Perangi Pinjol Ilegal, Ikuti Beberapa Tips dari Puteri Komarudin yang Pernah Berkarir di OJK

Reporter : Arif Mashudi
Kamis, 15 Juni 2023 13:00
Perangi Pinjol Ilegal, Ikuti Beberapa Tips dari Puteri Komarudin yang Pernah Berkarir di OJK
Jangan gampang tergiur ya Diazens!

Puteri Komarudin yang kini tergabung di Komisi XI DPR RI periode 2019-2024. Di dalam komisi tersebut, ia banyak membidangrangi masalah keuangan termasuk beberapa isu keuangan terkini seperti pinjaman online yang cukup marak di tengah masyarakat.

Khusus untuk pinjaman online atau pinjol ilegal, Puteri Komarudin menaruh perhatian yang cukup banyak. Melalui agenda resminya di parlemen dan juga di akun sosial medianya, ia banyak memeberikan edukasi akan bahayanya pinjaman online ilegal tersebut.

Dengan latar belakangnya yang pernah berkecimpung di Otoritas Jasa Keuangan, berikut ini adalah beberapa tips dari Puteri Komarudin yang bisa kita ikuti ya Diazens.

1 dari 5 halaman

Jangan Tertipu Logo

Dalam unggahan akun sosial medianya, Puteri Komarudin, mengungkapkan jika ada beberapa pinjaman online ilegal yang memasang logo OJK. Jadi, ini adalah pelajaran buat kita agar terus menilik ulang sebelum melakukan sesuatu termasuk menggunakan pinjaman online.

Lebih lanjut, ia mengimbau masyarakat untuk cek secara berkala pinjol legal dan resmi yang telah terdaftar di website ojk.go.id serta ditingkatkan kembali kewaspadaannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2 dari 5 halaman

Waspada Modus Lain

Puteri Komarudin © Diadona

Bagi kamu yang sudah punya literasi keuangan yang baik pasti sudah paham betul dengan modus-modus pinjaman online ilegal ataupun sistem sejenis lainnya. Nah, Puteri Komarudin mengimbau akan bahayanya modus-modus seperti ini.

Melalui akun Instagramnya ia mewanti-wanti khususnya ibu-ibu agar tidak tergiur arisan online maupun investasi ilegal, dan juga pinjaman online ilegal. Hal ini mengingat bahwa ibu-ibu adalah kaum yang rentan tertipu karena minimnya literasi keuangan yang mereka dapatkan.

3 dari 5 halaman

Jangan Tergiur 'Duit Instan'

Apapun bentuk transaksinya baik itu pinjaman onlline, arisan, ataupun investasi maka bisa dipastikan jika itu adalah penipuan. Hal ini biasanya muncul bersamaan dengan mudahnya proses danjuga persyaratan yang dibutuhkan untuk mencairkan uang.

Oleh sebab itu, Putero Komarudin mengimba kepada seluruhnya untuk tidak gampang tergiur oleh uang instan. Pasalnya, tidak ada ceritanya uang dalam nominal besar yang ada sevara instan tanpa dibarengi dengan resiko yang tinggi.

4 dari 5 halaman

Pilih Perbankan Konvensional

Puteri Komarudin sepertinya juga sudah tahu persis jika bank konvensional menerapkan pesyaratan yang cukup ketat dalam transaksi pinjaman. Namun, dari segi keamanan, bank konvensional ini jauh di atas pinjaman online ya Diazens.

Sejalan dengan hal tersebut, ia terus mendorong agar bank konvensional mempermudah akses untuk transaksi pinjaman. Tujuannya, agar banyak yang tertarik dengan bank konvensional daripada pinjaman online ilegal.

5 dari 5 halaman

Perbanyak Edukasi dan Literasi Keuangan

Terakhir untuk memerangi pinjaman online ilegal adalah dengan memperbanyak literasi keuangan. Puteri Komarudin dalam agendanya sebagai anggota Parlemen juga sudah menjalankan edukasi ini sebagai agenda resminya.

Namun, ada banyak cara untuk menambah wawan terkait literasi keuangan ini. Banyak akun-akun sosial media yang memberikan literasi keuangan secara gratis.

Jadi itulah beberapa tips agar tidak mudah tergiur pinjaman online ilegal. Pokoknya, selalu pastikan setiap transaksi digitalmu berlangsung dengan aman dan benar ya.

Beri Komentar