Mengintip Awal Perjalanan Karier Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia dengan Harta Rp. 3.000 Triliun

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Jumat, 9 Juni 2023 17:02
Mengintip Awal Perjalanan Karier Elon Musk, Orang Terkaya di Dunia dengan Harta Rp. 3.000 Triliun
Jumlah kekayaannya mencapai Rp. 3 ribu trilliun dan sempat menguap 'sedikit' karena turunnya harga saham perusahaan miliknya

Bos Tesla, Elon Musk menduduki peringkat pertama dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes pada Kamis, (1/6). Kekayaannya ditaksir mencapai Rp. 3 ribuan triliun lho!

Namun dalam daftar ini, posisi orang terkaya bisa naik dan turun dengan mudah. Contohnya nih dalam laporan The Real-Time Billionaires Forbes, per 6 Juni atau seminggu kemudian, lelaki yang penuh kontroversi ini turun ke peringkat dua. Menurut laporan, posisinya kini ditempati oleh bos perusahaan barang mewah LVMh, Bernard Arnault.

 

 

1 dari 4 halaman

Hal ini terjadi menyusul turunnya harga saham Tesla dari harga tertinggi di pagi harinya. Karena itu, kekayaan Elon Musk turun dan USD 800 juta lebih sedikit dari Arnault.

Dan FYI nih, Elon Musk dan Bernard Arnault selalu berlomba di posisi pertama atau kedua dalam peringkat orang terkaya di dunia. Pada Desember tahun lalu, Bernard Arnault adalah orang terkaya di planet Bumi. Pundi-pundi uangnya melesat akibat melonjaknya pembelian barang mewah.

Dikutip dari Forbes di Jakarta, Kamis (8/6), lonjakan signifikan harga saham Tesla sempat membawa Musk kembali ke posisi teratas. Sejak awal tahun 2023, saham Tesla meningkat lebih dari 110%.

Hal itu bikin kekayaan lelaki 51 tahun bertambah sekitar USD 70 Miliar atau setara dengan Rp. 1043 triliun, sejak awal Januari kemarin. Hal itulah yang bikin Elon Musk berada di posisi teratas selama beberapa waktu tersebut.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Elon Musk bisa kaya raya?

Elon Musk © Diadona

Dilansir dari as.com, harta Elon Musk ‘hanyalah $20 miliar di tahun 2019. Bahkan nih menurut CNBC, nama Elon Musk nggak ada dalam daftar 10 orang terkaya di dunia menurut perhitungan Forbes lho! Namun tiga tahun berikutnya, kekayaannya meroket hingga $251 miliar.

Selama berkarier, Elon Musk udah berkecimpung di berbagai bidang. Mulai dari sistem pembayaran online, sistem kecerdasan buatan, trus bikin transportasi di atas tanah, di bawah tanah sampai transportasi luar angkasa.

Setiap keputusannya mampu membuat nilai perusahaannya, nilai perusahaan orang lain, bahkan mata uang uang kripto, anjlok atau meroket.

3 dari 4 halaman

Bagaimana Awal Perjalanan Karier Elon Musk?

Elon Musk © Diadona

Seperti anak umur 12 tahun lainnya, Elon Musk suka banget sama video game. Tapi beda dari yang lain, semangat wirausahanya kuat banget! Dia membuat dan menjual video game pertamanya yang dinamakan Blastar dan mendapatkan $500 saat souce code nya dipublikasikan di majalah.

Dengan meminjam uang ke ayahnya, Elon membuat perusahaan Zip2 bersama dengan saudaranya. Zip2 sendiri seperti gabungan antara Yellow Pages dan Google Maps. Perusahaan tersebut diakuisisi oleh Compaq pada tahun 1999 seharga $307 juta dan membuat Elon yang saat itu berumur 27 tahun, mendapat uang senilai $22 juta.

4 dari 4 halaman

Elon Musk © Diadona

Tiga per empat dari kekayaan bersihnya itu kemudian diinvestasikan di perusahaan yang saat ini dikenal sebagai Paypal, yang dia dirikan juga. Dia sempat menjabat sebagai CEO lalu digantikan oleh orang lain. Trus dia menjual PayPal ke ebay dengan harga $1,5 miliar di tahun 2002. Sebagai pemegang saham terbesar, dia dapat dapat $180 juta.

Selanjutnya nih dia menginvestasikan $100 juta buat bikin SpaceX, $70 juta untuk mendirikan Tesla, dan $10 juta di SolarCity. Per November 2022, Tesla memiliki nilai$588,85 miliar, per 8 November 2022. SpaceX nggak diperdagangkan, tapi ditaksir nilainya mencapai $127 miliar, per Agustus 2022, menurut Forbes.

Sepupu Musk, Peter dan Lyndon Rive, mendirikan SolarCity pada tahun 2006. Tesla membeli perusahaan tersebut dengan nilai sekitar $2,6 miliar pada tahun 2016.

Dia juga ikut mendirikan Neuralink dan The Boring Company, dan menjabat sebagai CEO keduanya.

Terlepas dari kepiawaiannya di bidang yang digelutinya, keputusan Elon Musk buat berinvestasi juga lah yang membuat dia bisa kaya raya kayak sekarang, bukan?

Beri Komentar