Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Bobot Janin agar Tetap Normal

Reporter : Riza Umami
Senin, 8 Juni 2020 09:17
Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Jaga Bobot Janin agar Tetap Normal
Cara untuk jaga bobot janin.

Beberapa hal penting untuk diperhatikan selama masa kehamilan, salah satunya yaitu berat janin. Tentu Mom tak ingin sampai si kecil memiliki berat badan lahir rendah (BBLR).

Situasi tersebut biasanya terjadi bila bayi lahir dengan berat badan di bawah 2,5 kilogram. Bahkan ada pula bayi yang lahir dengan berat badan di bawah 1,5 kilogram yang masuk ke dalam kategori sangat rendah.

1 dari 2 halaman

Namun, tak perlu terlalu khawatir karena ada beberapa cara yang bisa Mom lakukan unruk menambah berat badan janin ini. Dilansir dari laman ruangmom.com, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan asupan protein.

Protein ini adalah salah satu elemen yang penting untuk perkembangan si kecil di dalam perut ibu. Perbanyak mengonsumsi makanan yang banyak mengandung protein seperti daging, susu, kacang-kacangan dan sumber protein lainnya.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya yaitu dengan menambah asupan asam folat di dalam tubuh. Zat ini diyakini mampu mengurangi risiko bayi lahir dengan kondisi yang cacat. Selain itu, asam folat ini akan sangat membantu untuk perkembangan otak si kecil. Beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat yaitu bayam, alpukat dan juga ikan salmon.

Hal lain yang juga bisa dilakukan yaitu dengan minum air yang banyak. Ibu hamil perlu memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuhnya. Selain itu, minum air yang cukup ini juga akan membantu ibu untuk menjaga bobot si kecil di dalam kandungan agar tak sampai beratnya terlalu rendah.

Itulah beberapa cara yang bisa ibu lakukan agar berat si kecil normal dan terus sehat di dalam kandungan. Semoga sehat selalu ibu dan si kecil sampai nanti proses persalinan.

Beri Komentar