11 Manfaat Jus Sirsak untuk Ibu Hamil, Diet, Pria dan Kesehatan Keseluruhan

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 6 Januari 2021 07:06
11 Manfaat Jus Sirsak untuk Ibu Hamil, Diet, Pria dan Kesehatan Keseluruhan
Manfaat jusa sirsak untuk diet misalnya didapat dari kandungan serta hingga 83% lho

Manfaat jus sirsak nggak cuman hadir dari rasanya yang enak dan segar melainkan kebaikannya bagi kesehatana. Jus sirsak adalah minuman padat nutrisi dengan kandungan serat dan vitamin yang baik, namun rendah kalori.

Sirsak, juga dikenal dengan nama graviola adalah buah dengan kulit berduri dan berwarna hijau. Daging buahnya berwarna putih, memiliki tektur kayak krim dengan rasa yang kuat.

Buah sirsak biasanya dimakan mentah dengan memotong buhanya menjadi dua trus diambil deh daging buahnya. Sebelumnya, daun sirsak dikenal dengan banyak manfaat kesehatan. Namun ternyata daging buahnya yang kerap diolah sebagai jus memiliki berbagai manfaat kebaikan.

Apa saja sih manfaat jus sirsak tersebut? Lebih lengkapnya yuk simak ulasan Diadona yang udah dikumpulkan dari berbagai sumber berikut ini:

1 dari 3 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Ibu Hamil

Manfaat Jus SirsakManfaat Jus Sirsak © 2021 thecoconet.tv/

Fase kehamilan merupakan fase dimana konsumsi makanan oleh ibu hamil sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang janin. Dan daun sirsak atau jus buahnya mcukup bermanfaat selama kehamilan. Yuk ketahui lebih lanjut dalam ulasan berikut ini.

Mencegah Mual di Awal Kehamilan

Sebagian besar ibu hamil pasti merasakan mual-mual di awal kehamilan. Solusinya sih tentu bereda setiap ibu, namun cobain deh manfaat jus sirsak ini.

Bukan karena kandungan nutrisinya, namun manfaat jus sirsak untuk mual didapat dari rasanya yang manis dan asam. Siapa tahu nih rasanya menenyangkan bagi sang ibu dan tentu ada nilai gizinya juga.

Mencegah Sembelit

Selama hamil, peningkatan produksi hormon terutama progesteron bakalan memperlambat pergerakan makann melalui saluran pencernaan. Apalagi bila sang ibu sedang emngkonsumsi suplemen zat besi, maka skondisinya jadi lebih buruk lagi.

Nah, sirsak memiliki kandungan serat dalam bentuk larut yang akan mengikat tinja dan membantu BAB secara teratur. Nggak cuman itu doang, vitmain C dalam sirsak akan menstimulasi saluran pencernaan dan mencegah masalah gastrointestinal. Sirsak juga memiliki sifat anti-inflamasi tertentu yang meredakan peradangan di usus dan ginjal, membuat proses pencernaan menjadi lebih lancar.

Kandungan Antioksidan

Menurut penelitian, ekstrak dari sirsdak ini punya banyak kandungan senyawa dengan kemampuan antioksidan, yakni;

  • Tanin
  • Saponin
  • Pitosterol
  • Flavonoid
  • Antrakuinon

Manfaat jus sirsak karena kandungan antioksidannya ini yakni bisa membantu orang buat tetep sehat secara keseluruhan.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Diet dan Kesehatan

Lagi menjalani program diet? Asupan buah satu ini nggak boleh kamu lewatkan begitu aja. Nih kepoin apa aja manfaat jus sirsak untuk keberehasilan diet kamu.

Menyehatkan Pencernaan

Tahu nggak sih kalau satu uah sirsak mengandung sekitar 83 % asupan serat harian yang direkomendasikan. Serta ini merupakan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan sekaligus bermanfaat untuk usaha menurunkan berat badan kamu. Tahu kan kalau serta bikin kenyang lebih lama?

Selain itu serat juga membantu meningkatkan keteraturan dan mencegah masalah pencernaan seperti sembelit.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jus Sirsak untuk Pria

Manfaat Jus SirsakManfaat Jus Sirsak © 2021 foodtrients.com/

Manfaat jus sirsak untuk tubuh sangatlah beragam. Potensi ini bisa dimanfaatkan dnegan baik oleh pria dan juga manita untuk meningkatkan kualitas kesehatannya.

Membantu Melawan Bakteri

Selain sifat antioksidannya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat jus sirsak juga bisa didapatkan dari kandungan.

Dalam satu penelitian tabung reaksi, ekstrak sirsak dengan konsentrasi yang bervariasi digunakan pada berbagai jenis bakteri yang diketahui menyebabkan penyakit mulut. sifat antibakteri yang kuat. Hasilnya? Sirsak ini bisa lho membunuh berbagai jenis bakteri secara efektif, termasuk jensi yang menyebabkan radang gusi, kerusakan gigi dan infeksi jamur.

Namun lagi-lagi nih, manfaat jus sirsak dari penelitian ini emang menjanjikan, tapi perlu diingat kalau model penelitian ini menggunakan ekstrak terkonsentrasi tinggi yang jauh lebih besar ketimbang jumlah yang didapatkan ketika meminumnya. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat jus sirsak tersebut.

Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat jus sirsak udah diketahui dan dijadikan suatu pilihan obat tradisional untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian di tahun 2012 misalnya menemukan kalau jus sirsak yang diberikan kepada tikus bisa membantu menurunkan tekanan darah tanpa meningkatkan detak jantung. Menurut para peneliti, kemampuan hipotensi ramuan ini disebabkan oleh " mekanisme perifer yang melibatkan antagonisme Ca²?

Menurunkan Gula Darah

Hasil peneltian nunjukin manfaat jus sirsak unuk membantu menurunkan gula darah. Penelitian emmbuktikan kalau sirsak secara signifikan mampu mengurangi kadar glkasi darah pada tikus yang menderita diabetes. Hmm, menarik sekali kan?

Anti Inflamasi

Mengutip Healthline, sirsak ini memiliki sifat antiinflamasi yang daoat berfungsi untuk meredakan nyeri. Ini juga didukung dari sejarah bahwa manfaat jus sirsak ini sudah dipraktikkan secara tradisional.

Peneltian dengan hewan uji membutikan kalau sirsak mampu memblokir reseptor rasa sakit dan mengurangi peradangan pada tikus

Membantu Mencegah Bisul

Manfata jus sirsa ini ddiapt dari kemampuan bahan tersebut sebagai antiulcer. Ini membantu melindungi selaput lendir perut. Ini juga membantu mencegah kerusakan radikal bebas pada saluran pencernaan.

Membantu Mengobati Herpes

Menurut sebuah penelitan, manfaat jus sirsak ini didaoat dari efek antivirusnya terhadap virus herpes simplex 2 (HSV-2). HSV-2 bertanggung jawab atas sebagian besar kasus wabah herpes genital. Penelitian in vitro atau penelitian yang tidak melibatkan tubuh makhluk hidup membuktikan kalau sirsak ini beracun bagi sel HSV-2.

In vitro artinya di luar tubuh makhluk hidup.

Membantu Membunuh Sel Kanker

Sebagian besar penelitian mengenai manfaat jus sirsak masih terbatas pada penelitian tabung reaksi, bukannya diberikan kepada hewan uji atau kepada manusia. Namun, potensi dari buah ini sayang banget untuk dileewatkan, termasuk kemampuannya dalam membunuh sel kanker.

Satu tabung reaksi yang mengandung esktrak sirsak konsentrasi tinggi ternyata bisa mengobati sel kanker payudara. Yang cukup menarik, jus sirsak ini mampu mengurangi ukuran tumor, membunuh sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem kekebalan. Hasil yang sama juga terjadi pada tabung reaksi yang direaksikan terhadap sel leukimia.

Wah, berarti manfaat jus sirsak bisa mengobati penyakit kanker dong? Eits, tunggu dulu. Kayak yang tadi Diaodona jelasin nih, penelitian ini cuman berdasarkan penelitian tabung reaksi menggunakan dosis kuat dari jus sirsak. Masi diperlukan uji lebih lanjut gimana pengaruh makan buah sirsak atau meminum jusnya terdahap sel kanker yang ada pada tubuh manusia.

Manfaat jus sirsak emang banyak nih, tapi juga ada beberapa kekurangan di dalamnya. Penelitian udah nunjukin kalau buah dan teh daun sirsak bisa menyebkan gejala yang mirip dengan penyakit Parkinson. Penelitian lain juga menyebutkan kalau tanaman ini bisa berinteraksi dengan obat tekanan darah tinggi atau obat untuk diabetes. Senyawa dalam buah dapat memperkuat efek obat tersebut, menyebabkan penurunan berbahaya pada tekanan darah atau kadar gula darah. Pokoknya nih manfaatkan jus sirsak bukan sebagai pengobatan satu-satunya dan hentikan konsumsi ketika kamu meminum obat tersebut.

Lalu apakah itu berarti manfaat jus sisak benar-benar kita dafpatkan ketika kita meminumnya dengan rutin? Begini nih, semua informasi yang Didodona sampaikan barusan tuh merupakan haasil penelitian yang melibatkan sirsak dalam bentuk ekstrak. Belum ada penelitian yang cukup mengenai berapa dosis yang aman dengan ekstrak tersebut, pun juga belum ada penelitian mengenai gimana hubungannya bisa dikonsumsi dalam bentuk jus sirsak.

Namun tentu aja, manfaat jus sirsak dan potensinya adalah salah satu opsi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, bukan sebagai pengganti pengobata medis ya!

Beri Komentar