Pemalas tapi Ingin Keuangan Lebih Teratur? Tips Ini Cocok Buat Kamu!

Reporter : Firstyo M.D.
Senin, 18 Mei 2020 13:40
Pemalas tapi Ingin Keuangan Lebih Teratur? Tips Ini Cocok Buat Kamu!
Mengatur keuangan tetap bisa dilakukan walaupun kamu pemalas. Begini triknya!

Keuangan yang teratur adalah kunci menjalani hidup dengan finansial yang sehat. Masalahnya, bagi beberapa orang mengatur keuangan dirasa sangat rumit.

Jangankan mengatur, untuk sekedar menabung saja rasanya malas.

Memang untuk mengatur keuangan butuh ketekunan. Meski begitu sebenarnya kamu tetap bisa menyesuaikan polanya sesuai dengan kebiasaanmu. Untuk kamu yang pemalas, mengatur keuangan tetap mungkin untuk dilakukan kok. Jadi gimana sih triknya?

1 dari 5 halaman

Tabungan otomatis

Tabungan otomatis atau biasa disebut tabungan berjangka atau autodebit adalah cara yang paling umum karena hampir semua bank menyediakan layanannya.

Jenis tabungan ini akan otomatis memotong isi kartu denit atau gajimu tiap bulannya. Jumlah dana terpotong akan dialihkan secara otomatis ke buku tabungan sehingga dengan cara ini, kamu nggak perlu repot-repot pergi ke bank atau setor tunai lagi untuk menabung.

2 dari 5 halaman

Bayar tagihan online

Membayar tagihan-tagihan juga sering membuat kaki malas melangkah, terlebih untuk tagihan yang biasanya perlu dibayarkan dengan mendatangi suatu kantor secara langsung seperti tagihan listrik dan air.

Namun tenang, sekarang kamu sudah bisa melakukannya dari rumah karena sudah banyak tersedia layanan aplikasi yang bisa memungkinkanmu membayar semua tagihan secara online. Kamu bisa melakukannya lewat layanan mobile banking atau dompet digital. Nggak cuma praktis, membayar via online juga bisa menguntungkan karena seing adanya promo seperti cashback.

3 dari 5 halaman

Hubungkan dengan kartu kredit/debit

Terkait tagihan, kalau kamu masih juga malas menginput satu per satu apa saja yang perlu kamu bayar, kamu bisa menghubungkannya langsung ke kartu kredit atau kartu debitmu.

Dengan cara ini, tagihan akan langsung memotong limit kartu kredit atau saldo kartu debit setiap jatuh tempo.

4 dari 5 halaman

Siapkan amplop pengeluaran

Cara digital terlalu rumit untukmu? Oke, kamu bisa pakai cara yang lebih analog dan tradisional. Kamu bisa menyiapkan beberapa amplop yang diberi label nama sesuai dengan pos masing-masing. Nantinya amplop tersebut akan kamu isi sejumlah uang dengan nominal yang sudah kamu tentukan. Manfaatkan uang sesuai dengan peruntukkan yang tertera di amplop.

5 dari 5 halaman

Menabung di celengan

Untuk beberapa orang, menabung di bank dirasa terlalu sulit. Tentu ini nggak bisa jadi alasan untuk malas menabung karena kamu tetap punya pilihan untuk kembali ke konsep celengan.

Kamu bisa mengalokasikan uang-uang sisa pemasukan setiap bulan untuk disimpan ke dalam celengan. Cari celengan yang nggak mudah dibongkar-pasang agar kamu nggak terlalu mudah dan jadi kebiasaan mengambil uang dari sana.

Beri Komentar