6 Tips Keuangan ala Elon Musk, dari Ngontrak Rumah Murah hingga Camping buat Healing

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 9 Juni 2023 17:25
6 Tips Keuangan ala Elon Musk, dari Ngontrak Rumah Murah hingga Camping buat Healing
Di usia muda, dia menginvestasikan sepertiga kekayaannya untuk bisnis barunya. Elon Musk tinggal di rumah 'murah', tapi juga punya jet super mahal.

Elon Musk berada di posisi teratas dalam daftar orang terkaya di dunia, menurut laporan Forbes. Saat ini diperkirakan kekayaannya mencapai Rp. 3.000-an triliun lho! Bila ditulis dalam angka, jumlah nol-nya adalah 15.

Terlepas dari kepiawaiannya di bidang yang digelutinya, keputusan finansial Elon Musk punya andil besar dalam membuatnya kaya raya seperti sekarang. Mulai dari kesenangannya berwirausaha, berinvestasi, sampai tak bermewah-mewah.

Dikutip dari GO Banking Rates, ini dia 7 tips keuangan ala Elon Musk.

1 dari 6 halaman

Berinvestasi pada Diri Sendiri

Elon Musk © Diadona

Elon Musk punya kebiasaan menghasilkan uang dan menginvestasikannya kembali ke bisnis berikutnya. Bisnis pertamanya, Zip2 dijual dan membuat dia mendapatkan kekayaan senilai $22 juta di umurnya yang masih 27 tahun.

Dengan uang sebanyak itu dan usia yang masih muda banget, Musk tentu bisa menghabiskan uangnya buat beli rumah mewah, mobil, dan liburan. Tapi dia tidak melakukannya.

Tiga per empat dari kekayaan bersihnya itu kemudian diinvestasikan di perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Paypal, yang dia dirikan juga. Di tahun 2002, PayPal dijual ke eBay dan membuatnya bisa mengantongi sekitar uang sekitar $180 juta

Uang dari penjualan tersebut kemudian diinvestasikan sebanyak $100 juta di SpaceX, $70 juta di Tesla, dan $10 juta di SolarCity. Pergerakan uang yang cerdas ini telah memungkinkannya menjadi orang terkaya di dunia.

2 dari 6 halaman

Jangan Takut Mengambil Risiko

Elon Musk berani bertaruh untuk menginvestasikan uangnya dalam jumlah besar ke perusahaan yang baru. Bisa dibilang, dia mengambil risiko yang sangat besar. Hasilnya bisa dibilang mengagumkan.

Tapi tentu saja, hal ini dilakukan dengan pertimbangan yang matang ya dan tak semua orang bisa melakukannya.

3 dari 6 halaman

Hidup di Bawah Batas Kemampuan

Elon Musk © Diadona

Seperti kebanyakan milliader lainnya, Elon Musk juga punya banyak rumah. Tapi kemudian hal itu berubah.

Di tahun 2020, Elon Musk menyebut kalau dia menjual hampir semua barang fisiknya. Ini semula berawal dari janjinya buat menjual semua harta fisiknya.

Tujuh rumahnya dia jual dengan harga hampir $130 juta atau hampir Rp. 20 Triliun, menurut laporan The Wall Street Journal pada Maret 2022. Pada Juni 2021, dia nge-tweet kalau dia ngontrak di Boca Chica, Texas di rumah senilai $50.000 atau Rp. 742 juta saja. Murah banget untuk ukuran miliader, bukan?

Tempat tinggalnya  ini cuman berjarak jalan kaki dari fasilitas SpaceX. Awalnya rumah itu cuman punya dua kamar, lalu dia mengubah garasi menjadi kamar ketiganya. Dia mengatakan dia juga memiliki rumah mungil Boxable di Boca Chica, yang dia gunakan sebagai wisma.

Apa pelajaran yang bisa kita ambil? Bukan, bukan sebaiknya nggak memiliki rumah ya, tapi memilih properti atau barang yang sesuai dengan anggaran.

Alih-alih berbelanja barang di atas kemampuan kamu, nggak ada salahnya nih memenuhi kebutuhan dan kenyamanan kamu tanpa harus membebani keuangan.

4 dari 6 halaman

Nggak Perlu Takut Belanja Sesekali Saja

Elon Musk kadang hidup sederhana, tapi juga kadang bermewah-mewah seperti miliader lainnya. Contohnya nih saat baru-baru ini dia jet pribadi yang mewah seharga $ 78 juta, menurut laporan Austonia.

Seperti Elon Musk, jangan takut untuk membeli sesuatu yang penting bagi kamu, selama dalam batas kemampuan keuangan ya!

5 dari 6 halaman

Healing Sesuai Kemampuan

Elon Musk © Diadona

Keputusan keuangan kita sedikit banyak dipengaruhi oleh kondisi emosional. Contohnya nih, banyak orang yang membelanjakan banyak uang dengan alasan healing.

Pada akhirnya, mereka cuman beralih dari kesedihan dari hal lain, ke kesedihan karena bokek. Apakah kamu relate?

Di tahun 2014, Elon Musk pernah ngetweet kalau dia sedang berkemah dengan anak-anaknya. Nggak banyak yang tahu gimana jenis kemah yang dia maksud, tapi banyak orang yang menduga kalau dia melakukannya dengan cara sederhana.

Tips keuangan yang kita ambil darinya adalah bukan nggak boleh liburan dengan bermewah-mewahan ya! Melainkan kamu bisa lho melakukan healing, menyegarkan pikiran dan tubuh kamu tanpa memberikan beban keuangan di masa mendatang, alis berhutang.

6 dari 6 halaman

Jangan Lupa Beramal

Pada tahun 2012, Musk menandatangani The Giving Pledge, berkomitmen untuk memberikan sebagian besar kekayaannya untuk kegiatan amal, baik selama hidupnya atau dalam surat wasiatnya. Menepati janjinya, dia memberikan $5,7 miliar untuk amal pada tahun 2021.

Secara khusus, dia diam-diam menyumbangkan sekitar 5 juta saham Tesla ke badan amal atau amal tak dikenal pada November 2021. Saham diberikan, saham tersebut bernilai sekitar $5,7 miliar!

Nah di antara 6 tips keuangan ala Elon Musk ini, mana nih yang relate banget sama kamu?

 

 

 

Beri Komentar