakan tubuh adalah hal yang pasti terjadi. Untuk mengatasinya kita bisa menyiapkan pakaian dan sepatu yang longgar dan nyaman untuk kita pakai. Jangan lupa untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan yang disarankan agar kita dan bayi tetap dalam kondisi sehat.

3 dari 6 halaman

Wasir

Ilustrasi Sakit Perut © Diadona

Salah satu masalah yang membuat kita nggak nyaman saat hamil adalah wasir. Nggak banyak yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya, tapi kita bisa melakukan beberapa hal untuk meringankannya.

Minum air agar tetap terhidrasi merupakan salah satu cara meringankan rasa nggak nyaman saat wasir. Selain itu kita juga harus memenuhi kebutuhan serat agar buan air besar lebih mudah.

4 dari 6 halaman

Mudah lelah

Saat hamil tubuh akan lebih mudah lelah karena bayi sedang tumbuh dalam tubuh kita. Saat kita merasa lelah sebaiknya kita duduk dan beristirahat yang cukup. Jangan membebani diri dengan pekerjaan yang dapat membuat lelah dan stres selama kehamilan. Istirahat yang cukup sangat penting untuk membuat tubuh kita merasa lebih baik.

5 dari 6 halaman

Sakit kepala

Ilustrasi Sakit Kepala © Diadona

Sakit kepala rasanya sudah jadi langganan para ibu hamil nih. Jika kita sering mengalaminya, kuncinya adalah dengan menjaga tubuh agar selalu terhidrasi. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh dan beristirahat dengan cukup. Jika sakit kepala berlanjut dan parah, segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

6 dari 6 halaman

Mood swing

Emosi yang naik turun nggak hanya mempengaruhi kita tapi juga orang di sekitar. Tapi sayangnya nggak ada yang bisa kita lakukan menstabilkan emosi selama masa kehamilan.

Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan menghindari hal yang bisa menyebabkan stres. Ingat masa mood swing hanya sementara dan akan berlalu setelah bayi lahir.

Semoga informasi ini bisa membantu kamu ya!

Beri Komentar