Biaya Admin QRIS Naik, Penjual Jadi Tambah Sulit Cari Untung?

Reporter : Nasa
Selasa, 18 Juli 2023 20:28
Biaya Admin QRIS Naik, Penjual Jadi Tambah Sulit Cari Untung?
Per 1 Juli lalu, biaya layanan QRIS ditetapkan sebesar 0,3 persen...

Telah berjalan per 1 Juli lalu, Bank Indonesia mulai berlakukan biaya layanan QRIS atau Merchant Discount Rate (MDR) kepada merchant atau pedagang/pemilik layanan sebesar 0,3 persen.

MDR sendiri merupakan biaya yang akan dikenakan kepada pedagang oleh Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). Akan tetapi, pedagang tak boleh bebankan biaya MDR tersebut balik kepada konsumen atau pembeli.

1 dari 4 halaman

Tak hanya MDR, para pedagang/pemilik layanan juga bisa dikenakan biaya lain dalam penggunaan QRIS, seperti halnya biaya admin atau settlement.

Biaya pembuatan QRIS oleh PJP berizin gratis alias Rp0. Setelah memiliki QR code, merchant dikenakan Merchant Discount Rate (MDR) oleh PJP sebesar 0,3 persen per transaksi per 1 Juli 2023.

2 dari 4 halaman

Namun demikian, biaya penggunaan QRIS bisa lebih mahal apabila menggunakan jasa agregator. Misalnya, pada laman Merchant Aggregator InterActive QRIS, Rabu (5/7), harga pembuatan QRIS dipatok Rp30 ribu.

Kemudian, ada biaya transaksi belanja sebesar 0,7 persen, transaksi pendidikan 0,6 persen, dan transaksi di SPBU 0,4 persen. Sementara itu, untuk transaksi bantuan sosial biaya MDR-nya besarnya 0 persen alias gratis.

      View this post on Instagram      

A post shared by Paydia - Pembayaran QRIS (@paydia.id)

3 dari 4 halaman

Adapun untuk biaya settlement QRIS alias biaya admin juga dikenakan berbeda-beda, bergantung besarannya. Settlement adalah transfer dana ke rekening merchant (pedagang) untuk 1x transfer dalam 1 hari.

InterActive QRIS mengenakan biaya admin sebesar Rp2.000 per settlement untuk transaksi Rp25 ribu sampai Rp49.999 khusus Bank BCA, BRI, dan Mandiri. Sedangkan, untuk transaksi dimulai Rp50 ribu dikenakan biaya admin Rp3.000.

4 dari 4 halaman

Sementara itu, dana dari hasil pembayaran lewat QRIS yang dipotong biaya-biaya tadi akan otomatis masuk ke rekening pedagang yang didaftarkan di awal paling cepat dua hari setelah transaksi dinyatakan berhasil.

Adapun proses pencairan akan diproses di hari dan jam kerja. Proses pencairan tidak bisa dilakukan di hari libur dan cuti bersama. Sebagai contoh, transaksi sebesar Rp100 ribu untuk pembayaran reguler. Maka dana ini akan dipotong MDR 0,7 persen.

Rp100 ribu x 0,7 persen = Rp99.300

Jadi, Rp99.300 - biaya admin (Rp3.000) = 96.900

Jadi, dari transaksi sebesar Rp100 ribu, pedagang akan mendapat uangnya sebesar Rp96.300.

Wahh lumayan juga ya biaya adminnya per transaksi, gimana nih Diazens kalau menurut kalian?

Beri Komentar