Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Kemensos 2022

Reporter : Arifina
Selasa, 13 September 2022 10:34
Cara Cek Penerima Bansos BLT BBM Rp600 Ribu Kemensos 2022
Kalian sudah cek belum?

Pemerintah resmi menyalurkan bantuan sosial (bansos) bantuan lansung tunai bahan bakar minyak (BLT BBM) tahun 2022 kemarin (12/9/2022). Bantuan ini diberikan kepada mereka yang terkena imbas kenaikan harga BBM.

Adapun BLT subsidi gaji yang diberikan senilai Rp600 Ribu. Penyaluran BSU ini dilakukan secara bertahap hingga Desember 2022 mendatang.

1 dari 5 halaman

Bagi penerima BSU BLT BBM 2022 dapat melakukan pengecekan di laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) yakni, kemnaker.go.id.

Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi menyampaikan, para penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahap pertama sudah dapat mengecek di rekening Himbara ((Bank BRI, Bank BNI, BTN, dan Bank Mandiri) masing-masing dan mengambil dana BSU atau BLT subsidi gaji secara bertahap mulai Senin (12/9/2022).

2 dari 5 halaman

" Insya Allah dana BSU (atau BLT subsidi gaji) 600 ribu bisa diambil secara bertahap sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan, tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya," ungkapnya.

Adapun, bagi kalian yang ingin melakukan pengecekan diminta untuk mendaftarkan akun cek penerima BSU 2022 di laman resmi Kemenaker RI.

3 dari 5 halaman

Cara daftar akun cek penerima BSU 2022:

Ilustrasi © Diadona

Sebelum mendaftar, siapkan dulu sejumlah dokumen seperti KTP, alamat e-mail, dan nomor HP yang masih aktif.

Selanjunya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses laman https://account.kemnaker.go.id/auth/login

2. Pada halaman login, Anda dapat klik tombol “ Daftar Sekarang”

3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan atau nomor KTP, nama lengkap, dan nama ibu kandung

4. Setelah itu isikan alamat e-mail dan nomor handphone yang masih aktif, serta password untuk login dan mengakses layanan di Kemnaker

5. Jika seluruh data pengisian telah benar, klik “ Daftar Sekarang”

6. Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS, kode ini digunakan sebagai verifikasi akun

7. Pendaftaran atau registrasi akun telah selesai, Anda dapat login atau masuk dengan nomor handphone atau email dan password yang telah dibuat.

4 dari 5 halaman

Syarat Penerima BSU 2022 atau BLT subsidi gaji Rp600 Ribu:

1. WNI

2. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per Juli 2022

3. Mempunyai gaji/upah paling tinggi Rp3,5 juta (Pekerja/Buruh yang bekerja di wilayah dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan Gaji/Upah tersebut menjadi paling banyak sebesar upah minimum kabupaten/kota atau Provinsi dibulatkan ke atas hingga ratus ribuan penuh)

4. Dikecualikan untuk mereka yang sudah menerima PKH (Program Keluarga Harapan), BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro), Kartu Prakerja, ASN, dan TNI-Polri.

5 dari 5 halaman

Apabila Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU atau BLT BBM 2022 maka Anda akan mendapatkan notifikasi telah terdaftar sebagai calon penerima. Begitu pula sebaliknya.

Bagi Anda yang memenuhi syarat penerima BSU BLT BBM 2022 tetapi tidak terdaftar, segera hubungi contact center BPJS Ketenagakerjaan di website bpjsketenagakerjaan.go.id, telepon di nomor 175 atau WhatsApp di nomor +6281380070175.

Perlu dikeathui, penyaluran dana BSU BKT BBM 2022 dilakukan secara bertahap. karenanya, kalian diharapkan sering-sering melakukan pengecekan secara berkala ya.

Beri Komentar