Investasi Adalah Langkah Tepat Mengamankan Keuangan Masa Depan, ini Cara Kerjanya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Senin, 19 April 2021 16:08
Investasi Adalah Langkah Tepat Mengamankan Keuangan Masa Depan, ini Cara Kerjanya
Investasi adalah jenis perencanaan keuangan yang telah dikenal sejak dulu. Hanya saja, ada pergeseran instrumen saat ini.

Investasi adalah langkah yang tepat banget untuk mengamankan dan menumbuhkan uang. Dan salah satu bentuk investasi yang sekarang lagi banyak dilakukan adalah investasi di pasar saham.

Mengapa sih investasi itu penting? Kenapa nggak cukup dengan mengumpukan uang dan menabungkannya di bank?

Investasi adalah menggunakan uang untuk menghasilkan uang lebih banyak lagi. Uang yang tersimpan di bank memang akan aman dan mendapat tambahan berupa bunga simpanan. Sayangnya, nilai uang tersebut masih harus dipotong dengan biaya administrasi perbankan, pajak, dan juga inflasi, yakni kenaikan harga barang secara umum yang nilianya antara 3-5 % setiap tahun.

 

1 dari 4 halaman

Nilai uang 100 juta 10 tahun yang lalu, tentu akan berbeda dengan 100 juta di masa sekarang, kan?

Nah, agar nilainya tak tergerus oleh inflasi, maka kamu perlu menginvestasikannya ke dalam suatu objek investasi yang nilainya terus naik. Misalnya, tanah, bangunan, emas atau saham.

Investasi adalah langkah yang tepat untuk memaksimalkan keamanan finansial jangka panjang saat ini dan masa depan. Keuntungan dari investasi rumah kos-kosan minsalnya, adalah dari pembayaran bulanan. Investasi emas akan menghasilkan keuntungan saat emas dijual setelah beberapa waktu yang akan datang. Sementara itu, investasi saham menguntungkan karena bisa mendapatkan uang bagi hasil usaha dan juga selisih harga beli dan harga jual.

2 dari 4 halaman

Investasi Saham

Investasi Adalah © Diadona

Investasi saham sedang banyak banget diminati saat ini. Konok, investasi ini bisa menjajikan cuan yang lumayan banget asalkan bisa memilih perushaan yang tepat. Tapi, apa itu invetasi saham?

Gini. Saham adalah adalah sekuritas yang mewakili kepemilikan sebagian kecil perusahaan. Ini dimuali dari perusahaan melakukan IPO atau Initial Public Offering artinya perushaan sedang menjual saham atau kepemilikannya ke publik atau masyarakat umum. Mengapa IPO dilakukan? Yakni untuk mendapatkan dana tambahan guna melancarkan operasional perusahaan.

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, keuntungan saham didapat dari bagi hasil keuntungan perusahaan dan juga selisih harga beli dan harga jual saham. Bagi hasil yang diberikn kepada para pemegang saham bisa dalam bentuk uang tunai, setara uang tunai, saham.

Berapa jumlahnya? Tergantung pada jumlah laba bersih setelah dikurangi semua biaya penting dan tergantung pada keputusan dewan direksi.

Tapi, perushaan juga bisa memutuskan untuk mempertahankan akumulasi keuntungan mereka untuk diinvestasikan kembali atau menyimpannya untuk digunakan di masa depan.

Nah penghasilan lain dari investasi ini adalah selisi dari harga beli saham dan harga jual. Misalnya nih kita membeli saham dengan harga Rp. 1000 dan karena kinerja yang terus meningkat, harga saham mengalami peningkatan menjadi Rp. 1.200. Selisih angka tersebutlah yang menjadi keuntungan investasi saham dan baru didapat ketika kita menjual saham yang kita punya.

3 dari 4 halaman

Biaya Investasi

Investasi Adalah © Diadona

Merujuk pada rencana bisnis, yang dimaksud dengan biaya investasi adalah biaya yang dikeluarkan pertama kali dalam membangun suatu proyek dan jumlahnya cukup besar. Dikutip dari Pusat Investor, contoh biaya invesati adalah:

  • Biaya persiapan penyusunan kelayakan bisnis, perekrutan karyawan, pelatihan, uji coba mesin dan peralatan erta persiapan
  • Biaya beli atau sewa lahan dan gedung
  • Biaya beli mesin dan peralatn

Selain untuk keperluan di atas, modal kerja juga disebut juga dengan biaya investasi.

Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk beroperasionalnya suatu suatu kegiatan bisnis, disebut dengan biaya operasional yang meliputi:

  • Biaya bahan baku, biaya bahan penolong
  • Biaya bahan bakar untuk mesin dan kendaraan bermotor
  • Biaya personalia, misalnya gaji, tunjangan dan lainnya
  • Biaya lainnya, termasuk listrik, air, ATK dan masih masih lagi

Kedua biaya tersebut dibutuhkan dalam membangun dan menjalankan suatu bisnis.

4 dari 4 halaman

Manajer Investasi Adalah

Investasi Adalah © Diadona

Dalam istilah investasi, ada yang namanya manajer investasi. Siapakah dia?

Melasnir Insight, manajer investasi adalah pihak yang secara profesional megelola dana nasah dan juga investor dan menempatkannya ke dalam instrumen insvestasi saham, deposito, obligasi, pasar uang, dan lainnya. Apa tujuannya? Untuk memperoleh keuntungan di sisi investor.

Dengan demikian, tugas dari manajer investasi adalah:

Mengelola Aset Investor

Dana yang dikumpulkanm oleh investor selanjutnya akan dikolela oleh manajer investasi. Selanjutnya, tugas manajer investasi adalah mengalokasikan sesuai dengan reksdana yang udah dipilih

Memilih dan Memutuskan Instrumen Investasi Apa yang akan Dibeli

Tugas manajer investasi selanjutnya adalah memilih dan memutuskan nantinya mereka akan membeli saham, obligasi, surat berharga atau deposito. Jangan khawatir, setiap keputusan yang mereka lakukan tuh udah berdaarkan data dan juga analisa kok. Sehingga yang perlu dilakukan oleh investor hanya memantau apakah investasi yang dilakukan menguntungkan atau engga.

Jadi bisa dibilang nih kalau manajer investasi sangat menentukan apakah investasinya menguntungkan atau tidak.

Membuat Keputusan Investasi

Selain itu, tugas manajer investasi adalah memutuskan apakah suatu investasi yang tak berjalan dengan baik akanm dijual atau dilepas. Pokoknya mereka akan bekerja biar portofolion investasi yang dikelolanya menghasilkan permorma yang memuaskan.

Membuat Laporan Hasil Investasi

Tugas lain dari manajer investasi adalah melaporkan hasil investasi yangd ikelolanya. Laporan kemudian bisa muncul dalam aplikasi manjar investasi yangd ipilih. Laporan biasanya akan memuat tentang nilai unit rata-rata investasi, jumlah unit yang dimiliki, harga dan persentasi keuntungan investasi.

Dengan kata lain, majaer investasi ibaratnya sopir bus yang mengantarkan kita mencapai tujuan investasi. Dan kita hanya perlu membayar biaya perjalanan berupa modal investasi tersebut.

Investasi adalah langkah yang tepat dalam mempersiapkan kebutuhan finansial di masa mendatang. Yuk jangan ditunda lagi!

Beri Komentar