3 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membeli Rumah Pertamamu

Reporter : Firstyo M.D.
Jumat, 28 Agustus 2020 10:40
3 Hal yang Harus Disiapkan untuk Membeli Rumah Pertamamu
Biar tau ke mana uang tabunganmu dialokasikan saat akan membeli rumah.

Bisa langsung membeli rumah sendiri saat baru menikah adalah sebuah privilese yang nggak dipunyai semua orang. Beberapa harus mengontrak terleih dahulu sembari tetap menabung untuk mengumpulkan modal demi mewujudkan rumah impian.

Selain menabung, kita juga harus membekali diri tentang bagaimana sistem jual beli rumah yang berlaku. Tujuannya adalah agar paham ke mana mengalokasikan uang tabungan yang sudah terkumpul.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasan tentang apa saja yang harus kita persiapkan saat akan membeli rumah pertama.

1 dari 4 halaman

Uang muka

Ilustrasi membeli rumah © Diadona

Saat ini, sistem yang paling umum dan mungkin dilakukan untuk membeli rumah adalah lewat sistem kredit atau KPR. Pembelian rumah lewat sistem KPR akan membutuhkan sejumlah nominal yang berfungsi sebagai uang muka. Kisaran besarnya adalah sekitar 10-30 persen dari harga jual dan biaya-biaya lainnya.

2 dari 4 halaman

Besar cicilan

Setelah membayarkan uang muka, kita akan memiliki kewajiban untuk melunasinya dengan cara mencicil setiap bulan. Cicilan pinjaman per bulan ini akan sangat berkaitan dengan asumsi suku bunga yang digunakan serta metode perhitungannya. Tingkat suku bunga trbaik adalah yang berjenis fixed atau tetap sepanjang durasi pinjaman.

3 dari 4 halaman

Kemampuan membayar

Ilustrasi membeli rumah © Diadona

Berapa yang harus dialokasikan untuk melunasi rumah tersebut? Siapkan dana setidaknya 30 persen dari penghasilan setiap bulan untuk membayar pinjaman kredit pemilikan rumah. Tentu dengan asumsi kamu nggak punya tanggungan cicilan lain ya.

4 dari 4 halaman

Jika sudah menyiapkan tiga hal tersebut, selanjutnya kembali pada kerja keras dan kedisplinan untuk menyisihkan uang sampai akhirnya terwujudlah rumah impian yang bakal dihuni bersama keluarga.

Semoga berhasil ya!

Beri Komentar