Jangan Dilakukin Keseringan, Belanja di Waktu-waktu Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Hemat

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 18 September 2020 10:40
Jangan Dilakukin Keseringan, Belanja di Waktu-waktu Ini Bisa Bantu Kamu Lebih Hemat
Kapan aja sih waktu yang tepat untuk belanja?

Semua orang yang punya uang pasti punya kecenderungan untuk membelanjakannya di luar belanja kebutuhan pokok. Itulah kenapa tercipta istilah "shopping" untuk menggambarkan kegiatan belanja sebagai hobi.

Kendati demikian, dalam berbelanja pun ternyata ada timing tersendiri yang sebaiknya kita pertimbangkan lho. Ada waktu-waktu tertentu yang dapat membantu kita tetap hemat dalam menjalani hobi belanja.

Kapan aja tuh? Simak yuk ulasan berikut!

1 dari 4 halaman

Saat bahagia

Beberapa orang menjadikan kegiatan berbelanja sebagai sumber kebahagiaan. Nggak heran kalau kemudian terjadi kebocoran keuangan karena nggak bisa menahan diri untuk memberi asupan bahagia dengan cara berbelanja melebihi budget.

Untuk mengantisipasinya, akan lebih baik kalau kamu berbelanja bukan di saat keadaan sedih. Justru berbelanja lah ketika suasana hati sedang bahagia, karena di saat tersebut kamu bisa berpikir dengan lebih jernih. Dengan demikian kamu jadi bisa membedakan mana kebutuhan, mana keinginan.

2 dari 4 halaman

Dua minggu setelah hari gajian

Belanja tepat di hari H gajian adalah hal yang kerap kali kita lakukan. Iya nggak? Ngaku!

Ternyata, berbelanja tepat setelah gajian bukanlah pilihan bijak sebab akan menjadi lebih boros dibanding mereka yang belanja beberapa mingu usai gajian. Penyebabnya sederhana, karena orang yang baru gajian akan merasa sedang kaya-kayanya sehingga kerap kali luput untuk mengontrol diri.

Berbelanja dua minggu setelah hari gajian atau lebih akan memberimu waktu untuk mendahulukan kepentingan-kepentingan yang sifatnya lebih urgent seperti membayar berbagai tagihan, cicilan, serta menyisihkan untuk kebutuhan sehari-hari. Setelah itu semua tertutupi, baru deh kamu manfaatkan untuk belanja.

3 dari 4 halaman

Enam bulan setelah rilisnya barang baru

Sering lihat nggak sih peluncuran suatu barang dibarengi dengan antrean panjang pembeli yang pengen dulu-duluan jadi orang pertama yang memiliki barang tersebut?

Antrean seperti itu memang wajar terjadi kalau barang yang dijual terbatas alias limited edition, tapi nggak jarang lho barang reguler seperti handphone, konsol game, atau sepatu juga diperlakukan demikian. Padahal kita tau sendiri barang baru selalu identik dengan harga yang jauh lebih mahal karena belum tersentuh promo.

Tekan sedikit rasa takut ketinggalan alias FOMO yang kamu miliki dengan menunggu setidaknya enam bulan setelah barang tersebut rilis. Sebab, di kurun waktu tersebut, biasanya sudah akan muncul barang sejenis yang lebih baru lagi. Produk yang kamu inginkan pasti akan mengalami penurunan harga dan juga dikenai diskon.

Jeda enam bulan nggak telat-telat banget lah. Masih masuk akal kan?

Beri Komentar