Ternyata Ini loh 8 Penyebab Inflasi di Indonesia, Penting Buat Diketahui nih!

Reporter : Wicha Mashita
Rabu, 27 Mei 2020 14:45
Ternyata Ini loh 8 Penyebab Inflasi di Indonesia, Penting Buat Diketahui nih!
Bukan hal remeh, ini loh penyebab inflasi.

Kenali penyebab inflasi, yuk! Indonesia pernah mengalaminya loh di tahun 1998. Sebelum membahas penyebabnya, inflasi adalah kondisi perekonomian di suatu negara terjadi kecenderungan harga-harga barang dan jasa yang naik secara umum dalam waktu panjang.

Kalau kenaikan harga secara sementara kayak menjelang lebaran Idul Fitri bukan termasuk ya guys! Soalnya pada umumnya inflasi terjadi ketika jumlah uang yang beredar di masyarakat lebih banyak daripada yang dibutuhkan. Penting banget nih buat kita ketahui, soalnya infasi sangat menentukan harga pasar semua hal yang kita perlukan dalam sehari-hari.

1 dari 4 halaman

Penyebab Terjadinya Inflasi

Penyebab Inflasi © Diadona
Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab inflasi. Meski secara umum penyebab terjadinya inflasi karena kenaikan permintaan dan biaya produksi, kita kenali faktor lainnya, yuk!

Tingginya Peredaran Uang


Sempat disinggung di atas, inflasi bisa terjadi karena uang yang beredar di masyarakat lebih banyak dibanding yang dibutuhkan. Ketika jumlah barang tetap tapi uang yang beredar meningkat sampai dua kali lipat saja, maka bisa jadi penyebab inflasi. Soalnya akan terjadi kenaikan harga-harga sampai 100% loh!

Meningkatnya Permintaan (Demand Pull Inflation)


Permintaan untuk jasa dan barang yang meningkat bisa jadi penyebab inflasi. Hal ini bisa dikarenakan beberapa faktor, yaitu:

1. Meningkatnya belanja pemerintah;
2. Meningkattnya permintaan barang untuk swasta;
3. Meningkatnya permintaan barang untuk diekspor.

2 dari 4 halaman

Meningkatnya Biaya Produksi (Cost Pull Inflation)


Biaya produksi yang meningkat juga bisa jadi penyebab inflasi guys! Biasanya hal ini dikarenakan kenaikan harga bahan-bahan baku, misalnya:

1. Harga bahan bakar naik.
2. Upah pekerja buruh naik.

Inflasi karena Struktur Ekonomi yang Kaku (Structural Theory Inflation)


Maksud dari inflasi ini adalah saat produsen tidak bisa mencegah dengan cepat kenaikan permintaan karena kenaikan jumlah pertumbuhan penduduk.

Inflasi Campuran


Hal ini bisa terjadi karena ada kenaikan penawaran dan permintaan sekaligus, yang mana tidak seimbang antara penawaran dan permintaan tersebut. Inflasi jenis campuran ini susah diatasi guys, karena ketika permintaan terhadap suatu barang atau jasa meningkat terus penyediaan barang dan faktor produksi menurun, ditambah pengganti atau substitusi tidak ada, maka menyebabkan keadaan yang tidak seimbang. Sehingga harga barang dan jasa akan naik.

3 dari 4 halaman

Penyebab Inflasi di Indonesia

Penyebab Inflasi © Diadona
Lalu dari semua penyebab inflasi tersebut, yang mana ya biang kerok di Indonesia pada tahun 1998? Melansir dari berbagai sumber ada beberapa penyebab terjadinya inflasi di Indonesia.

Mencetak Banyak Uang


Kalau Bank Sentral mencetak uang dengan jumlah lebih banyak maka akan jadi penyebab inflasi. Soalnya uang yang beredar memiliki peran dalam menentukan nilai mata uang tersebut. Uang masyarakat terlalu banyak, barang yang dijual tetap sedikit, inilah penyebabnya guys.

Meningkatnya Kebutuhan


Nggak hanya uang yang dicetak lebih banyak, tapi juga kebutuhan masyarakat yang meningkat akan menyebabkan inflasi. Hal ini terjadi di era 1980-an dengan tipe masyarakat yang komsumtif. Indonesia mengalami perkembangan ekonomi yang pesat karena pemotongan pajak dan berkurangnya suku bunga.

4 dari 4 halaman

Dorongan Biaya


Hal ini bisa karena berkurangnya produksi atau distribusi barang sehingga harganya menjadi naik. Adapun kenaikan biaya disebabkan beberapa faktor, seperti:

1. Kenaikan Harga Barang Impor

2. Kenaikan Harga Baku

3. Meningkatnya Upah

4. Pajak yang Lebih Tinggi

Nah itu tadi beberapa penyebab inflasi yang ada di Indonesia maupun secara umum. Gimana guys, sudah tercerahkan kan? Ngaruh banget inflasi buat kehidupan sehari-hari kita.

Beri Komentar