5 Jenis Terapi Kesuburan Agar Cepat Hamil, Catat ya Moms!

Reporter : Mila Ismiranda
Senin, 27 September 2021 11:57
5 Jenis Terapi Kesuburan Agar Cepat Hamil, Catat ya Moms!
Peluang hamil akan lebih besar.

Ada beberapa hal yang menyebabkan pasangan suami-istri sulit mendapatkan momongan, seperti stres, pola hidup tidak sehat, kelebihan atau kekurangan berat badan, usia yang terlalu matang untuk hamil, hingga masalah kesehatan tertentu.

Nah, salah satu cara untuk membantu pasangan agar bisa memiliki keturunan adalah dengan terapi kesuburan. Terapi kesuburan ini bisa dilakukan dengan pemberian obat-obatan hingga langkah operasi untuk mengatasi masalah kesuburan.

Untuk menentukan terapi mana yang paling tepat, tentu saja perlu disesuaikan dengan penyebab masalah kesuburan yang sedang dialami. Agar lebih tahu simak 5 jenis terapi kesuburan berikut:

 

1 dari 5 halaman

Terapi Kesuburan Operasi

Melansir WebMD, ada sekitar 80% pasangan mengalami masalah kesuburan karena masalah ovulasi, penyumbatan pada saluran tuba falopi, dan kualitas sperma.

Bagi perempuan yang mengalami masalah seperti itu bisa melakukan terapi kesuburan dengan cara operasi. Operasi ini dilakukan jika saluran sel tertutup atau terdapat bekas luka di jaringan parut saluran telur.

Selain itu, operasi juga mungkin dibutuhkan bila terdapat sel-sel dari lapisan rahim tumbuh di area lain dalam tubuh. Hal ini disebut dengan endometriosis.

2 dari 5 halaman

Terapi Kesuburan Obat

Beberapa pasangan juga mengonsumsi obat-obatan untuk meningkatkan kesuburan dan kemungkinan kehamilan. Misalnya, obat clomifene yang berfungsi mendorong pelepasan sel telur terjadi secara teratur. Hormon GnRH (Gonadotrophin-releasing hormon) untuk merangsang ovulasi dan meningkatkan kesuburan pria.

Tapi ingat ya, terapi obat-obatan ini harus dilakukan di bawah pantauan dokter kandungan. Jadi, jangan sembarangan!

3 dari 5 halaman

Terapi Kesuburan Nutrisi

Pemenuhan nutrisi yang tepat bisa meningkatkan peluang kehamilan hingga 69% lho, Moms! Adapun nutrisi penting yang diperlukan adalah:

  • Asam folat: Untuk proses pembuahan kehamilan
  • Zinc atau Seng: Untuk perkembangan ovarium normal, mencegah gangguan siklus haid, kelainan janin, pre-ekslampsia, dan aneka gangguan kehamilan lainnya
  • Selenium: Untuk membantu menghambat infertilitas, abortus, dan retensi plasenta
  • Tembaga: Untuk membantu kerja enzim dan mencegah terjadinya abortus spontan
  • Vitamin A: Untuk meningkatkan kadar progesterone
  • Vitamin E: Untuk membantu menormalkan produksi hormon
  • Vitamin C: Untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan produksi progresteron, pertumbuhan folikel, dan korpus laten
  • Vitamin B6: Untuk meningkatkan peluang terjadinya konsepsi

4 dari 5 halaman

Terapi Kesuburan Relaksasi

Terapi relaksasi seperti meditasi dan yoga bisa membantu menghilangkan stres. Seperti yang kita ketahui, stres bisa menjadi salah satu penyebab masalah kesuburan. Beberapa penelitian bahkan menunjukan bahwa wanita yang stres atau depresi memiliki kemungkinan lebih rendah untuk hamil.

Moms bisa melakukan meditasi atau yoga di rumah dengan panduan video di Youtube, atau mengikuti kelas yoga bersama instruktur profesional.

5 dari 5 halaman

Terapi Kesuburan Akupuntur

Beberapa orang memilih terapi tradisional seperti akupunktur untuk mengatasi masalah kesuburan. Pengobatan tradisional dari Tiongkok ini dilakukan dengan menusukan jarum-jarum halus yang dapat membuka blokir energi (atau chi) dan meningkatkan aliran darah untuk meningkatkan keseimbangan tubuh.

Akupunktur cukup sering dijadikan terapi pendukung dalam program kehamilan IVF atau bayi tabung. Terapi ini juga sering kali dimanfaatkan untuk mengatasi sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang mengakibatkan ketidaksuburan.

Sekali lagi, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter kandungan saat akan memilih jenis terapi kesuburan di atas ya!

Beri Komentar