5 Cara Jitu Atur Keuangan Menurut Kepribadianmu, Agar Lebih Enjoy

Reporter : Hevy Zil Umami
Jumat, 1 Mei 2020 04:45
5 Cara Jitu Atur Keuangan Menurut Kepribadianmu, Agar Lebih Enjoy
Ada beragam cara untuk mengatur keuangan menurut para pakar keuangan. Tapi, tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Penyebabnya, karena tidak sesuai dengan kepribadian atau diri mereka sendiri.

Sikap untuk penganggaran keuangan adalah refleksi sikap terhadap semua masalah keuanganmu. Kamu bisa mempelajari banyak jenis penganggaran, lalu kamu dapat melakukan penyesuaian terhadap mana jenis yang sesuai dengan pribadimu, sehingga kamu bisa mempertahankan cara menganggarkan uang, tanpa minembulkan banyak tekanan dalam hidup.

Berikut 5 cara yang bisa kamu pelajari untuk menganggarkan keuangan yang sesuai dengan pribadimu, jadi kamu bisa lebih menikmati caranya. Dilansir dari laman The Balance.

1 dari 5 halaman

1. Tipe Pengatur dan Pelacak yang Cermat

Ilustrasi Mengatur Keuangan Sesuai Kepribadian © Diadona

Tipe seperti ini adalah bahwa kamu adalah orang yang suka terorganisir dan efisien, bahkan tak hanya di keuangan tapi juga di bidang lain dalam hidupmu.

Kamu bisa membuat anggaran dan menetapkan batasan yang kamu perlukan. Begitu pula bagi anggaran untuk kebutuhan tak terduga. Hidupmu bisa tenang bahkan sampai satu tahun. Tapi ingat, jangan lupa untuk melakukan me time di akhir tahun untuk memberikan hadiah pada dirimu yang sudah sukses melakukan penganggaran keuangan ya.

2 dari 5 halaman

2. Tipe Tidak Paham Anggaran

Ilustrasi Mengatur Keuangan Sesuai Kepribadian © Diadona

Nah, kalau tipe yang satu ini dimiliki oleh orang yang cenderung tidak memikirkan kehidupannya jauh ke depan. Asal bisa membayar semua tagihan tepat waktu, sudah membuatnya tenang.

Orang tipe ini biasanya akan sangat menentukan tanggal gajian, dan cenderung akan sangat berjuang di pertengahan bulan, karena ia seperti hanya hidup untuk hari ini, dan tidak ambil pusing untuk hidupnya esok.

Menganggarkan keuangan dirasanya belum begitu penting. Biasanya juga orang dengan tipe ini bisa fokus dengan baik hanya pada satu hal dalam satu waktu, namun mengabaikan hal yang lain. Hal ini bisa jadi membawa hal yang baik, namun juga buruk.

3 dari 5 halaman

3. Tipe Terlalu Percaya Diri

Ilustrasi Mengatur Keuangan Sesuai Kepribadian © Diadona

Tipe ini adalah orang yang mencoba membatasi pengeluarannya, tapi tanpa catatan anggaran atau perencanaan apapun. Pokonya ditabasi saja. Hal ini bisa saja sih nantinya akan menutup segala kekurangan finansial yang kamu miliki. Tapi dengan tidak punya anggaran yang jelas, semua pembatasan pengeluaran yang kamu lakukan bisa jadi akan berakhir sia-sia, karena tidak punya tujuan atau goals yang jelas.

4 dari 5 halaman

4. Tipe Cuma Nulis Anggaran Saja

Ilustrasi Mengatur Keuangan Sesuai Kepribadian © Diadona

Tipe ini bisanya cuma menuliskan anggaran. Perencanaan anggarannya sih bagus, tapi sangat buruk dalam eksekusi. Sudah capek-capek buat nulis anggaran, tapi cenderung tidak menuruti anggaran itu.

Jika kamu merasa adalah tipe ini, kamu cenderung susah sekali untuk berkata tidak saat melihat sesuatu yang ingin kamu beli, tapi hal itu tidak ada dalam anggaranmu, jadi kamu kecolongan deh, dengan tetap membeli hal itu. Alhasil, walaupun kamu sudah menulis anggaran, tapi pengeluaranmu tetap tidak terkendali.

Sebenarnya langkahmu untuk menulis anggaran sudah sangat baik, sekarang belajarlah untuk berkomitmen pada apa yang telah kamu buat, dan selesaikan semuanya sampai akhir.

5 dari 5 halaman

5. Tipe Kurang Motivasi

Ilustrasi Mengatur Keuangan Sesuai Kepribadian © Diadona

Yang terakhir kita punya tipe kurang motivasi untuk membuat anggaran. Kamu sebenarnya tahu kalau membuat anggaran itu penting, tapi kamu terlalu malas dan bahkan takut untuk membuatnya.

Kamu berpikir jika kamu sudah membuatnya, kamu malah tidak bisa mengikuti bahkan menyelesaikannya. Atau kamu tahu betapa rumitnya membuat anggaran jadi kamu merasa tidak termotivasi untuk membuatnya.

Kalau kamu merasa sedang berada di kondisi ini, cobalah untuk meminta bantuan teman atau ahli. Kamu bisa berdiskusi dengan mereka, jadi kamu tidak sendiri melakukannya. Jadi apa yang kamu inginkan di masa depan bisa lebih jelas.

Beri Komentar